Sistem pendaftaran pelanggan internet yang saat ini berjalan pada PT. Kotadata Erasistema Nusantara dinilai kurang efektif karena dalam proses pendaftaran masih menggunakan media kertas yaitu berupa pengisian formulir secara manual oleh pelanggan, sehingga diperlukan Sistem Informasi Pendafaran Internet Berbasis Web. Tujuan dari dibuatnya Sistem Informasi Pendafaran Internet Berbasis Web ini diantaranya adalah dari sisi internal dapat memudahkan manajemen dalam mengambil keputusan dan dari sisi eksternal dapat mempermudah pelanggan internet untuk memperoleh informasi. Metode yang digunakan dalam pembuatan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Internet Berbasis Web ini menggunakan metode Teknik Pengumpulan Data yang terdiri dari observasi, wawancara dan studi Pustaka. Untuk model pengembangan perangkat lunak yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan Model Extreme Programing (XP). Dalam pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah database MySQL. Hasil dari Sistem Informasi Pendafaran Internet Berbasis Web ini berupa Aplikasi Sistem Pendaftaran Internet secara online yang memiliki beberapa fitur yaitu pendaftaran pelanggan, jadwal pemasangan, pembuatan tagihan, cek tagihan dan mengirim struk pembayaran oleh pelanggan.
[1] H. F. Siregar and N. Sari, “Analisis Dan Perancangan Sistem Administrasi Pasang Baru Indihome Di Pt. Telkom Indonesia Plasa Tanjungbalai,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, p. 153, 2018, doi: 10.36294/jurti.v1i2.289.
[2] Yanuardi and A. A. Permana, “Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Pada Pt . Secret,” J. Tek. Inform., pp. 1–7, 2018.
[3] I. Carolina, A. M. H. Pardede, and A. Supriyatna, “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen,” vol. 3, no. 1, pp. 106–113, 2019, doi: 10.31227/osf.io/se6f9.
[4] I. Ramadhan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pembayaran Jasa Internet Berbasis Web Dan SMS Gateway,” Systematics, vol. 1, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.35706/sys.v1i1.1976.
[5] S. Sabeli, “KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Suwarsito 1 , Sabeli Aliya 2,” vol. 3, no. 1, pp. 27–35, 2020.