Batik Tulis HR Ambar merupakan badan usaha yang menjual kain dan pakaian batik. Sistem pemasaran dilakukan melalui interaksi secara langsung dengan masyarakat dan sistem penjualan masih secara manual yaitu face to face, hal ini dirasa tidak dapat menjangkau pangsa pasar lebih luas dan tidak dapat meningkatkan jumlah penjualan yang signifikan. Terlebih lagi, di masa pandemi saat ini pembatasan sosial skala besar juga menjadi salah satu kendala dalam melakukan penjualan secara langsung, sehingga keadaan tersebut tentunya menyulitkan pihak Batik Tulis HR Ambar. Oleh karena itu, pembuatan website e-commerce dibutuhkan sebagai salah upaya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada sistem yang berjalan saat ini. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini, meliputi metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode studi kepustakaan. Selain itu, model waterfall juga diimplementasikan dalam penelitian sebagai metode pengembangan perangkat lunak dalam pembangunan sistem. Dengan dibuatkannya sistem e-commerce pada Batik Tulis HR Ambar, diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran, mempermudah proses transaksi dan penyampaian informasi kepada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan pada Batik Tulis HR Ambar.
Peer Review
AS
Muhammad Ali dan, & Noer Azni Septiani. (2016). PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE
WATERFALL Studi Kasus: MADRASAHALIYAH AL- MANSYURIYAH KANZA MEKARJAYA TANGERANG. Jurnal
Techno Nusa Mandiri, 13(2), 80–88. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurn al/index.php/techno/article/view/316
Destiningrum, M.,
& Adrian, Q. J. (2017). Sistem
Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan
Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical
Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30.
https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.24 Febriyati, N. A., Arnol, M. Y., Informasi, S.,
Online,
P., & Nugraha, B. W. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB DESIGN SALES
INFORMATION SYSTEM ONLINE BASED ON WEB ON BATIK. 3(3),
153–158. https://doi.org/10.33387/jiko Kurniasih, R., Wulandari, S. Z., & Luhita, T.
(2018). Minat beli dan karakteristik konsumen
batik di banyumas. November, 402–409.
Maulana, R., & Rachmawati, R. F. (2017) Membangun Website E-Commerce Menggunakan Framework Codeigniter Pada Chemistry Merch. Krea-Tif, 5(2), 86.
https://doi.org/10.32832/kreatif.v5i2.21 88
Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi.
(2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan
Online (Studi Kasus Pada
Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.
Safitri, S. T., & Supriyadi, D. (2015). Rancang
Bangun Sistem Informasi
Praktek Kerja Lapangan
Berbasis Web dengan Metode
Waterfall. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika, 7(1), 3–8. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i1.11 1
Sandy, K. (2015). Perancangan Dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Memperluas. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2015(March 2015), 17–24.
Semuel, H. (2020). Online Consumer Analysis of Indonesian Traditional Batik Products. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 22(1), 11–20. https://doi.org/10.9744/jmk.22.1.11-20 Surya, R. A., Fadlil, A., & Yudhana, A. (2017). Ekstraksi Ciri Metode Gray Level Co-Occurrence Matrix ( GLCM )
dan
Filter Gabor untuk Klasifikasi Citra Batik Pekalongan. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT , Vol. 02, No. 02, Juli 2017,
02(02), 23–26.
Susanto, B., Kristen,
U., Wacana, D., Valgian,
B., Kristen, U., Wacana, D., Virginia,
G., Kristen, U., Wacana, D., Proboyekti, U., Kristen, U., & Wacana,
D. (2018). Perancangan Awal Model Pengetahuan Batik Indonesia Berbasis Semantic Perancangan Awal Model
Pengetahuan Batik Indonesia
Berbasis Semantic Web Budi Susanto
, Beryl Valgian , Gloria Virginia , Umi Proboyekti. October, 424–433.
Utami Agustina Nurie, T. D. N. (2020).
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP
PEMBELIAN BATIK TULIS. 1, 260–271.