Muhammad Putra Perdana
(12161182) dan Setyo Budi Utomo (12161090), Pengaruh Perkembangan Teknologi
Mesin Robotik Dalam Bidang Industri.
Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi
semakin pesat terutama dalam bidang industri, di mana awal revolusi industri
pertama hingga saat ini
masih dalam lingkup mesin robotik khususnya untuk mempermudah pekerjaan manusia
dalam bidang industri. Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui
apakah benar terdapat pengaruh antara perkembangan teknologi mesin robotik
terhadap industri dan terhadap pekerja atau buruh, terutama pada masa pandemi saat ini. Adapun
pengujian yang gunakan
yaitu dengan metode
kuesioner dan melakukan
pengujian lanjut seperti uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas,
uji t dan uji koefisien determinasi, yang di mana hasil menunjukkan bahwa data teruji
baik dan dapat di simpulkan terdapat pengaruh antara perkembangan
teknologi mesin dalam bidang industri, sebesar 62,5% dalam tabel pengujian
koefisien determinasi (R1), dan terdapat pengaruh sebesar 39,0% dalam (R2) atau
R Square pada pengujian yang sama dengan aplikasi pengolahan SPSS.
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI
LEMBAR PERSEMBAHAN
LEMBAR KEASLIAAN SKRIPSI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
LEMBAR HAK CIPTA
Daftar Pustaka
[1]
R. Tjandrawinata, “Industri 4.0:
revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan
bioteknologi,” no. February, 2016, doi: 10.5281/zenodo.49404.
[2]
O. P. Sitanggang, “Dampak Serta
Pengaruh Teknologi Desain Industri 4.0 di Dunia,”
Uas,
pp. 1–12, 2018.
[3]
B. Prasetyo and U. Trisyanti,
“Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial,” no. 5, pp. 22–27, 2018,
doi: 10.12962/j23546026.y2018i5.4417.
[4]
Y. Mandari and T. Pangaribowo,
“Rancang Bangun Sistem Robot Penyortir Benda Padat,” J. Teknol. Elektro, Univ. Mercu Buana, vol. 7, no. 2, pp. 106–113, 2016.
[5]
Z. S, Y. L, G. R, H. Eerwin, B.
FH, and D. Darmawan, “Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan
Aplikasi SPSS,” vol. 4, pp. 1–7, 2019, doi: https://doi.org/10.31980/tp.v4i1.529.
[6]
H. Hendryadi, “Validitas Isi:
Tahap Awal Pengembangan Kuesioner,” J.
Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 2, no. 2, pp. 169–178, 2017,
doi: 10.36226/jrmb.v2i2.47.
[7]
Engkus, “PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CIBITUNG KABUPATEN SUKABUMI,”
vol. 5, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956.
[8]
D. M. Sari, E. Gustini, and L.
Tripermata, “PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI BURSA
EFEK INDONESIA,” vol. 7, no. 03, pp. 33–39, 2016.
[9]
T. Lauvira, Y. Syafitri, and R.
Parlindungan, “Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Mengenai ProgramPerpajakan Tax
Amnesty danWacana Transparasi Data Nasabah Bank ( Bank Secrecy ) Tahun 2018
Terhadap Kepatuhan WajibPajak ( Studi Empiris pada KPP Pratama Ilir Barat
Palembang ),” J. Akutansi, p. 12, 2018.
[10]
R. D. Risanty and A. Sopiyan,
“PEMBUATAN APLIKASI KUESIONER EVALUASI BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN BOT
TELEGRAM PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA (FT-UMJ) DENGAN
METODE POLLING,” no. November, pp. 1–2, 2017.
[11]
E. E. Prasetiyo et al., “IPTEK BAGI MASYARAKAT INDUSTRI
KECIL ROBOT LINE FOLLOWER,” no. September, pp. 504–511, 2017.
[12]
M. D. Putro and J. Litouw, “Robot
Pintar Penyambut Costumer pada Pusat Perbelanjaan Kota Manado,” J. Rekayasa Elektr., vol. 13, no. 1, p.
8, 2017, doi: 10.17529/jre.v13i1.5901.
[13]
E. Utomo, “Robot Application in
Shipbuilding Industry,” pp. 31–38, 2015.
[14]
M. Hafid, “PERANCANGAN INTERFACE
BOX DROPPER SEBAGAI SORTING BOX PADA MESIN ROBOTIC POUCH CASE PACKER,” vol. 1, 2018.
[15]
D. B. Susilo, H. Wibawanto, and A.
Mulwinda, “Prototype Mesin Pengantar Barang Otomatis Menggunakan Load Cell
Berbasis Robot Line Follower,” J. Tek.
Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 23–29, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.12277.
[16]
M. Muflih and R. Erwanto, “Uji
kelayakan pengukuran perilaku seksual remaja dengan menggunakan alat ukur
kuesioner,” vol. 4, no. November 2016, pp. 95–99,
2017.
[17]
PMK Republik Indonesia Nomor 9
Tahun 2020, “Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan
Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” Kementeri. Kesehat. RI, p. 28, 2020, [Online]. Available:
http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No
9_Th_2020_ttg_Pedo man_Pembatasan_Sosial_Berskala_Besar_Dalam_Penanganan_COVID-19.pdf.
[18]
E. Salisda, “Pengaruh Pesan Neon
Box Tentang Berbusana Muslimah Terhadap Pengujung Masjid Raya Baiturrahman,”
2018.
[19]
S. Arif, “PENGARUH PERPUTARAN
MODAL KERJA, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi
pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada
Tahun 2011-2013),” J. Adm. Bisnis S1
Univ. Brawijaya, vol. 27, no. 1, p. 86329, 2015.
[20]
S. Manik, “Pengaruh Kepuasan Kerja
Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kantor Camat Pendalian Iv Koto Kabupaten Rokan
Hulu,” Int. J. Soc. Sci. Bus., vol.
1, no. 4, p. 257, 2017, doi: 10.23887/ijssb.v1i4.12526.
[21] A. Ariyanto, M. Alhudhori, and S. Sakinah, “PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP LABA USAHA PADA BANK MILIK NEGARA SELAMA PERIODE 2011 - 2015 Ariyanto, M. Alhudhori, Sakinah,” vol. 8, no. 1, pp. 12–20, 2017, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.33087/eksis.v8i1.62.
[22]
C. Kharismaya, L. S. Dewi, E.
Arisawati, and F. Handayanna, “Analisa Kemanfaatan Dan Kemudahan Terhadap
Penerimaan Sistem OPAC Menggunakan Metode TAM,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, p. 37,
2017, doi: 10.30645/j-sakti.v1i1.27.
[23]
B. Tyas, S. Wardiyanti, P.
Haribowo, J. A. Bisnis, and P. N. Semarang, “Pengaruh Customer Relationship
Management Terhadap,” vol. 5, no. 1, pp. 17–26, 2019.