Perkembangan Teknology Digital yang telah merambah hampir seluruh lini kehidupan manusia Dibidang Keuangan e-money dianggap memiliki banyak manfaat, diantaranya dikarenakan faktor kesederhanaan dalam menggunakannya. Bank Indonesia sebagai otoritas yang berwewenang dalam bidang keuangan pun mencanangkan Gerakan Non-Tunai dan melakukan sosialisasi-sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat. Akan tetapi, walaupun berbagai sosialisasi telah dilakukan, penerimaan e-money di Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan penelitian sebelumnya, terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya penerimaan dan penggunaan teknologi, antara lain persepsi resiko dan kondisi fasilitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kedua faktor-faktor eksternal tersebut terhadap penggunaan uang elektronik di kalangan masyarakat millennial jakarta yang dilakukan dengan menguji pengaruh faktor-faktor tersebut menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Kedua faktor eksternal berpengaruh dalam penerimaan e-money.
Peer Review Jurnal
Jurnal
Bank Indonesia. (2017). Uang Beredar Meningkat pada Juni 2017. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Uang-Beredar-Meningkat-pada-Juni-2017.aspx
Divisi Statistik Moneter dan Fiskal. (n.d.). Analisis Perkembangan Uang Beredar (M2) - Juni 2017 - Bank Sentral Republik Indonesia.
Paramita, D. (2016). Identifikasi Faktor-Faktor Penerimaan E-Money Pada Kalangan Mahasiswa di Yogyakarta Menggunakan Acceptance Model, 8.
Ramadhan, A. F., Prasetyo, A. B., & Irviana, L. (2016). Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan E-money. Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan E-Money, 13, 1–15.
Rosanti, N., & Mustafa, M. (2018). Faktor Keengganan Pengguna Jasa Tol Beralih Menggunakan E-Money. Patria Artha Management Journal, 2(1), 23 – 40. https://doi.org/10.33857/PAMJ.V2I1.107
Sultan, R. R., Haryanti, T., & Kurniawati, L. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Analisis Technology Acceptance Model Generasi Millenial Jakarta Terhadap Penggunaan E-Money. Jakarta.
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440. https://doi.org/10.21009/JRMSI.006.1.06