Teknik Data mining banyak digunakan untuk mengatasi banyak permasalahan, salah satunya metode algoritma apriori yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dengan memanfaatkan database transaksi yang diolah akan menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset, sehingga dapat memberi rekomendasi penyetokan barang serta mempermudah dalam penempatan itemset yang saling ketergantungan. PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan spare parts compressor. Dalam melakukan aktivitas bisnis perusahaan tidak mengetahui pasangan spare parts yang sering dibeli secara bersamaan. Saat stok spare parts yang jumlahnya tinggal sedikit, perusahaan hanya meminta kiriman stok spare parts tersebut tanpa mengetahui itemset spare parts yang dibeli secara bersamaan. Hal itu mempersulit penyetokan barang karena banyaknya jenis dari spare parts. Dengan algoritma apriori diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menentukan persediaan itemset yang saling ketergantungan sehingga dari penentuan stock yang tepat akan mempermudah promosi supaya promosi yang dilakukan tepat sasaran.
Peer Review Jurnal
Jurnal
[1] R. R. Rerung, “Penerapan Data Mining dengan Memanfaatkan Metode Association Rule untuk Promosi Produk,” J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, Juni, pp. 89–98, 2018.
[2] W. A. Triyanto, “Association Rule Mining Untuk Penentuan Rekomendasi,” J. Simetrsis, vol. 5, no. 2, pp. 121–126, 2014.
[3] R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Citec J., vol. Vol. 2, No, no. Februari-April 2015, ISSN: 2354-5771, pp. 102–113, 2015.
[4] F. A. Hermawati, Data Mining, no. January 2013. Yogyakarta: ANDI, 2013.
[5] Y. D. Handarkho, “Implementasi Sistem Informasi Bank Sampah Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Bank Sampah Gemah Ripah Badegan, Bantul,” in Konferensi Nasional Ilmu Komputer, 2014, pp. 1–8.
[6] D. S. Kusumo, M. A. Bijaksana, and D. Darmantoro, “Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle,” J. Penelit. dan Pengemb. Telekomun., vol. 8, no. 1, pp. 1–5.
[7] G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) : Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia,” J. Telemat. Mkom, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.