Supaya tercipta kepuasan dan keberhasilan sebuah sistem informasi yang sudah dibuat, maka diperlukan sebuah pengujian, salah satunya pengujian kegunaan (usability) pada system yang akan diimplementasikan. Pengujian ini dilakukan dengan menganalisis aspek usability sebuah sistem. Aspek usability yang akan diuji diantaranya Usefulness, Satisfaction, dan Ease of use. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerimaan usability (kegunaan) sistem pelayanan warga berbasis web dengan mengukur dimensi kegunaan (usefulness), kepuasan (satisfaction), dan kemudahan penggunaan (Ease Of Use). Penelitian ini menggunakan metode pengujian dengan USE Questionnaire yang terdiri dari 30 butir Pertayaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada Rusunawa RW 014 Pesakih dengan metode survey. Hasil pengujian menunjukkan rata-rata nilai variabel 4.18 dan berada di Interval kriteria Penilaian “Baik (B)/ Tinggi (T)” yang dapat diartikan bahwa system pelayanan warga berbasis website mempunyai nilai aspek kegunaan (usability) yang baik dan sistem informasi ini dapat di implementasikan di Rusunawa Pesakih.
Boediono. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
Istiana, P. 2011. Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan. Jurnal Visi Pustaka, 13(3)
Nielsen J. 2012. Usability 101: Introduction to usability. Alertbox. [Internet].[diunduh 2018 Juni 18]. Tersedia pada http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/.
Nugroho, Eko. 2009. Desain Situs Reader Friendly. Yogyakarta : Andi Offset.
Lund, A.M. 2001. Measuring Usability with the USE Questionnaire. STC Usability SIG Newsletter, 8:2. Diakses dari: http://hcibib.org/search:quest=U.lund.2001 tanggal 10 Juni 2018.