Evaluasi Kualitas Website BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis

research
  • 20 Feb
  • 2021

Evaluasi Kualitas Website BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis

Website bpjs-kesehatan.go.id, merupakan sebuah website yang menyediakan jasa pelayanan dan informasi berbasis online, mulai dari pendaftaran, fasilitas kesehatan, skrining kesehatan, cek iuran dan informasi lainnya terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan, dimana melalui website BPJS kesehatan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dapat membantu masyarakat memperoleh informasi terkait dengan BPJS Kesehatan dengan mudah, cepat dan akurat. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas website BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan antara persepsi dengan harapan pengguna terhadap website BPJS Kesehatan dengan menggunakan metode webqual dan IPA. Dimana pada metode webqual befokus pada usability, information quality dan service interaction quality berdasarkan persepi dari pengguna website. Sedangkan Metode IPA yang diterapkan pada penelitian ini berguna untuk menganalisis tingkat kesesuaian dan tingkat kesenjangan berdasarkan persepsi pengguna dengan harapan pengguna. Pada Metode IPA tingkat kesenjangan digambarkan dalam kuadran IPA, yang terdiri dari empat kuadran. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa kuesioner dengan teknik random sampling yang disebar kepada masyarakat yang sudah pernah mengakses website BPJS Kesehatan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat diketahui parameter mana yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan pada tampilan website. 

Unduhan

 

REFERENSI

Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satifaction Index. Jurnal Industri, 4(2), 74–81.

Baiti, A. Al, Suprapto, S., & Rachmadi, A. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol.1 No.9, hlm. 885-892.

Baridwan, Z., & Hanum, L. (2007). Kualitas Dan Efektivitas Sistem Informasi Berbasis Komputer. Tema (Vol. 8).

Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2002). An integrative approach to the assessment of e-commerce quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(2), 114–127. Retrieved from http://opus.bath.ac.uk/11490/

Barus, E. E., Suprapto, S., & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Jurnal Pengembangan Teknologi

Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1483–1491. https://doi.org/10.1080/01446190802259035

Hariyanto, Y., Kristianto, E., & Cia, F. (2018). Analisis Kualitas Website Universitas Dengan Metode Webqual (Studi Kasus Web Universitas Kristen Krida Wacana). Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 07(26), 339–348.

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance - Performance Analysis. Journal of Marketing,

41(1), 77–79.

Muhsin, A., & Zuliestiana, D. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 4(3), 2424–2433.

Napitupulu, D. B. (2016). Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekatan Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 14(1), 51. https://doi.org/10.17933/bpostel.2016.140105 

Nistantya, G., Darwiyanto, E., & Hidayati, H. (2015). Evaluasi Kualitas Website Digital Library Telkom University Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan Importance Performance Analysis Evaluation of Website Quality of Digital Library Telkom University With Webqual 4 . 0 Method And Importance Analysis. EProceedings of Engineering, 2(3). Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/1240/1184

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS).

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (4th ed.). Rineka Cipta.