Website
bpjs-kesehatan.go.id, merupakan sebuah website yang menyediakan jasa pelayanan
dan informasi berbasis online, mulai dari pendaftaran, fasilitas kesehatan,
skrining kesehatan, cek iuran dan informasi lainnya terkait dengan pelayanan
BPJS Kesehatan, dimana melalui website BPJS kesehatan yang dapat diakses kapan
saja dan dimana saja dapat membantu masyarakat memperoleh informasi terkait
dengan BPJS Kesehatan dengan mudah, cepat dan akurat. Penelitian ini dilakukan
untuk mengevaluasi kualitas website BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk
mengetahui perbandingan antara persepsi dengan harapan pengguna terhadap
website BPJS Kesehatan dengan menggunakan metode webqual dan IPA. Dimana pada
metode webqual befokus pada usability, information quality dan service interaction
quality berdasarkan persepi dari pengguna website. Sedangkan Metode IPA yang
diterapkan pada penelitian ini berguna untuk menganalisis tingkat kesesuaian
dan tingkat kesenjangan berdasarkan persepsi pengguna dengan harapan pengguna.
Pada Metode IPA tingkat kesenjangan digambarkan dalam kuadran IPA, yang terdiri
dari empat kuadran. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa
kuesioner dengan teknik random sampling yang disebar kepada masyarakat yang
sudah pernah mengakses website BPJS Kesehatan. Hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat diketahui parameter mana yang perlu mendapatkan prioritas
perbaikan pada tampilan website.
Anggraini,
L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan
Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satifaction Index. Jurnal
Industri, 4(2), 74–81.
Baiti,
A. Al, Suprapto, S., & Rachmadi, A. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan
Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan
IPA. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol.1 No.9,
hlm. 885-892.
Baridwan,
Z., & Hanum, L. (2007). Kualitas Dan Efektivitas Sistem Informasi Berbasis Komputer.
Tema (Vol. 8).
Barnes,
S. J., & Vidgen, R. (2002). An integrative approach to the assessment of
e-commerce quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(2), 114–127.
Retrieved from http://opus.bath.ac.uk/11490/
Barus,
E. E., Suprapto, S., & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Kualitas Website Tribunnews.com
Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Jurnal
Pengembangan Teknologi
Informasi
Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1483–1491. https://doi.org/10.1080/01446190802259035
Hariyanto,
Y., Kristianto, E., & Cia, F. (2018). Analisis Kualitas Website Universitas
Dengan Metode Webqual (Studi Kasus Web Universitas Kristen Krida Wacana).
Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 07(26), 339–348.
Martilla,
J. A., & James, J. C. (1977). Importance - Performance Analysis. Journal of
Marketing,
41(1),
77–79.
Muhsin,
A., & Zuliestiana, D. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Website
(Webqual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak Di Kota Bandung.
E-Proceeding of Management, 4(3), 2424–2433.
Napitupulu,
D. B. (2016). Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekatan
Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual
Approach]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 14(1), 51. https://doi.org/10.17933/bpostel.2016.140105
Nistantya,
G., Darwiyanto, E., & Hidayati, H. (2015). Evaluasi Kualitas Website
Digital Library Telkom University Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan
Importance Performance Analysis Evaluation of Website Quality of Digital
Library Telkom University With Webqual 4 . 0 Method And Importance Analysis.
EProceedings of Engineering, 2(3). Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/1240/1184
Riadi,
E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS).
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (4th ed.). Rineka Cipta.