Di zaman sekarang ini dibutuhkan suatu sistem yang baik untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan atau perkembangan penjualan merupakan tujuan dari setiap perusahaan. Banyak hal yang bisa dilakukan agar penjualan dapat meningkat diantaranya dengan strategi pemasaran yang bagus. Diperlukan suatu media untuk mempublikasikan informasi, baik informasi tentang perusahaan ataupun barang-barang yang akan dijual. Salah satu media yang dapat digunakan adalah internet. Perusahaan bisa menggunakan internet sebagai alat untuk mempublikasikan berbagai informasi ataupun dapat melakukan penjualan secara online, atau disebut E-Commerce. Dengan adanya E-Commerce informasi ataupun penjualan bisa diakses dimanapun dan kapanpun pelanggan membutuhkan. E-Commerce adalah salah satu teknologi yang dapat diterapkan di dalam PT. Citrajaya Labelindo. Berdasarkan uraian di atas, penulis mencoba membuat sebuah rancangan website penjualan Label Printing yang bertujuan untuk mempromosikan dan memberikan sebuah informasi seputar produk, harga produk dan detail produk dengan cepat dan ter-update. Penggunaan website diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Sistem penjualan berbasis website ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah MySQL.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN LABEL PRINTING PADA PT. CITRAJAYA LABELINDO
[1]
R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, “Perancangan Sistem Informasi
Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan
Metode Waterfall,” Simnasiptek 2017,
p. A- 175, 2017.
[2]
I. D. Lesmono,
“Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website Dengan
Metode Waterfall,” Swabumi, vol. 6,
no. 1, pp. 55–62, 2018, doi: 10.31294/swabumi.v6i1.3316.
[3]
R. Ishak, H. Widyastuti, and S. Setiaji, “Rancang
Bangun Sistem Informasi Penjualan Kue Dan Roti Berbasis Web Pada
Yuki
Bakery Jakarta,” Swabumi, vol. 6, no.
1, pp. 27–34, 2018, doi:
10.31294/swabumi.v6i1.3313.
[4]
S. Rukiastiandari, “Rancang Bangun Aplikasi
Penjualan Lukisan ( Studi Kasus Toko Cipadu
),” Semin. Nas. Teknol., pp.
783–793, 2018.
[5]
E. Pudjiarti, A.
A. Yana, and N. Hidayatun, “Pembangunan e-Commerce Berbasis Web untuk
Strategi Penjualan CCTV,” no. 1, pp. 42–45, 2019.
[6]
Destiana & Fajrin, “Sistem Informasi Penjualan
Barang Berbasis Web Pada Pt. Catur Daya Persada
Jakarta,” Paradig. - J. Komput. dan
Inform., vol. 16, no. 2, pp. 32–
43, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/par
adigma/article/view/775/634.
[7]
H. Cipta, A. H.
Hasugian, and A. Ikhwan,
“PERANCANGAN APLIKASI PENJUALANBUKU ONLINE DENGAN METODE MODEL VIEW CONTROLLER
( MVC ),” vol. I, pp. 149–153, 2017.
[8]
D. Puspitasari, “Sistem Informasi Perpustakaan
Sekolah Berbasis Web,” J. Pilar Nusa
Mandiri Vol. XII, vol. 12, no.
2, pp. 227–240, 2016.
[9]
Nugraha and Octasia, “Sistem Informasi Penjualan
Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E-Commerce,” Sniptek, pp. 294–297, 2016, doi: 10.1016/j.carbon.2006.06.004.
[10]
D. Puspitasari, “Rancang Bangun Sistem Informasi
Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XI,
no. 2, pp. 186–196, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/inde
x.php/pilar/article/view/152.
[11]
D. Mahdiana, “Pengadaan Barang Dengan Metodologi
Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga Indonesia,”
J. Telemat., vol. 3, no. 2, pp.
36–43, 2016.
[12]
S. Dharwiyanti and R. S. Wahono,
"Pengantar
Unified Modeling LAnguage (UML)," IlmuKomputer.com,
pp. 1–13, 2003, [Online]. Available:
http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.
[13] J. R. Puspitek, K. Pamulang, and T. Selatan, “DENGAN METODE WATERFALL,” vol. XV, no. 02, pp. 34–41, 2020.
[14] T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 45–46, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i1.647.