SISTEM INFORMASI PENJUALAN LABEL PRINTING PADA PT. CITRAJAYA LABELINDO

research
  • 01 Feb
  • 2021

SISTEM INFORMASI PENJUALAN LABEL PRINTING PADA PT. CITRAJAYA LABELINDO

Di zaman sekarang ini dibutuhkan suatu sistem yang baik untuk meningkatkan  penjualan. Peningkatan atau perkembangan penjualan merupakan tujuan dari setiap perusahaan. Banyak hal yang bisa dilakukan agar penjualan dapat meningkat diantaranya dengan strategi pemasaran yang bagus. Diperlukan suatu media untuk mempublikasikan informasi, baik informasi tentang perusahaan ataupun barang-barang yang akan dijual. Salah satu media yang dapat digunakan adalah internet. Perusahaan bisa menggunakan internet sebagai alat untuk mempublikasikan berbagai informasi ataupun dapat melakukan penjualan secara online, atau disebut E-Commerce. Dengan adanya E-Commerce informasi ataupun penjualan bisa diakses dimanapun dan kapanpun pelanggan membutuhkan. E-Commerce adalah salah satu teknologi yang  dapat diterapkan di dalam PT. Citrajaya Labelindo. Berdasarkan uraian di atas,  penulis mencoba membuat sebuah rancangan website penjualan Label Printing yang bertujuan untuk mempromosikan dan memberikan sebuah informasi seputar produk, harga produk dan detail produk dengan cepat dan ter-update. Penggunaan website diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Sistem penjualan berbasis website ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah MySQL.

Unduhan

 

REFERENSI

[1]                                R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Simnasiptek 2017, p. A- 175, 2017.

[2]                                I. D. Lesmono, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Swabumi, vol. 6, no. 1, pp. 55–62, 2018, doi: 10.31294/swabumi.v6i1.3316.

[3]                                R. Ishak, H. Widyastuti, and S. Setiaji, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Kue Dan Roti Berbasis Web Pada


Yuki Bakery Jakarta,” Swabumi, vol. 6, no. 1, pp. 27–34, 2018, doi:

10.31294/swabumi.v6i1.3313.

[4]                                S. Rukiastiandari, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Lukisan ( Studi Kasus Toko Cipadu ),” Semin. Nas. Teknol., pp. 783–793, 2018.

[5]                                E. Pudjiarti, A. A. Yana, and N. Hidayatun, “Pembangunan e-Commerce Berbasis Web untuk Strategi Penjualan CCTV,” no. 1, pp. 42–45, 2019.

[6]                                Destiana & Fajrin, “Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Pada Pt. Catur Daya Persada Jakarta,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 16, no. 2, pp. 32– 43, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/par adigma/article/view/775/634.

[7]                                H. Cipta, A. H. Hasugian, and A. Ikhwan, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALANBUKU ONLINE DENGAN METODE MODEL VIEW CONTROLLER ( MVC ),” vol. I, pp. 149–153, 2017.

[8]                                D. Puspitasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri Vol. XII, vol. 12, no. 2, pp. 227–240, 2016.

[9]                                Nugraha and Octasia, “Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E-Commerce,” Sniptek, pp. 294–297, 2016, doi: 10.1016/j.carbon.2006.06.004.

[10]                           D. Puspitasari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 2, pp. 186–196, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/inde x.php/pilar/article/view/152.

[11]                           D. Mahdiana, “Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga Indonesia,” J. Telemat., vol. 3, no. 2, pp. 36–43, 2016.

[12]                           S. Dharwiyanti and R. S. Wahono,


 


"Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML)," IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003, [Online]. Available: http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.

[13]                           J. R. Puspitek, K. Pamulang, and T. Selatan, “DENGAN METODE WATERFALL,” vol. XV, no. 02, pp. 34–41, 2020.

[14]    T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 45–46, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i1.647.