Perhitungan subnetting IP Address secara manual cukup memakan waktu dan sulit bagi orang yang baru belajar. Dengan teknologi smartphone saat ini khususnya ynag menggunakan operating system Android. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphone saat ini, tidak terkecuali mempelajari perhitungan subnetting IP address. Tujuan penelitian ini merancang dan membangun sebuah aplikasi mobile untuk memudahkan dalam mempelajari perhitungan subnetting IP Address dengan operating system android. Metode peneltian yang digunakan adalah waterfall dengan tahapan requirement, desain, implementasi, dan testing. Penelitian ini menghasilkan aplikasi mobile perhitungan subnetting IP Address yang akan mempermudah mempelajari dan mempercepat perhitungan subnetting IP Address. Aplikasi ini mampu mencari subnet mask, jumlah subnet, jumlah host tiap subnet, IP broadcast, range IP, network ID, serta ada penjelasan secara teoritis mengenai IP Address, prefix, dan range dari setiap kelas IP Address. Hasil penelitian ditunjukkan dengan tingkat kelayakan aplikasi ini berdasarkan angket dari pengguna dengan hasil, 41% sangat setuju, 44% setuju, 13% netral, dan 2% tidak setuju.
Agustina, I., Astuti, D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android, 3, 57–62. Firly, N. (2018). Create Your Own Android Application. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792
Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. M. (2015). Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(2), 18–25.
Lukman, A. M., & Larasati, N. P. (2018). APLIKASI PEMBELAJARAN DUAL BAHASA KOREA DAN JEPANG. Evolusi, 7(1), 20–28.
Purwanto, Y., & Riadi, I. (2013). Implementasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran (Studi Kasus : Materi Subnetting Pada IPv4 ). Jurnal Sarjan Teknik Informatika, 1(1), 201–208. Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11364
Rasyidah, Amnur, H., & Febrianto, V. (2014). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MOBILE KALKULATOR IP ADDRESS. Jurnal TEKNOIF, 2(1), 56–63. Wardan, R., & Kurniadi, D. (2015). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 14(2), 125–132. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.142.125
Widayanto, A., Suleman, & Anita, ishbah. (2017). Rancang bangun aplikasi kategori bahasa untuk tuna wicara berbasis android 1), 5(2).
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2018). Membuat Aplikasi dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.