Rancang Bangun Media Pembelajaran dan Game Kebudayaan Dari 34 Propinsi di Indonesia Berbasis Android

research
  • 06 Dec
  • 2020

Rancang Bangun Media Pembelajaran dan Game Kebudayaan Dari 34 Propinsi di Indonesia Berbasis Android

Indonesia tergolong negara kepulauan yang memiliki wilayah geografis luas dan kebudayaan yang sangat beragam. Keberagaman budaya tersebut dapat terlihat secara fisik melalui baju dan rumah adat yang dimiliki setiap daerah. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki pakaian dan rumah adat masing masing. Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat kususnya generasi muda terbawa arus globalisasi dan mulai melupakan adat istiadat warisan nenek moyangnya. Kebudayaan daerah di Indonesia sangat beragam mulai dari adat istiadat, bahasa dan budaya. Maka hal ini dapat memunculkan masalah seperti banyaknya kebudayaan yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah sehingga diklaim oleh negara tetangga sebagai kebudayaannya. Hal ini sungguh sangat mengecewakan karena sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya menjaga dan mempertahankan kebudayaan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia. Jika hal ini terus menerus terjadi maka lambat laun Indonesia akan kehilangan jati diri dan generasi penerus akan melupakan kebudayaan bangsanya sendiri.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] Ees. 2008. Membuat Animasi Kartun Dengan Macromedia Flash 8. Jakarta: D@takom Lintas Buana.

[2] Harsan, Alif. 2011. Jago Bikin Game Online. Jakarta. Mediakita.

[3] Hariyanto.2012. Pengertian Media Pembelajaran. Diambil dari : http://belajarpsikologi.com/ pengertian-mediapembelajaran/(20 Mei 2013)

[4] Madiun Madcoms. 2013. Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offset.

[5] Novandy Adhika, Ajeng Kartika, Ari Wibowo dan Yudhi Libriadiany. 2012. Aplikasi Pengenalan Budaya Dari 33 Provinsi Di Indonesia Berbasis Android. Vol. 7 September 2012 ISSN: 2302-3740. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2012) Universitas Gunadarma. Depok, 18 – 19 September 2012.

[6] Puspitawati Ni Ketut Catur Wahyu, I Made Gede Sunarya, dan I Ketut Resika Arthana. 2015. Pengembangan Aplikasi Game 3d Tebak Rumah Dan Busana Adat Nusantara Berbasis Android. ISSN 0216-3241. JPTK, UNDIKSHA, Vol. 12, No. 1, Januari 2015 : 57-74). Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha.

[7] Radion, Kristo. 2012. Easy Game Programming Using Flash and ActionsScript 3.0. Yogyakarta: CV. Andi Offset

[8] Rizky Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak Sofware Reengineering. Jakarta: Prestasi Pustaka

[9] Safaat, Nazruddin. 2014. Pemrograman Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android . Bandung: Informatika Bandung. Wijaya Ekaprana, Yunita Kemala Sari dan Etika Kartikadarma. 2012. Game Kebudayaan Sebagai Salah Satu Bentuk Pelestarian Kebudayaan Dan Media Pembelajara. ISBN 979 - 26 - 0255 - 0. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012). Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang 50185 ,Semarang, 23 Juni 2012.