Banyak
perusahaan asuransi menawarkan berbagai macam program bagi calon nasabah,
diantara program asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi pendidikan.
Menurut kebanyakan orang akhirnya menyesal setelah masuk asuransi dikarenakan
mereka kurang memahami akan kebutuhan mereka di dalam berasuransi, sehingga
yang terjadi mereka menganggap asuransi itu tidak bermanfaat dan tidak begitu
dibutuhkan karna sudah ditanggung oleh perusahaan ditempat mereka bekerja.
Dalam memilih produk asuransi sering terjadi masalah-masalah yang dihadapi oleh
calon nasabah, yaitu kurangnya pemahaman nasabah terhadap produk-produk yang
ditawarkan. Untuk itu diperlukan suatu metode profile matching yang dapat
mempermudah nasabah dalam mendapatkan informasi serta dapat membantu calon
nasabah memahami asuransi agar tidak salah keliru dalam memilih produk-produk
yang ditawarkan. Profile Matching merupakan proses membandingkan antara
kompetensi individu ke dalam kompetensi jabatan sehingga dapat diketahui
perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), Semakin kecil gap yang dihasilkan
maka bobot nilainya semakin besar. digunakan untuk menghitung kriteria produk
asuransi mana yang sesuai untuk nasabah dan dapat membantu calon nasabah
melakukan keputusan yang tepat untuk memilih produk asuransi. Ruang lingkup
yang akan dibahas dalam penyusunan skripsi ini untuk mengetahui seberapa banyak
karyawan PT. Home Center Indonesia yang memilih produk asuransi seperti
asuransi kesehatan, jiwa dan pendidikan dengan menggunakan metode profile
matching.