Institusi perguruan tinggi saat ini menghadapi tantangan yang lebih
besar untuk berubah dan mengalami berbagai transformasi di sekitarnya
lingkungan termasuk teknologi dengan sangat cepat. Dalam hal ini
pengajar mendapatkan tantangan dan berusaha mengeksplorasi berbagai cara
baru dalam meningkatkan teknik mengajar mereka. Penelitian ini
dikhususkan untuk menyelidiki penggunaan situs jejaring sosial ataupun
Learning Management System di lembaga pendidikan tinggi. Untuk tujuan
ini dua tujuan dirumuskan (1) untuk mengetahui sejauh mana pemakaian
jejaring social oleh siswa (2) mengetahui penggunaan jejaring social
dalam penggunaannya untuk media dalam memberikan bahan ajar. Penelitian
ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan menggunakan desain survei
deskriptif dimana sampel 10% (215 mahasiswa) diambil dari kampus
mahasiswa/i AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta Jakarta dan STMIK Nusa
Mandiri Jakarta. Temuan menunjukkan bahwa Sosial Networking Service
(SNS) ataupun Learning Management System (Learning Management System)
merupakan pilihan yang dapat diandalkan karena para mahasiswa tidak
hanya anggota situs jejaring sosial namun juga mayoritas memiliki akses
ke perangkat teknologi yang dibutuhkan. Selain itu, rekomendasi untuk
memastikan pembelajaran otentik dipresentasikan. Peneliti
merekomendasikan eksplorasi pemanfaatan situs jejaring sosial yang ada
untuk belajar bersamaan dengan pemangku kepentingan utama.
Jurnal
Ajjan, H., & Hartshorne, R. (2008). Investigating faculty decisions
to adopt Web 2.0 technologies: Theory and empirical tests. Internet and
Higher Education, 11(2), 71–80.
https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2008.05.002
Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance
education pedagogy | Anderson | The International Review of Research in
Open and Distance Learning. The International Review of Research in Open
and Distance Learning.
APJII, T. (2016). Saatnya jadi Pokok Perhatian Pemerintah dan Industri. Buletin APJII.
Benson, V., Morgan, S., & Filippaios, F. (2014). Social career
management: Social media and employability skills gap. Computers in
Human Behavior, 30(April), 519–525.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.06.015
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2010). Social network sites:
definition, history, and scholarship. IEEE Engineering Management
Review, 38(3), 16–31. https://doi.org/10.1109/EMR.2010.5559139
Friedman, L. W., & Friedman, H. H. (2013). Using Social Media
Technologies to Enhance Online Learning. Journal of Educators Online,
10(1), 1–22. https://doi.org/10.1007/s11423-015-9367-8
Jovanovic, J., Chiong, R., & Weise, T. (2012). Social Networking,
Teaching, and Learning: Introduction to Special Section on Social
Networking, Teaching, and Learning (SNTL). Interdisciplinary Journal of
Information, Knowledge, and Management, 7(1), 39–43. Retrieved from
https://pdfs.semanticscholar.org/02cf/f16551ac8ef35ffd45ddb5fe673852808f02.pdf
Lenhart, A., Purcell, K., Smith, A., & Zickuhr, K. (2010). Social
Media & Mobile Internet Use among Teens and Young Adults.
Millennials. Pew Internet & American Life Project, 1, 1–16.
https://doi.org/10.3898/NEWF.78.02.2013
Moran, M., Seaman, J., & Tinti-Kane, H. (2012). Blogs, wikis,
podcasts and Facebook: how today’s higher education faculty use social
media. Pearson, (October), 1–44.
Nkatha, M. G., Kimwele, M., & Okeyo, G. (2015). The Use Of Social
Networking Sites For Learning In Institutions Of Higher Learning.
INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 4(12),
51–56. Retrieved from www.ijstr.org
Silius, K., Miilumäki, T., Huhtamäki, J., Tebest, T., & Pohjolainen,
S. (2010). Students’ motivations for social media enhanced studying and
learning. Knowledge Management and E-Learning, 2(1), 51–67.
https://doi.org/10.1109/EDUCON.2010.5492586
Sponcil, M., & Gitimu, P. (2013). Use of social media by college
students: Relationship to communication and self-concept. Journal of
Technology Research Use of Social Media, 4(1), 1–13. Retrieved from
http://www.aabri.com/manuscripts/121214.pdf
Triantori, V. (2018). Report-Media Sosial Sebagai Pendukung Pembelajaran Di Tingkat Perguruan Tinggi. Jakarta.