 
                                    
Institusi perguruan tinggi saat ini menghadapi tantangan yang lebih 
besar untuk berubah dan mengalami berbagai transformasi di sekitarnya 
lingkungan termasuk teknologi dengan sangat cepat. Dalam hal ini 
pengajar mendapatkan tantangan dan berusaha mengeksplorasi berbagai cara
 baru dalam meningkatkan teknik mengajar mereka. Penelitian ini 
dikhususkan untuk menyelidiki penggunaan situs jejaring sosial ataupun 
Learning Management System di lembaga pendidikan tinggi. Untuk tujuan 
ini dua tujuan dirumuskan (1) untuk mengetahui sejauh mana pemakaian 
jejaring social oleh siswa (2) mengetahui penggunaan jejaring social 
dalam penggunaannya untuk media dalam memberikan bahan ajar. Penelitian 
ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan menggunakan desain survei 
deskriptif dimana sampel 10% (215 mahasiswa) diambil dari kampus 
mahasiswa/i AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta Jakarta dan STMIK Nusa 
Mandiri Jakarta. Temuan menunjukkan bahwa Sosial Networking Service 
(SNS) ataupun Learning Management System (Learning Management System) 
merupakan pilihan yang dapat diandalkan karena para mahasiswa tidak 
hanya anggota situs jejaring sosial namun juga mayoritas memiliki akses 
ke perangkat teknologi yang dibutuhkan. Selain itu, rekomendasi untuk 
memastikan pembelajaran otentik dipresentasikan. Peneliti 
merekomendasikan eksplorasi pemanfaatan situs jejaring sosial yang ada 
untuk belajar bersamaan dengan pemangku kepentingan utama.
Jurnal
Ajjan, H., & Hartshorne, R. (2008). Investigating faculty decisions 
to adopt Web 2.0 technologies: Theory and empirical tests. Internet and 
Higher Education, 11(2), 71–80. 
https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2008.05.002
Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance 
education pedagogy | Anderson | The International Review of Research in 
Open and Distance Learning. The International Review of Research in Open
 and Distance Learning.
APJII, T. (2016). Saatnya jadi Pokok Perhatian Pemerintah dan Industri. Buletin APJII.
Benson, V., Morgan, S., & Filippaios, F. (2014). Social career 
management: Social media and employability skills gap. Computers in 
Human Behavior, 30(April), 519–525. 
https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.06.015
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2010). Social network sites: 
definition, history, and scholarship. IEEE Engineering Management 
Review, 38(3), 16–31. https://doi.org/10.1109/EMR.2010.5559139
Friedman, L. W., & Friedman, H. H. (2013). Using Social Media 
Technologies to Enhance Online Learning. Journal of Educators Online, 
10(1), 1–22. https://doi.org/10.1007/s11423-015-9367-8
Jovanovic, J., Chiong, R., & Weise, T. (2012). Social Networking, 
Teaching, and Learning: Introduction to Special Section on Social 
Networking, Teaching, and Learning (SNTL). Interdisciplinary Journal of 
Information, Knowledge, and Management, 7(1), 39–43. Retrieved from 
https://pdfs.semanticscholar.org/02cf/f16551ac8ef35ffd45ddb5fe673852808f02.pdf
Lenhart, A., Purcell, K., Smith, A., & Zickuhr, K. (2010). Social 
Media & Mobile Internet Use among Teens and Young Adults. 
Millennials. Pew Internet & American Life Project, 1, 1–16. 
https://doi.org/10.3898/NEWF.78.02.2013
Moran, M., Seaman, J., & Tinti-Kane, H. (2012). Blogs, wikis, 
podcasts and Facebook: how today’s higher education faculty use social 
media. Pearson, (October), 1–44.
Nkatha, M. G., Kimwele, M., & Okeyo, G. (2015). The Use Of Social 
Networking Sites For Learning In Institutions Of Higher Learning. 
INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 4(12), 
51–56. Retrieved from www.ijstr.org
Silius, K., Miilumäki, T., Huhtamäki, J., Tebest, T., & Pohjolainen,
 S. (2010). Students’ motivations for social media enhanced studying and
 learning. Knowledge Management and E-Learning, 2(1), 51–67. 
https://doi.org/10.1109/EDUCON.2010.5492586
Sponcil, M., & Gitimu, P. (2013). Use of social media by college 
students: Relationship to communication and self-concept. Journal of 
Technology Research Use of Social Media, 4(1), 1–13. Retrieved from 
http://www.aabri.com/manuscripts/121214.pdf
Triantori, V. (2018). Report-Media Sosial Sebagai Pendukung Pembelajaran Di Tingkat Perguruan Tinggi. Jakarta.