EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WEBSITE DALAM RANGKA PROMOSI PRODUK DAN PENINGKATAN PENJUALAN STUDI KASUS PT. AMONINDO UTAMA

research
  • 24 Sep
  • 2020

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WEBSITE DALAM RANGKA PROMOSI PRODUK DAN PENINGKATAN PENJUALAN STUDI KASUS PT. AMONINDO UTAMA

Keberadaan website PT. Amonindo Utama, sebagai alat promosi produk, diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Model sukses sistem informasi DeLone dan McLean secara luas dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan sistem informasi yang diterapkan. SEM (Structural Equation Model) digunakan dalam analisis terhadap analisis multivariat terbatas. Analisis Struktur Moment (AMOS) merupakan program aplikasi SEM yang sangat mudah digunakan untuk menumbuhkan berbagai model penelitian yang menggunakan SEM. Penelitian ini menghasilkan, bahwa model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean, dilihat dari Kualitas Sistem (KS) dan Kualitas Layanan (KL) tidak mempengaruhi efektivitas pemanfaatan website di PT. Amonindo Utama dalam rangka promosi produk dan peningkatan penjualan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi yaitu: model berakhir dengan kemiripan struktural untuk menyatakan adanya hubungan kausalitas. Model sukses sistem informasi DeLone dan aplikasi McLean terhadap efektivitas manfaat website hanya 44,44% yang untuk mendapatkan bukti, aplikasi yang belum efektif. Perlu penelitian kelanjutan lebih spesifik pada PT. Keberadaan website Amonindo Utama, terutama dalam hal manfaat website.

Unduhan

 

REFERENSI

[1]       Almutairi, Helail., (2005). “An Empirical Application of the DeLone and McLean Model in the Kuwaiti Private Sector”, Journal of Computer Information System, Proquest Computing

[2]       DeLone, William H. and Ephraim R. McLean,  (1992). “Imformation System Success : The Quest for Dependent Variable’, Journal of Information System Research, The Insitute of Management Scienses, (5 April 2010, 15:30 pm)

[3]       DeLone, William H. and Ephraim R. McLean, (2003). “Imformation System Success : A Ten Years Update”, Journal of Management Information System, M. E. Sharpe Inc, (5 April 2010, 15:32 pm)

[4]       Dewi. (2010). http://dewi.students-blog.undip.ac.id /tag/efektivitas/  (24 Pebruari 2010, 4:33 am)

[5]       Endi. (2010). http://go-kerja.com/manfaat-internet-untuk-bisnis/ (24 Pebruari 2010, 4;07) 

[6]       Ghozali, Imam, (2005). Structure Equation Model, Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8,80, Penerbit UNDIP, Semarang.

[7]       Ghozali, Imam. (2008). Konsep & Aplikasi dengan Program AMOS 16.0, Penerbit UNDIP, Semarang.

[8]       Hair, J. F., (1998) Multivariat Data Analysis, New Jersey, Prentice Hall. 

[9]       HM, Yogiyanto., (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta.

[10]   (http//www.brainyquote.com/words/im/improvement176860.html) (7 April 2010 1010 pm) 

[11]   Lamb, Hair. Me. Daniel. (2001). Pemasaran, Buku 2, Salemba Empat.   Jakarta.

[12]   Latief, Yanuar, (2005) Pengaruh Kualitas Perangkat Lunak Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi User Teradap Kepuasan User Sebagai Pengguna Sistem, (Studi pada Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Universitas Trisakti), Tesis, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

[13]   Marwan, http://elqorni.wordpress.com/2008/05/03/ konsep-pemasaran-dan-penjualan/ (24 Pebruari 2010, 4:38 am) 

[14]   Organisasi.org,  http://organisasi.org/definisi-penger tian-promosi-fungsi-tujuan-bauran-promosi-promo tional-mix-produk (24 Pebruari 2010, 4:30 am)

[15]   Seddon, Peter B. and Min Yen Kiew, (1994) ”A Partial Test and Development of DeLone and McLean’s Model of IS Success, University of Melbourne.

[16]   Sugiyono, (2004) Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2004.

[17]   Sugiyono, (2009) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung.

[18]   Sutoyo, http://id.shvoong.com/business-managemen t/marketing/1911804-definisi-produk/ (24 Pebruari 2010, 4:55 am

[19]   Widodo, Prabowo Pudjo, (2009). Seri Metodologi Penelitian, STMIK Nusa Mandiri, Jakarta.

[20]   www.rudywebdesign.com (25 Nopember 2009, 06:22 am