Pemahaman dalam
membaca Al Qur’an bagi umat Islam di Indonesia merupakan suatu hal yang wajib
dikuasai. Pembelajaran sejak usia dini dilakukan para orang tua secara langsung
maupun tak langsung dengan mengajarkan cara membaca huruf Arab, sebagai bagian
dari pelaksanaan dalam menjalankan keyakinan agamanya. Pada kenyataannya
sebagian anak usia Sekolah Dasar masih banyak yang belum memahami cara membaca
Al Qur’an terutama bacaan tajwid & hurufhijaiyah dikarenakan kurangnya
pembinaan baik di Rumah maupun di Sekolah. Untuk dapat mempermudah anak usia
Sekolah Dasar dalam mengenal Tajwid & huruf hijaiyah, maka dirancang
Animasi Edukasi mengenal tajwid dan hurufHijaiyah secara standar dengan
menggunakan Multimedia.
Dengan pembuatan Animasi Edukasi ini diharapkan dapat menambah
alat bantu dalam proses belajar mengajar yang dibutuhkan dalam Model
Pembelajaran Tajwid dan HurufHijaiyah, selain metode mengajar yang ada selama
ini.
Hasil Review SNIT 2014
[1]
A.S, Ranang, dkk.
Animasi Kartun Dari Dialog Sampai
Digital. Jakarta: PT. Index. 2010:9
[2]
Binato, Iwan,”Multimedia Digital Dasar Teori Dan
Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset”, 2010
[3]
Faizin, Mohammad
Noor.,”Penggunaan Model Pembelajaran
Multimedia Interaktif (MMI) Pada Konsep Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan
Penguasaan Konsep dan Memperbaiki Sikap BelajarSiswa.” 2009:38 http://file.upi.edu/Direktori/Fip Di Akses 1 Juli 2011
[4]
Mushaf Al Qur’an. Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya, ISBN
97916444-0-2, 2006 (QS Al Muzzammil [73]: 4).
[5] Pressman, Rogers,
”Rekayasa Perangkat lunak Pendekatan
Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset”,2002
[6] Pusat Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai
Pustaka, 2002:53
[7]
Rahmawati,SitiSyarifah.”Pengaruh
Penggunaan VCD Game Animasi Cermatika Sebagai Media Yang Atraktif dan
Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Ringan Kelas
D2 SLB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran” 2009/2010:9
[8] Saguni, Fatimah. “Prinsip-Prinsip Kognitif
Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan
Hasil Belajar”.2006:148
[10] Script,
Island, Panduan Mudah Membuat Animasi.
Jakarta : Media Kita, 2008
[11] Sutjiono, Thomas Wibowo Agung, “Pendaya-gunaan
Media Pembelajan”
Diambil, 2005:76 dari http://www.bpkpenabur.com Di Akses 1 Juli 2011