PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID ILMU BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS SATU SEKOLAH MENENGAH ATAS

research
  • 11 Sep
  • 2020

PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID ILMU BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS SATU SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abu Surya (12130108), Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Ilmu Biologi Untuk Siswa Kelas Satu Sekolah Menengah Atas


 

Sistem pembelajaran mobile learning memang tidak bisa menggantikan sistem pembelajaraan dengan tatap muka dalam kelas. Kehadiran mobile learning ini di tunjukan sebagai pelengkap serta memberikan kesempatan pada siswa untuk mempelajari kembali materi yang kurang dikuasai dimanapun dan kapanpun. Karena aplikasi mobile learning ini selain mudah digunakan, isi pembahasan didalam aplikasi ini juga terdapat latihan soal. Bandingkan jika siswa harus membawa buku di saat berpergian, selain ukurannya yang lumayan besar, mudah kotor dan sobek kebanyakan siswa juga enggan membawa buku disaat berpergian ketimbang membawa handphone. Dalam aplikasi Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Ilmu Biologi Untuk Siswa Kelas Satu Sekolah Menengah Atas ini penulis menggunakan metode prototype yang bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang benar-benar diharapkan oleh siswa, karena dalam pembuatannya, isi materi pembahasan harus di sesuaikan dengan bahan pelajaran yang didapat siswa di seklolah

Unduhan

 

REFERENSI

Ayuliana. 2009. Testing dan Implementasi. Diambil dari:http://ayuliana_st.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12482/Pertemuan+06+-++_Blackbox+Testing_.pdf (06 JUNI 2017).


Desmira, Didik Aribowo dan Poppy Oktavia. 2014. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar Dan Ruang Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Android.untirta: Jurnal PROSISKO. Vol. 1.



Dini. 2015. Kelebihan dan Kekurangan Metode Prototyping dalam Pengembangan Sistem.Diambil dari: https://www.academia.edu/10107768/Pengertian_Prototyping (06 JUNI 2017).


 Ferdinand, Fictor dan Moekti Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional


Ichwan dan Fifin, Hakiky. 2011. Pengukuran Kinerja Goodreads Aplication Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android. Institute Teknologi Nasional Bandung: Jurnal Informatika. Vol 2 .No 2


 

Juansyah, Andri. 2015. PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKERBERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM  (A-GPS) DENGAN PLATFORM ANDROID. Universitas Komputer Indonesia: Jurnal  Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol.1


Juhara, Zamrony. 2016. Panduan Lengkap Pemograman Android. Yogyakarta: Andi


Khannedy, Eko. 2011. Belajar Dasar Java: Bandung: StripBandunk.


Sukmawati, Fatma. 2016. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi Smp Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di Smp Islam Bakti 1 Surakarta. Surakarta: jurnal Teknologi Informasi. Vol. XI Nomor 31.


Sulistyorini, Prastuti. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan


Rational Rose. Pekalongan: jurnal teknologi informasi DINAMIKA Volume XIV, No.1: 23-29.


 Suyanto, Asep. 2015. Pengenalan Java. Diambil dari: http://www.bambutechno.com. (06 JUNI 2017).



Wardhani, Cut. 2016. Apa Itu XML. Diambil dari:

http://www.cuthawe.com/2016/03/apa-itu-xml-extensible-markup-language.html (06 JUNI 2017).