PERANCANGAN APLIKASI OBJEK WISATA PULAU BALI BERBASIS ANDROID

research
  • 10 Sep
  • 2020

PERANCANGAN APLIKASI OBJEK WISATA PULAU BALI BERBASIS ANDROID


Penelitian ini di latar belakangi pada indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku, budaya dan keindahan alam yang memukau. Provinsi yang menarik minat turis dari  mancanegara salah satunya di Bali. Bali adalah pulau yang memiliki daya tarik tersendiri yang menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Bali memliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan bisa kita kunjungi. Biasanya orang menggunakan peta untuk menentukan arah, tetapi peta bisa juga untuk mengetahui lokasi sarana-sarana umum maupun tempat wisata yang sulit dicari dan ditentukan dengan tepat. Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, kini mobile phone atau yang biasa disebut ponsel, tidak hanya dapat digunakan untuk menelpon atau mengirim pesan. Sekarang ini banyak sekali ponsel yang dapat membantu aktivitas manusia. Dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat itu tentu saja akan menjadi peluang dalam penggunaan mobile phone yang bisa memberikan informasi wisata serta bisa menjadi alat sebagai panduan untuk perjalanan di pulau bali. Implementasi aplikasi pada perangkat mobile android memanfaatkan Google Maps API dalam menampilkan peta dan database MySQL untuk menyimpan serta mengolah data. Hasil kuesioner terhadap konten aplikasi memperoleh presentase 80% untuk nilai sangat baik dari 40 orang responden yang melakukan pengujian pada aplikasi. Konten yang dihasilkan aplikasi adalah menampilkan objek wisata pantai, informasi terkait dengan objek wisata pantai, memperlihatkan rute dan navigasi menuju objek wisata pantai.


Unduhan

 

REFERENSI


Nazzaruddin Safaat (2014). Pengertian Android. Diambil dari:  http://www.academia.edu/6916905/Menurut_Safaat_Nazruddin


Murya (2014). Pengertian Software Development Kit (SDK). Diambil dari : http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/46181/Chapter%20II.pdf;jsessionid=ECC04E799DE6B8BBF9DCDB1C91D3BC86?sequence=4


Bambang Hariyanto (2014). Pengetian Java. Diambil dari : http://biobses.com/judul-buku,374-esensi_esensi_bahasa_pemrograman_java_(revisi_keempat)


Heriawan (2004). Pengertian wisata. Diambil dari :


http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/46020/Chapter%20II.pdf?sequence=4


Gamal (2014). Definisi Wisata. Diambil dari : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/534/jbptunikompp-gdl-endikurnia-26695-5-unikom


Ramli, Java Development Kit (JDK). Diambil dari : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/625/jbptunikompp-gdl-fajarfauza-31247-10-unikom_f-i.pdf


Nazzarudin Safaat (2010). Pengertian Android Development Tools. Diambil dari : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/690/jbptunikompp-gdl-beatrixlia-34471-9-unikom_b-2.pdf


Felker (2013). Pengetian Android Studio. Diambil dari : http://abstrak.ta.uns.ac.id/wisuda/upload/S861408042


Hunter (2007) . Pengetian XML. Diambil dari : http://mistertica.blogspot.co.id/2012/02/xml-extensible-markup-language.html


Jogianto (2008). Metode waterfall. Diambil dari : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/442/jbptunikompp-gdl-hambalinim-22097-4-babiii.pdf


Myers (2004) Blackbox Testing. Diambil dari : https://www.slideshare.net/iwankurniarasa/metodepengujianblackbox