Hafiz
Syahreva (1180926), Komparasi Algoritma Klasifikasi
Untuk Analisis Sentimen Terhadap Usaha Waralaba Berdasarkan Opini Publik Pada
Twitter
Peluang usaha
waralaba di Indonesia memiliki daya tarik yang relatif tinggi. Meskipun
demikian, tidak sedikit para pelaku usaha waralaba yang mengalami kegagalan.
Akibatnya menimbulkan keraguan masyarakat yang ingin memulai usaha waralaba.
Oleh karena itu, analisa terhadap usaha waralaba perlu dilakukan agar informasi
yang dihasilkan dapat meminimalkan tingkat kegagalan yang mungkin terjadi.
Dengan memanfaatkan media sosial Twitter sebagai sumber data, prediksi pengklasifikasian Text Mining menggunakan Metode Multinomial
Naïve Bayes
ini menghasilkan nilai akurasi sebesar 80% yang dapat dikatakan sebagai Good
Classification. Namun demikian, prediksi yang dihasilkan kurang akurat
karena metode ini menggunakan asumsi yang kuat berdasarkan data latih
sebelumnya. Untuk itu, penggunaan metode perhitungan serupa juga dilakukan
untuk mengukur tingkat akurasi terhadap masing-masing metode tersebut. Nilai
akurasi yang diperoleh dari pengolahan dengan metode Neural Network
sebesar 83%, K-nearest Neighbors sebesar 52%, Support Vector Machine 83%,
dan Decision Tree mendapatkan nilai sebesar 81%. Sentimen yang diolah
merupakan sentimen dengan akurasi yang positif dan diprediksi sebagai prediksi
yang baik untuk peluang usaha waralaba di masa yang akan datang.
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Attabi,
A. W., Muflikhah, L., & Fauzi, M. A. (2018). Penerapan Analisis Sentimen
untuk Menilai Suatu Produk pada Twitter Berbahasa Indonesia dengan Metode Naïve
Bayes Classifier dan Information Gain. 2(11), 4548–4554.
Berliana,
G., Shaufiah, & Sa’adah, S. (2018). Klasifikasi Posting Tweet mengenai
Kebijakan Pemerintah Menggunakan Naive Bayesian Classification. 5(1),
1562–1569.
Buani,
D. C. P. (2016). Optimasi Algoritma Naïve Bayes dengan Menggunakan Algoritma
Genetika untuk Prediksi Kesuburan (Fertility). Jurnal Evolusi, 4(1),
55–64.
Das,
S., Dey, A., Pal, A., & Roy, N. (2015). Applications of Artificial
Intelligence in Machine Learning : Review and Prospect. International
Journal of Computer Applications, 115(9), 31–41.
Fajar,
R. (2016). Memulai Pemrograman dengan Python. Retrieved July 9, 2019, from July
24, 2016 website: https://www.codepolitan.com/memulai-pemrograman-python
Fathurahman,
M. F., Windarti, A., & Purwanto, I. (2018). PENGARUH VALUE DAN PHYSICAL
BENEFIT PRODUK WARALABA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Journal of Applied
Business and Economics, 4(4), 305–319.
Goel,
A. (2018). What Is a Confusion Matrix ? Retrieved July 11, 2019, from August
26, 2018 website: https://magoosh.com/data-science/what-is-a-confusion-matrix/
Imanuwelita,
V., Putri, R. R. M., & Amalia, F. (2018). Penentuan Kelayakan Lokasi Usaha
Franchise Menggunakan Metode AHP dan VIKOR. Jurnal Pengembangan Teknologi
Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 122–132. Retrieved from
http://j-ptiik.ub.ac.id
Kurniawansyah,
A. S. (2018). IMPLEMENTASI METODE ARTIFICIAL HASIl UJIAN KOMPETENSI
KEBIDANAN. V.
Mardi,
Y. (2015). Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5. Jurnal
Edik Informatika, 2(2), 213–219. Retrieved from ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/eDikInformatika/article/view/1465
Mulawarman,
& Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta
Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin
Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Murnawan,
& Sinaga, A. (2017). PEMANFAATAN ANALISIS SENTIMEN UNTUK PEMERINGKATAN
POPULARITAS TUJUAN WISATA. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 7(2),
109–120. https://doi.org/10.17933/jppi.2017.070203
Muthia,
D. A. (2017). Analisis Sentimen Pada Review Restoran Dengan Teks Bahasa
Indonesia Mengunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnalilmu Pengetahuan Dan
Teknologi Komputer, 2(2), 39–45.
https://doi.org/10.1515/HUMOR.2006.009
Muzakir,
A., & Wulandari, R. A. (2016). Model Data Mining sebagai Prediksi
Penyakit Hipertensi Kehamilan dengan Teknik Decision Tree. 3(1),
19–26.
Muzakir,
A., & Wulandari, R. A. (2017). Model Data Mining sebagai Prediksi Penyakit
Hipertensi Kehamilan dengan Teknik Decision Tree. Scientific Journal of
Informatics, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/sji.v3i1.4610
Palupi,
M. T., & Endahati, N. (2019). KESANTUNAN BERBAHASA DI MEDIA SOSIAL ONLINE:
TINJAUAN DESKRIPTIF PADA KOMENTAR BERITA POLITIK DI FACEBOOK. Jurnal Skripta,
5(1), 26–31.
Rani,
M., & Arora, J. (2016). Twitter Data Predicting Geolacation Using Data
Mining Techniques. International Journal of Computer Science and Mobile
Computing, 4(6), 10447–10453. https://doi.org/10.15680/IJIRCCE.2016
Riadi,
I., Umar, R., & Aini, F. D. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN DETECTION
TRAFFIC ANOMALY DENGAN METODE NAIVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE ( SVM ).
11(10), 17–24.
Romadloni,
N. T., Santoso, I., & Budilaksono, S. (2019). PERBANDINGAN METODE NAIVE
BAYES , KNN DAN DECISION TREE TERHADAP ANALISIS SENTIMEN TRANSPORTASI KRL
COMMUTER LINE. 3(2), 1–9.
Sanjaya,
S., & Absar, E. A. (2015). Pengelompokan Dokumen Menggunakan Winnowing
Fingerprint dengan Metode K - Nearest Neighbour. Jurnal CoreIT, 1(2),
50–56.
Sumarlin.
(2015). Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Sebagai Pendukung Keputusan
Klasifikasi Penerima Beasiswa PPA dan BBM. Jurnal Sistem Informasi Bisnis,
01, 52–62.
Vinodhini,
G., & Chandrasekaran, R. M. (2016). A comparative performance evaluation of
neural network based approach for sentiment classification of online reviews. Journal
of King Saud University - Computer and Information Sciences, 28(1),
2–12. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2014.03.024
Widaningsih, S., & Suheri, A. (2018). KLASIFIKASI JURNAL ILMU KOMPUTER BERDASARKAN PEMBAGIAN WEB OF SCIENCE DENGAN MENGGUNAKAN TEXT MINING. 23–24