PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

research
  • 01 Sep
  • 2020

PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

ABSTRAKSI

Nur Alia Rosidah (11152967), Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Edmodo Terhadap Minat  Belajar Siswa Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable kegunaan persepsian dan kemudahan memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa pengguna aplikasi Edmodo di DKI Jakarta. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Technology Acceptance Model dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pengguna aplikasi Edmodo. Sampel ditetapkan dengan menggunakan metode simple random sampling karena sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Responden yang didapat adalah sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini intrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner, dengan menjadikan persepsi kegunaan (X1), persepsi kemudahan (X2), dan minat (Y). Sedangkan skala likert sebagai alat ukur dan pengolahan data menggunakan software SPSS. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis  regresi korelasi, dan diperoleh hasil perhitungan dengan r hitung sebesar 0.286 antara X1 terhadap Y, 0.384 antara X2 terhadap Y, serta 0,379 secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan pada pembelajaran e-learning berbasis aplikasi Edmodo berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa.

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Atmanegara, W., & Rusimamto, P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Studi Pada Siswa Kelas X Tei Smk Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 359–364. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/14020

 

 

Ekayati, R. (2017). Optimalisasi Aplikasi Edmodo Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa Pada Mata Kuliah Literary Criticism Di Fkip Umsu. 3(1), 148–165.

 

 

Fatmasari, & Ariandi, M. (2014). Penerapan Metode Technology Acceptance Model ( Tam ) Terhadap Penerimaan Krs Online. (3), 135–144.

 

 

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terasap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra, 09(01), 1–13.

 

 

Iqbal, J., & Arisman. (2018). Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi. InFestasi, 14(2), 116–125. https://doi.org/10.21107/infestasi.v14i2.4856

 

 

Jogiyanto. (2017). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

 

 

Priyanto, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.

 

 

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Ilmiah Fifo, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314

 

 

Saputera, S. A., Utami, E., & Arief, M. R. (2017). Analisis Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan. 2(2), 100–109.

 

 

Setyono, E. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell Evin. Sosial Dan Humaniora, 6(1), 42–49. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/226

 

Siregar. (2015). Statistik Parameterik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

 

 

Srinadi, N. L. P., & Puspita, N. N. H. (2017). Implementasi Technology Acceptance Model Pada Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. 170–174. http://www.knsi.stikombali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/32

 

 

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

 

 

Wijaya, I., & Rahmatul, H. A. (2015). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X Smk Negeri 9 Padang ( Studi Kasus Jurusan Akomodasi Perhotelan ). 22(1), 21–33. http://lppm.upiyptk.ac.id/majalahilmiah/index.php/majalahilmiah/article/view/61