ABSTRAKSI
Nur Alia
Rosidah (11152967), Pengaruh Pembelajaran
E-Learning Berbasis Aplikasi Edmodo
Terhadap Minat Belajar Siswa
Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable kegunaan persepsian dan
kemudahan memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa pengguna aplikasi Edmodo di DKI Jakarta. Dalam penelitian ini metode yang
digunakan adalah Technology Acceptance
Model dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
pengguna aplikasi Edmodo. Sampel
ditetapkan dengan menggunakan metode simple random sampling karena
sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi.
Responden yang didapat adalah sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini intrumen
penelitian yang digunakan yaitu kuesioner, dengan menjadikan persepsi kegunaan
(X1), persepsi kemudahan (X2), dan minat (Y). Sedangkan skala
likert sebagai alat ukur dan pengolahan data menggunakan software SPSS. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
analisis regresi korelasi, dan diperoleh
hasil perhitungan dengan r hitung sebesar 0.286 antara X1
terhadap Y, 0.384 antara
X2 terhadap Y, serta 0,379 secara simultan antara X1
dan X2 terhadap Y. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi
kegunaan, dan persepsi kemudahan pada pembelajaran e-learning berbasis aplikasi Edmodo berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Atmanegara, W.,
& Rusimamto, P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning
Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Studi Pada Siswa Kelas
X Tei Smk Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1),
359–364.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/14020
Ekayati, R. (2017). Optimalisasi Aplikasi Edmodo Dalam
Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa Pada Mata
Kuliah Literary Criticism Di Fkip Umsu. 3(1), 148–165.
Fatmasari, & Ariandi, M. (2014). Penerapan Metode
Technology Acceptance Model ( Tam ) Terhadap Penerimaan Krs Online. (3),
135–144.
Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk
Menganalisis Penerimaan Terasap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra,
09(01), 1–13.
Iqbal, J., & Arisman. (2018). Metode Pembelajaran
E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran
Akuntansi. InFestasi, 14(2), 116–125. https://doi.org/10.21107/infestasi.v14i2.4856
Jogiyanto.
(2017). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.
Priyanto, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis.
Yogyakarta: Andi Offset.
Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis
Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran
Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Ilmiah Fifo, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314
Saputera, S. A., Utami, E., & Arief, M. R. (2017). Analisis
Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan. 2(2), 100–109.
Setyono, E. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Jejaring
Sosial Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurva-S
Menggunakan Microsoft Excell Evin. Sosial Dan Humaniora, 6(1), 42–49. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/226
Siregar. (2015). Statistik Parameterik Untuk Penelitian
Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Srinadi, N. L. P., & Puspita, N. N. H. (2017). Implementasi
Technology Acceptance Model Pada Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi. 170–174. http://www.knsi.stikombali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/32
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wijaya, I., & Rahmatul, H. A. (2015). Pengaruh
Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital
Kelas X Smk Negeri 9 Padang ( Studi Kasus Jurusan Akomodasi Perhotelan ). 22(1),
21–33. http://lppm.upiyptk.ac.id/majalahilmiah/index.php/majalahilmiah/article/view/61