Perancangan Aplikasi Sistem Point Of Sales Berbasis Android Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

research
  • 31 Aug
  • 2020

Perancangan Aplikasi Sistem Point Of Sales Berbasis Android Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

ABSTRAKSI

 

Aldi Alfiansyah (12151279), Perancangan Aplikasi Sistem Point Of Sales Berbasis Android Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

 

Usaha di bidang Food and Beverages saat ini semakin berkembang, Perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya agar terus dapat mempertahankan konsumennya. Berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan, salah satunya dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumennya. Proses pelayanan yang baik dan nyaman bisa membuat daya tarik pada pelanggan. Hal ini mendorong pemilik perusahaan untuk meningkatkan proses pelayanan kearah yang lebih baik demi mencapai kepuasan pelanggan.Pemilihan mobile android untuk pengembangan aplikasi selain lebih mudah dalam pengoperasiannya dan juga sifat fleksibel menjadi salah satunya. Banyak pelaku industri, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan lainnya banyak menggunakan mobile dan internet sebagai media penyajian informasi mereka khususnya banyak digunakan dimasyarakat modern di perkotaan. Algoritma asosiasi merupakan suatu bentuk algoritma dalam data mining yang memberikan informasi hubungan antar barang data didatabase. Algoritma tersebut dapat dimanfaatkan secara luas dalam proses bisnis diantaranya dalam proses penjualan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah data barang, melakukan transaksi dengan cepat, dan tepat memudahkan pegawai untuk melakukan pekerjaannya di bagian kasir. Aplikasi ini masih banyak kekurangan, penulis berharap adanya pengembangan seperti menambahkan user login, database untuk menyimpan data barang, transaksi, dan metode pembayaran serta menerapkan algoritma apriori ke dalam sistem aplikasi ini.

 

Kata kunci: Android, Flutter, Point Of Sales, Algoritma, Algoritma Apriori

 

 

 

Unduhan

  • Daftar Isi.pdf

    Daftar Isi.pdf

    •   diunduh 184x | Ukuran 397 KB
  • Daftar Pustaka.pdf

    Daftar Pustaka.pdf

    •   diunduh 195x | Ukuran 368 KB

 

  • Abstraksi.pdf

    Abstraksi.pdf

    •   diunduh 141x | Ukuran 53,823
  • Lembar Judul.pdf

    Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 176x | Ukuran 14,564

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Adiguna, W., & Gunawan. (2016). Informasi Kebun Binatang, 4(1), 16–21.

Aziz, I., & Harafani, H. (2016). Aplikasi Kamus Bahasa Betawi Berbasis Android Menggunakan Metode Sequencial Search. Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded Dan Logic, 4(1), 27–35.

Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan. Pilar Nusa Mandiri, XII(2), 121–129. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/169/145

Herlan, H. (2018). Aplikasi pemesanan menu pada restoran ayam goreng cianjur berbasis android, III, 46–50.

Juansyah, A. (2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1.

Kosasi, S. (2015). Perancangan Prototipe Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan Mobile Device, 1(2), 175–187.

Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. M. (2015). Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 18–25.

Liantriana, B. (2018). Pengenalan Flutter.io Bagi Developer React – SkyshiDigital – Medium. Retrieved June 13, 2019, from https://medium.com/skyshidigital/flutter-io-416c63020732

Maarif, V., Nur, H. M., Rahayu, W., Informasi, S., Informatika, M., & Informatika, T. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android 1). Jurnal Evolusi, 6(1), 91–100.

Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android. Ijse.Bsi.Ac.Id IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering ISSN, 3(2), 2461–2690.

Marifati, I. S., & Maarif, V. (2018). Issn : 2461-0690 Issn : 2461-0690, 4(2), 33–38.

Maryani, I., & Ishaq, A. (2015). Jurnal Evolusi Volume 3 No 2 2015 lppm3.bsi.ac.id/jurnal. Jurnal Evolusi, 3(2), 1–8.

Mulyana, H. (2014). Pemakaian Metode Asosiasi Dalam Data Mining Untuk Penjualan Lebih Dari Satu Jenis Produk Pada Perusahaan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 47–55. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/75/71

Payara, G. R., & Tanone, R. (2018). Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(3), 397–406. https://doi.org/10.28932/jutisi.v4i3.870

Septiana, L. (2016). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward Chaining. JImp, 2(ISSN : 2503-1945), 111–139. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Shalahuddin, M. & R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.

Soendoro, D. (2018). Menggunakan Visual Studio Code untuk debugging Ionic (2++). Retrieved July 12, 2019, from https://medium.com/@david.soendoro_89205/menggunakan-visual-studio-code-untuk-debugging-ionic-2-d264ce0ecf47

syahputra, R. (2018). Pengenalan D – Flutter Developer Indonesia – Medium. Retrieved June 13, 2019, from https://medium.com/flutter-developer-indonesia/pengenalan-d-e047d938455e