Aldi Alfiansyah
(12151279), Perancangan Aplikasi Sistem Point Of Sales Berbasis Android Dengan
Menggunakan Algoritma Apriori
Usaha di bidang Food
and Beverages saat ini semakin berkembang, Perusahaan dituntut untuk dapat
bersaing dengan perusahaan lainnya agar terus dapat mempertahankan konsumennya.
Berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan, salah satunya dengan memberikan
pelayanan yang terbaik untuk konsumennya. Proses pelayanan yang baik dan nyaman
bisa membuat daya tarik pada pelanggan. Hal ini mendorong pemilik perusahaan
untuk meningkatkan proses pelayanan kearah yang lebih baik demi mencapai
kepuasan pelanggan.Pemilihan mobile android untuk pengembangan aplikasi selain
lebih mudah dalam pengoperasiannya dan juga sifat fleksibel menjadi salah
satunya. Banyak pelaku industri, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan
lainnya banyak menggunakan mobile dan internet sebagai media penyajian
informasi mereka khususnya banyak digunakan dimasyarakat modern di perkotaan.
Algoritma asosiasi merupakan suatu bentuk algoritma dalam data mining yang
memberikan informasi hubungan antar barang data didatabase. Algoritma tersebut
dapat dimanfaatkan secara luas dalam proses bisnis diantaranya dalam proses
penjualan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah data barang, melakukan
transaksi dengan cepat, dan tepat memudahkan pegawai untuk melakukan
pekerjaannya di bagian kasir. Aplikasi ini masih banyak kekurangan, penulis
berharap adanya pengembangan seperti menambahkan user login, database untuk
menyimpan data barang, transaksi, dan metode pembayaran serta menerapkan
algoritma apriori ke dalam sistem aplikasi ini.
Kata kunci: Android,
Flutter, Point Of Sales, Algoritma, Algoritma Apriori
Daftar Pustaka.pdf
Adiguna, W., & Gunawan. (2016). Informasi Kebun Binatang,
4(1), 16–21.
Aziz, I., &
Harafani, H. (2016). Aplikasi Kamus Bahasa Betawi Berbasis Android Menggunakan
Metode Sequencial Search. Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded Dan Logic,
4(1), 27–35.
Badrul, M.
(2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data
penjualan. Pilar Nusa Mandiri, XII(2), 121–129. Retrieved from
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/169/145
Herlan, H.
(2018). Aplikasi pemesanan menu pada restoran ayam goreng cianjur berbasis
android, III, 46–50.
Juansyah, A.
(2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL
POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID Jurnal Ilmiah Komputer dan
Informatika ( KOMPUTA ). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (KOMPUTA),
1.
Kosasi, S.
(2015). Perancangan Prototipe Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan
Mobile Device, 1(2), 175–187.
Lengkong, H.
N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. M. (2015). Perancangan Penunjuk Rute
Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android. E-Journal
Teknik Elektro Dan Komputer, 18–25.
Liantriana, B.
(2018). Pengenalan Flutter.io Bagi Developer React – SkyshiDigital – Medium.
Retrieved June 13, 2019, from
https://medium.com/skyshidigital/flutter-io-416c63020732
Maarif, V.,
Nur, H. M., Rahayu, W., Informasi, S., Informatika, M., & Informatika, T.
(2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android 1). Jurnal
Evolusi, 6(1), 91–100.
Maarif, V.,
Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android. Ijse.Bsi.Ac.Id
IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering ISSN, 3(2),
2461–2690.
Marifati, I.
S., & Maarif, V. (2018). Issn : 2461-0690 Issn : 2461-0690, 4(2),
33–38.
Maryani, I.,
& Ishaq, A. (2015). Jurnal Evolusi Volume 3 No 2 ‐ 2015 ‐
lppm3.bsi.ac.id/jurnal. Jurnal Evolusi, 3(2), 1–8.
Mulyana, H.
(2014). Pemakaian Metode Asosiasi Dalam Data Mining Untuk Penjualan Lebih Dari
Satu Jenis Produk Pada Perusahaan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1),
47–55. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/75/71
Payara, G. R.,
& Tanone, R. (2018). Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype
Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan
Sistem Informasi, 4(3), 397–406. https://doi.org/10.28932/jutisi.v4i3.870
Septiana, L.
(2016). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward
Chaining. JImp, 2(ISSN : 2503-1945), 111–139.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Shalahuddin, M.
& R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.
Soendoro, D.
(2018). Menggunakan Visual Studio Code untuk debugging Ionic (2++). Retrieved
July 12, 2019, from
https://medium.com/@david.soendoro_89205/menggunakan-visual-studio-code-untuk-debugging-ionic-2-d264ce0ecf47
syahputra, R.
(2018). Pengenalan D – Flutter Developer Indonesia – Medium. Retrieved June 13,
2019, from
https://medium.com/flutter-developer-indonesia/pengenalan-d-e047d938455e