Aplikasi Cerita Dongeng Pada Perangkat Mobile Berbasis Android.

research
  • 31 Aug
  • 2020

Aplikasi Cerita Dongeng Pada Perangkat Mobile Berbasis Android.

ABSTRAK

 

Fitoro Al Akbari (12151278), Aplikasi Cerita Dongeng Pada Perangkat Mobile Berbasis Android.

 

Buku dongeng anak-anak banyak sekali tersedia di toko buku. Namun, kesibukan orang tua di kota-kota besar yang tidak sempat lagi membacakan cerita dongeng ke anak-anak mereka menjelang tidur. Keberadaan smartphone yang menyediakan aplikasi permainan menyebabkan anak-anak lebih senang bermain smartphone dibandingkan dengan membaca cerita-cerita dongeng. Oleh sebab itu, banyak dongeng anak-anak yang sekarang terlupakan. Selain itu, anak-anak zaman sekarang sudah mulai bosan untuk membaca cerita-cerita dongeng. Hal tersebut terjadi dikarenakan tampilannya yang kurang menarik. Melihat kondisi seperti itu, muncul keinginan penulis untuk membuat metode pembelajaran anak khususnya dalam membaca cerita-cerita dongeng pada aplikasi smartphone. Penulis melakukan pengumpulan data untuk mendapatkan informasi serta data yang lengkap dan akurat. Selain itu, metode pengembangan aplikasi yang digunakan penulis dalam pembuatan aplikasi cerita dongeng adalah System Development Life Cycle (SDLC). Dengan dilengkapi oleh fitur-fitur lain seperti kuis dan game serta gambar-gambar yang menarik sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak membosankan ketika digunakan oleh anak-anak.

 

Kata Kunci: Cerita Dongeng, Membaca, Smartphone, Aplikasi


 

Unduhan

  • Daftar Pustaka.pdf

    Daftar Pustaka.pdf

    •   diunduh 169x | Ukuran 162 KB
  • Lembar Judul.pdf

    Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 257x | Ukuran 15 KB

 

  • Abstraksi.pdf

    Abstraksi.pdf

    •   diunduh 154x | Ukuran 198,730
  • Daftar isi.pdf

    Daftar isi.pdf

    •   diunduh 278x | Ukuran 326,495

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Adiwijaya, M., S, K. I., & Christyono, Y. (2015). PERANCANGAN GAME EDUKASI PLATFORM BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2.

Alawiah, E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor. III(1), 24–29.

Andi, K., & Sardiarinto. (2016). Perancangan Website Jasa Desain Interior Sebagai Media Pemasaran Studi Kasus: CV. Focalpoint Interior. Jurnal Evolusi, 4(2), 1–10.

Aprillini, A., Isnanto, R. R., & Kridalukmana, R. (2015). APLIKASI PEMBACA DONGENG ANAK INDONESIA. 3(1), 44.

Arif, M. B. (2017). Kesiapan Implementasi Knowledge Sharing & Transfer (KS & T) dalam pembelajaran. 67–74.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. 1(1), 21–29.

Handoko, P., Setiawan, A., & Hermawan, H. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS PENAMPANG BETON BERTULANG BERBASIS ANDROID. 13(2), 69–80.

Hendrawati, T. D., Tahtawi, A. R. Al, & Fadilah, F. (2019). Sistem Monitoring Pencemaran Air Sungai Berbasis Teknologi Sensor Nirkabel dan Internet-of-Things. 286–292.

Irawati, D. A., & Rahmanto, A. N. (2017). I-101 I-102 I-96. 9, 101–106.

Listya, A., & Dawami, A. K. (2018). PERANCANGAN LOGO ORGANISASI FORUM KOMUNIKASI MASYARAKAT PEDULI DIFABEL ( FKMPD ) KLATEN.

Lubis, B. O. (2016). SISTEM INFORMASI PENJUALAN VOUCHER BELANJA PADA PT.PLAZA INDONESIA REALITY Tbk. JAKARTA. (1).

Mallu, S. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis. I(2), 36–42.

Prasetyo, K. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Ikitama Jakarta. V(1), 119–126. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Ropianto, M. (2016). Pemahaman Penggunaan Unified Modelling Language. 01. https://www.academia.edu/35556350/Pemahaman_Penggunaan_Unified_Modelling_Language

Rosyida, S., & Riyanto, V. (2019). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA LAUNDRY PADA RUMAH. 5(1), 29–36.

Sasongko, A. (2017). DAN TEKNOLOGI KOMPUTER INTEGRASI DATA WEBSITE STUDENTS.BSI.AC.ID UNTUK MOBILE INFOKAMPUS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN. 2(2), 146–155.

Sora, N. 2015. Pengertian Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling. Diterima dari http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-populasi-dan-sampel- serta-teknik-sampling.html. Diakses pada tanggal 5 November

 

Subaeki, B., & Ardiansyah, D. (2017). Implementasi Algoritma Fisher - Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Jurnal Infotronik, 2(1), 67–74.