ABSTRAK
Fitoro Al Akbari (12151278), Aplikasi Cerita Dongeng Pada Perangkat Mobile Berbasis
Android.
Buku
dongeng anak-anak banyak sekali tersedia di toko buku. Namun, kesibukan orang
tua di kota-kota besar yang tidak sempat lagi membacakan cerita dongeng ke
anak-anak mereka menjelang tidur. Keberadaan smartphone yang
menyediakan aplikasi permainan menyebabkan anak-anak lebih senang bermain smartphone
dibandingkan dengan membaca cerita-cerita dongeng. Oleh sebab itu, banyak
dongeng anak-anak yang sekarang terlupakan. Selain itu, anak-anak zaman
sekarang sudah mulai bosan untuk membaca cerita-cerita dongeng. Hal tersebut
terjadi dikarenakan tampilannya yang kurang menarik. Melihat kondisi seperti
itu, muncul keinginan penulis untuk membuat metode pembelajaran anak khususnya
dalam membaca cerita-cerita dongeng pada aplikasi smartphone. Penulis melakukan pengumpulan data untuk
mendapatkan informasi serta data yang lengkap dan akurat. Selain itu, metode pengembangan aplikasi yang digunakan penulis dalam
pembuatan aplikasi cerita dongeng adalah
System Development Life Cycle (SDLC). Dengan dilengkapi oleh fitur-fitur lain seperti kuis dan game
serta gambar-gambar yang menarik sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal
dan tidak membosankan ketika digunakan oleh anak-anak.
Kata Kunci: Cerita Dongeng, Membaca, Smartphone, Aplikasi
Daftar Pustaka.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Adiwijaya, M., S, K. I., &
Christyono, Y. (2015). PERANCANGAN GAME EDUKASI PLATFORM BELAJAR MATEMATIKA
BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2.
Alawiah, E. T. (2017). Rancangan
Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik
Studi Kasus Pemkot Bogor. III(1), 24–29.
Andi, K., & Sardiarinto. (2016).
Perancangan Website Jasa Desain Interior Sebagai Media Pemasaran Studi Kasus:
CV. Focalpoint Interior. Jurnal Evolusi, 4(2), 1–10.
Aprillini, A., Isnanto, R. R., &
Kridalukmana, R. (2015). APLIKASI PEMBACA DONGENG ANAK INDONESIA. 3(1),
44.
Arif, M. B. (2017). Kesiapan
Implementasi Knowledge Sharing & Transfer (KS & T) dalam pembelajaran.
67–74.
Habsari, Z. (2017). Dongeng
sebagai pembentuk karakter anak. 1(1), 21–29.
Handoko, P., Setiawan, A., &
Hermawan, H. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS PENAMPANG BETON
BERTULANG BERBASIS ANDROID. 13(2), 69–80.
Hendrawati, T. D., Tahtawi, A. R. Al,
& Fadilah, F. (2019). Sistem Monitoring Pencemaran Air Sungai Berbasis
Teknologi Sensor Nirkabel dan Internet-of-Things. 286–292.
Irawati, D. A., & Rahmanto, A. N.
(2017). I-101 I-102 I-96. 9, 101–106.
Listya, A., & Dawami, A. K.
(2018). PERANCANGAN LOGO ORGANISASI FORUM KOMUNIKASI MASYARAKAT PEDULI
DIFABEL ( FKMPD ) KLATEN.
Lubis, B. O. (2016). SISTEM
INFORMASI PENJUALAN VOUCHER BELANJA PADA PT.PLAZA INDONESIA REALITY Tbk. JAKARTA.
(1).
Mallu, S. (2015). Sistem pendukung
keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode
topsis. I(2), 36–42.
Prasetyo, K. (2019). Rancang
Bangun Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Ikitama Jakarta.
V(1), 119–126. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Ropianto, M. (2016). Pemahaman
Penggunaan Unified Modelling Language. 01. https://www.academia.edu/35556350/Pemahaman_Penggunaan_Unified_Modelling_Language
Rosyida, S., & Riyanto, V.
(2019). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA LAUNDRY PADA RUMAH. 5(1),
29–36.
Sasongko, A. (2017). DAN TEKNOLOGI
KOMPUTER INTEGRASI DATA WEBSITE STUDENTS.BSI.AC.ID UNTUK MOBILE INFOKAMPUS
BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN. 2(2), 146–155.
Sora, N. 2015. Pengertian Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling. Diterima
dari http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-populasi-dan-sampel-
serta-teknik-sampling.html.
Diakses pada tanggal 5 November
Subaeki, B., & Ardiansyah, D.
(2017). Implementasi Algoritma Fisher - Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia
Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Jurnal Infotronik, 2(1),
67–74.