Pembelajaran Mengenal Pancasila Menggunakan Metode Probing-Prompting Learning (PPL) Dengan Pendekatan Animasi Interaktif

research
  • 31 Aug
  • 2020

Pembelajaran Mengenal Pancasila Menggunakan Metode Probing-Prompting Learning (PPL) Dengan Pendekatan Animasi Interaktif

Geby Oktaviani (11150659), Pembelajaran Mengenal Pancasila Menggunakan Metode         Probing-Prompting Learning (PPL) Dengan Pendekatan Animasi Interaktif

 

 

Pancasila merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting, Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang terdiri dari nilai dan jiwa Ketuhanan-keagamaan, nilai dan jiwa kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai dan jiwa persatuan, nilai dan jiwa  kerakyatan-demokrasi,  nilai  dan  jiwa  keadilan  sosial.  Nilai-nilai  tersebut  tak hanya dimiliki tentunya harus dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian ada data yang menunjukan kasus permasalahan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga berdampak pada rasa kekhawatiran terhadap generasi muda penerus  bangsa.  Melihat  kondisi  tersebut  penulis  melakukan  penelitian  pada sekolah dasar di Madania, dari hasil data menunjukan bahwa pembelajaran dan pengenalan Pancasila masih sederhana dan konfensional sehingga siswa-siswi merasa bosan. Butuh strategi yang inovatif untuk mengenalkan Pancasila, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik menggunakan metode probing-prompting learning (PPL) dengan pendekatan animasi interaktif. Dengan  metode pembelajaran ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa-siswi sekolah dasar terutama sekolah dasar kelas VI Madania.

 

 

 


Unduhan

  • 11150659.pdf

    Geby Oktaviani

    •   diunduh 548x | Ukuran 218 KB

 

REFERENSI