Geby Oktaviani (11150659), Pembelajaran Mengenal Pancasila Menggunakan Metode Probing-Prompting Learning (PPL) Dengan Pendekatan Animasi Interaktif
Pancasila merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting, Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang terdiri dari nilai dan jiwa Ketuhanan-keagamaan, nilai dan jiwa kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai dan jiwa persatuan, nilai dan jiwa kerakyatan-demokrasi, nilai dan jiwa keadilan sosial. Nilai-nilai tersebut tak hanya dimiliki tentunya harus dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian ada data yang menunjukan kasus permasalahan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga berdampak pada rasa kekhawatiran terhadap generasi muda penerus bangsa. Melihat kondisi tersebut penulis melakukan penelitian pada sekolah dasar di Madania, dari hasil data menunjukan bahwa pembelajaran dan pengenalan Pancasila masih sederhana dan konfensional sehingga siswa-siswi merasa bosan. Butuh strategi yang inovatif untuk mengenalkan Pancasila, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik menggunakan metode probing-prompting learning (PPL) dengan pendekatan animasi interaktif. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa-siswi sekolah dasar terutama sekolah dasar kelas VI Madania.