ABSTRAK
Zefanya Feranto Tristan Budiarto (11152651),
Analisa Pemilihan Masyarakat
Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
Pada penelitian ini dilakukan untuk menentukan
kriteria-kriteria serta bobot jasa pengiriman barang di Bekasi. Alternatif jasa pengiriman yang
dapat dipertimbangan oleh masyarakat yaitu, POS Indonesia, JNE, dan TIKI. Kriteria
dan bobot diperoleh menggunakan metode Analytical
Hierarchy Process (AHP). Metode AHP dipilih karena metode
ini dapat membuat sebuah kerangka pengambilan keputusan dengan efektif atas
persoalan yang kompleks. Permasalahan yang terdiri atas beberapa pertimbangan,
kemudian disederhanakan ke dalam beberapa kriteria yang kemudian disusunan
dalam suatu hirarki.Setelah disusun dalam hierarki dapat ditentukan criteria
terpenting yang menjadi pertimbangan utama pengguna jasa. AHP memiliki peranan
penting dalam rangka menghasilkan nilai optimal. AHP digunakan untuk pembobotan
kriteria, dimana kelebihan dari metode AHP dalam mengambil suatu keputusan
adalah dengan cara membandingkan secara berpasangan setiap kriteria dalam suatu
permasalahan sehingga mendapatkan suatu bobot nilai dari kepentingan tiap
kriteria yang ada. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang paling penting bagi pemilihan jasa
pengiriman barang yakni kriteria Pelayanan sebesar 31,7%, Harga Perkilo Barang
sebesar 28,5%, Lama pengiriman Barang sebesar 25,1%, dan Harga Perjarak sebesar
14,7%. Selanjutnya urutan prioritas alternatif Jasa Pengiriman Barang yang
pertama JNE sebesar 38,2%, TIKI sebesar 35,8%, dan yang terakhir POS Indonesia
sebesar 26,0%.
Kata Kunci:
Jasa, Analytical Hierarchy Process, Jasa Pengiriman Barang.
S1_Skripsi
DAFTAR PUSTAKA
Ariani, F. (2017).
Sistem Penunjang Dalam Penentuan Prioritas Pemilihan Percetakan Media Promosi
Menggunakan Metode AHP. Jurnal Informatika, 4(2), 214–221.
Astuti, J., &
Fatma, E. (2018). Evaluasi Pemilihan Penyedia Jasa Kurir Berdasarkan Metode
Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik,
1(1), 28. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i1.5
Brunelli, M. (2015).
Introduction to the Analytic Hierarchy Process. Finland: SpringerBriefs.
Handayani, R. I.
(2015). Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam Pengambilan
Keputusan (Studi Kasus: Pt. Bit Teknologi Nusantara). None, 11(1),
53–59.
Ilmi R.H.Zer, P. P.
P. A. N. . F., & Windarto, A. P. (2018). ANALISISIS PEMILIHAN REKOMENDASI
PRODUK TERBAIK PRUDENTIAL BERDASARKAN JENIS ASURANSI JIWA BERJANGKA UNTUK
KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). CESS
(Journal of Computer Engineering, Science and System), 3(1), 78–82.
Retrieved from
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/7303/7749
Irfan, M., Mesran,
Siregar, D., & Suginam. (2017). RANCANGAN PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN
TELEVISI BERLANGGANAN MENERAPKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS(AHP). 1(2),
42–48.
Iriadi, N., &
Yohana, D. (2016). PENGARUH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN MOBIL
LCGC DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). IV(2), 211–230.
Kotler, P., &
Armstrong, G. (2014). Principles of Marketin (12th ed.). Jakarta:
Erlangga.
Kotler, P., &
Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall (12th ed.).
England.
Kotler, P., &
Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey:
Person Prentice Hall, Inc.
Narti, Sriyadi,
Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah
Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1), 143–150.
https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552
Saefudin, &
Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja
Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang.
Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 33.
Sanyoto, G. P.,
Handayani, R. I., & Widanengsih, E. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
PEMILIHAN LAPTOP UNTUK KEBUTUHAN OPERASIONAL DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS:
DIREKTORAT PEMBINAAN KURSUS DAN PELATIHAN KEMDIKBUD). 13(2),
167–174.
Sofica, V. (2016). Microsoft
Excel Pada Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Memilih Jasa Pengiriman.
1(1), 54–66.
Sugiyono. (2015). Metode
Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Supriadi, A.,
Rustandi, A., Komarlina, D. H. L., & Ardiani, G. T. (2018). Analytical
Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir.
Yogyakarta: BUDI UTAMA.
Wulan, A., &
Hendrawan, B. (2018). Analisis Pemilihan Jasa Forwarder Dengan Menggunakan
Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Di PT. XYZ. Journal of Applied
Business Administration, 2(2), 294–306.
https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1126