Analisa Pemilihan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

research
  • 31 Aug
  • 2020

Analisa Pemilihan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

ABSTRAK

 

 

 

Zefanya Feranto Tristan Budiarto (11152651), Analisa Pemilihan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

 

 

 

Pada penelitian ini dilakukan untuk menentukan kriteria-kriteria serta bobot jasa pengiriman barang di Bekasi. Alternatif jasa pengiriman yang dapat dipertimbangan oleh masyarakat yaitu, POS Indonesia, JNE, dan TIKI. Kriteria dan bobot diperoleh menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP dipilih  karena metode ini dapat membuat sebuah kerangka pengambilan keputusan dengan efektif atas persoalan yang kompleks. Permasalahan yang terdiri atas beberapa pertimbangan, kemudian disederhanakan ke dalam beberapa kriteria yang kemudian disusunan dalam suatu hirarki.Setelah disusun dalam hierarki dapat ditentukan criteria terpenting yang menjadi pertimbangan utama pengguna jasa. AHP memiliki peranan penting dalam rangka menghasilkan nilai optimal. AHP digunakan untuk pembobotan kriteria, dimana kelebihan dari metode AHP dalam mengambil suatu keputusan adalah dengan cara membandingkan secara berpasangan setiap kriteria dalam suatu permasalahan sehingga mendapatkan suatu bobot nilai dari kepentingan tiap kriteria yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang paling penting bagi pemilihan jasa pengiriman barang yakni kriteria Pelayanan sebesar 31,7%, Harga Perkilo Barang sebesar 28,5%, Lama pengiriman Barang sebesar 25,1%, dan Harga Perjarak sebesar 14,7%. Selanjutnya urutan prioritas alternatif Jasa Pengiriman Barang yang pertama JNE sebesar 38,2%, TIKI sebesar 35,8%, dan yang terakhir POS Indonesia sebesar 26,0%.

 

Kata Kunci: Jasa, Analytical Hierarchy Process, Jasa Pengiriman Barang.

 

 

Unduhan

 

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA

 

Ariani, F. (2017). Sistem Penunjang Dalam Penentuan Prioritas Pemilihan Percetakan Media Promosi Menggunakan Metode AHP. Jurnal Informatika, 4(2), 214–221.

Astuti, J., & Fatma, E. (2018). Evaluasi Pemilihan Penyedia Jasa Kurir Berdasarkan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(1), 28. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i1.5

Brunelli, M. (2015). Introduction to the Analytic Hierarchy Process. Finland: SpringerBriefs.

Handayani, R. I. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam Pengambilan Keputusan (Studi Kasus: Pt. Bit Teknologi Nusantara). None, 11(1), 53–59.

Ilmi R.H.Zer, P. P. P. A. N. . F., & Windarto, A. P. (2018). ANALISISIS PEMILIHAN REKOMENDASI PRODUK TERBAIK PRUDENTIAL BERDASARKAN JENIS ASURANSI JIWA BERJANGKA UNTUK KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). CESS (Journal of Computer Engineering, Science and System), 3(1), 78–82. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/7303/7749

Irfan, M., Mesran, Siregar, D., & Suginam. (2017). RANCANGAN PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TELEVISI BERLANGGANAN MENERAPKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS(AHP). 1(2), 42–48.

Iriadi, N., & Yohana, D. (2016). PENGARUH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN MOBIL LCGC DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). IV(2), 211–230.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketin (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall (12th ed.). England.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Person Prentice Hall, Inc.

Narti, Sriyadi, Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552

Saefudin, & Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang. Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 33.

Sanyoto, G. P., Handayani, R. I., & Widanengsih, E. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP UNTUK KEBUTUHAN OPERASIONAL DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS: DIREKTORAT PEMBINAAN KURSUS DAN PELATIHAN KEMDIKBUD). 13(2), 167–174.

Sofica, V. (2016). Microsoft Excel Pada Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Memilih Jasa Pengiriman. 1(1), 54–66.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriadi, A., Rustandi, A., Komarlina, D. H. L., & Ardiani, G. T. (2018). Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Yogyakarta: BUDI UTAMA.

Wulan, A., & Hendrawan, B. (2018). Analisis Pemilihan Jasa Forwarder Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Di PT. XYZ. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 294–306. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1126