Mardi (11140892), PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROSESS UNTUK PEMILIHAN SISWA TERBAIK PADA YAYASAN SATU BENIH INDONESIA BOGOR.
Dalam menempuh pendidikan dapat mempengaruhi para pengajar dalam mengambil keputusan, seperti pengambilan keputusan dalam pemilihan siswa terbaik. Dalam pemilihan siswa terbaik tentunya bukanlah suatu hal yang mudah, hal tersebut disebabkan karena banyaknya pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan untuk mendapatkan suatu pilihan yang tepat, serta banyaknya pilihan siswa di sekolah yang membingungkan para pengajarnya. Maka dari itu adanya pendukung keputusan ini dapat menjadi solusi untuk memberikan pertimbangan dalam membantu para pengajar pada proses pemilihan siswa terbaik. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang memiliki struktur yang berhirarki serta memberikan kemudahan dalam menyederhanakan suatu permasalahan dari kriteria yang kompleks dengan berbagai pilihan alternatif yang ada, sehingga dapat mempercepat proses pengambilan keputusan dalam pemilihan siswa terbaik pada yayasan Satu Benih Indonesia. Metode AHP ini mampu menghasilkan hasil yang lebih konsisten serta yang dihasilkan adalah berdasarkan urutan ranking dari setiap kriteria dan alternatif yang ada. Hasil perhitungan metode AHP ini terdapat empat kriteria yang menjadi tolak ukur dalam melakukan pemilihan siswa terbaik yaitu, Ranking, Absen, Keterampilan, dan yang terakhir Empati. Hasil akhir dari pengolahan data dan pengujian metode AHP didapatkan bahwa Siswa B lebih unggul 0,390 atau 39,1% sedangkan Siswa A 0,319 atau 31,9%, Siswa C 0,290 atau 29,1%.
Kata Kunci: Pendukung, Pengambilan Keputusan, AHP, Siswa terbaik