ABSTRAK
Gilang
Puja Kusuma (11150430), Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kontes
Burung Kicau Pada Gantangan Alamanda Regency Enterprise Berbasis Web.
Kontes burung
berkicau adalah suatu perlombaan burung kicau dari semua jenis burung. Dengan
kian maraknya hobi memelihara burung, telah berkembang pula kebiasaan kontes
burung kicau di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya kota Bekasi
terdapat wadah untuk para kicau mania yaitu Gantangan Alamnda Regency
Enterprise. Kontes burung dijadikan sebagai ajang pembuktian bagi para pencinta
burung dalam mengukur kualitasnya. Persainganpun dalam meraih peserta dalam gantangan semakin ketat,
beberapa gantangan menggunakan media internet untuk memperkenalkan dan
meningkatkan pelayanannya. Namun Gantangan Alamanda Regency dalam proses
bisnisnya dalam pemesanan tiket masih manual, yaitu konsumen harus datang
langsung untuk membeli tiket yang menyebabkan antrian diloket. Salah satu
solusi untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhan sistem informasi pemesanan
tiket kontes berbasis web. Dalam perancangan ini penulis menggunakan metode waterfall model sehingga langkahnya
lebih mudah dan alur logika pengembangan sistemnya lebih mudah dipahami.
Hasilnya dengan menggunakan sistem ini, maka proses pemesanan tiket menjadi
mudah karena konsumen tidak harus mengantri di loket dan membantu admin dalam
pengelolaan event serta membuat
laporan penjualan tiket kontes burung kicau menjadi mudah.
skripsi
DAFTAR PUSTAKA
Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. In Jakarta:
PT Elex Media Komputindo. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Abdulloh, R. (2018). 7 in 1
Pemrograman Web Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Akdiatmojo, S. (2017). Panduan
Menangkarkan Murai Batu (Pertama; U. Prastio, ed.). Jakarta Selatan: PT.
AgroMedia Pustaka.
Akdiatmojo, S. (2018). Mencetak
Murai Batu Juara Kontes Ala Mbof (Pertama; U. Prastio, ed.). Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=E51aDwAAQBAJ
Enterprise, J. (2014). MySQL
untuk Pemula. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=_ExJDwAAQBAJ
Faridl, M. (2015). Fitur
Dahsyat Sublime Text 3. In Lug Stikom (Pertama). Retrieved from
http://lug.stikom.edu/wp-content/media/Fitur-Dahsyat-Sublime-Text-3.pdf
Francisco, A. R. L. (2019).
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tiket Konser Musik Pada Pt. Insan Karya
Aruna Nusa (Motikdong.Com). AKRAB JUARA, 4(3), 11–20.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Harianto, K., Pratiwi, H.,
& Suhariyadi, Y. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi
Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study (Lutfiah, ed.).
Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=VkOdDwAAQBAJ
Hermawan, Y. (2018). Sistem
Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web. Jurnal ECODEMICA, 2(3),
366–371. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/6067
Iskandar, J. (2014). Dilema
Antara Hobi Dan Bisnis Perdagangan Burung Serta Konservasi Burung. Chimica
et Natura Acta, 2(3), 180–185.
Iskandar, J., & Iskandar,
B. S. (2015). Pemanfaatan anekaragam burung dalam kontes burung kicau dan
dampaknya terhadap konservasi burung di alam: Studi kasus Kota Bandung, Jawa
Barat. PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON, 1(4), 747–752.
https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010411
Khairi, & Aksad, H.
(2016). Model Penunjang Keputusan Penentuan Juara Kontes Burung Menggunakan
Metode Weighted Product. PROGRESIF, 12(2), 1387–1524.
Krisdian, Y., & Nugroho,
E. C. (2015). Aplikasi Lomba Burung Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Go
Infotech, 21(2), 37–41.
Mafaja, K., & Husain, F.
(2019). Kelompok Kicau Mania, Kontes Burung dan Kesadaran Konservasi Burung
Kicau Di Kabupaten Blora. Journal of Education, Society and Culture, 8(1),
601–613. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/32622
Nugroho, A., & Kusuma, W.
A. (2018). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Bird Contest Kota Malang
Berbasis Android. SISTEMASI, 7(3), 212–219.
https://doi.org/10.32520/stmsi.v7i3.338
Nurdin, Nasihin, I., &
Guntara, A. Y. (2017). Pemanfaatan Keanekaragaman Jenis Burung Berkicau Dan
Upaya Konservasi Pada Kontes Burung Berkicau Di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Wanaraksa,
11(1), 1–5.
Purnama, C. (2016). Sistem
Informasi Manajemen (Pertama; C. Anam, ed.). Mojokerto: Insan Global.
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce
Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi (Pertama). Retrieved
from https://books.google.co.id/books?id=reFUDwAAQBAJ
Rusdiana, A., & Irfan, M.
(2014). Sistem Informasi Manajemen (Pertama; B. A. Saebani, ed.).
Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/8790/1/Buku Sistem Informasi
Manajemen.pdf
Sianipar, R. H. (2017). Dasar
Pemrograman JavaScript: Langkah Demi Langkah. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=hZ12DwAAQBAJ
Solichin, A. (2016). Pemrograman
Web dengan PHP dan MySQL (G. Brotosaputro, ed.). Jakarta: Budi Luhur.
Sukamto, R. A., &
Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berbasis
Objek). In Informatika Bandung (Keempat). Bandung: Informatika Bandung.
Sulistiono, H. (2018). Coding
Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=WpJuDwAAQBAJ
Supriyanta. (2015). Interaksi
Manusia dan Komputer (Pertama). Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=FriYDwAAQBAJ
Swara, G. Y., & Pebriadi,
Y. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web. Jurnal
TEKNOIF, 4(2), 27–39.