PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET KONTES BURUNG KICAU PADA GANTANGAN ALAMANDA REGENCY ENTERPRISE BERBASIS ¬WEB

research
  • 29 Aug
  • 2020

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET KONTES BURUNG KICAU PADA GANTANGAN ALAMANDA REGENCY ENTERPRISE BERBASIS ¬WEB

ABSTRAK

 

Gilang Puja Kusuma (11150430), Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kontes Burung Kicau Pada Gantangan Alamanda Regency Enterprise Berbasis Web.

 

Kontes burung berkicau adalah suatu perlombaan burung kicau dari semua jenis burung. Dengan kian maraknya hobi memelihara burung, telah berkembang pula kebiasaan kontes burung kicau di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya kota Bekasi terdapat wadah untuk para kicau mania yaitu Gantangan Alamnda Regency Enterprise. Kontes burung dijadikan sebagai ajang pembuktian bagi para pencinta burung dalam mengukur kualitasnya. Persainganpun dalam meraih peserta dalam gantangan semakin ketat, beberapa gantangan menggunakan media internet untuk memperkenalkan dan meningkatkan pelayanannya. Namun Gantangan Alamanda Regency dalam proses bisnisnya dalam pemesanan tiket masih manual, yaitu konsumen harus datang langsung untuk membeli tiket yang menyebabkan antrian diloket. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhan sistem informasi pemesanan tiket kontes berbasis web. Dalam perancangan ini penulis menggunakan metode waterfall model sehingga langkahnya lebih mudah dan alur logika pengembangan sistemnya lebih mudah dipahami. Hasilnya dengan menggunakan sistem ini, maka proses pemesanan tiket menjadi mudah karena konsumen tidak harus mengantri di loket dan membantu admin dalam pengelolaan event serta membuat laporan penjualan tiket kontes burung kicau menjadi mudah.

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. In Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Akdiatmojo, S. (2017). Panduan Menangkarkan Murai Batu (Pertama; U. Prastio, ed.). Jakarta Selatan: PT. AgroMedia Pustaka.

 

Akdiatmojo, S. (2018). Mencetak Murai Batu Juara Kontes Ala Mbof (Pertama; U. Prastio, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=E51aDwAAQBAJ

 

Enterprise, J. (2014). MySQL untuk Pemula. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=_ExJDwAAQBAJ

 

Faridl, M. (2015). Fitur Dahsyat Sublime Text 3. In Lug Stikom (Pertama). Retrieved from http://lug.stikom.edu/wp-content/media/Fitur-Dahsyat-Sublime-Text-3.pdf

 

Francisco, A. R. L. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tiket Konser Musik Pada Pt. Insan Karya Aruna Nusa (Motikdong.Com). AKRAB JUARA, 4(3), 11–20. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

 

Harianto, K., Pratiwi, H., & Suhariyadi, Y. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study (Lutfiah, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=VkOdDwAAQBAJ

 

Hermawan, Y. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web. Jurnal ECODEMICA, 2(3), 366–371. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/6067

 

Iskandar, J. (2014). Dilema Antara Hobi Dan Bisnis Perdagangan Burung Serta Konservasi Burung. Chimica et Natura Acta, 2(3), 180–185.

 

Iskandar, J., & Iskandar, B. S. (2015). Pemanfaatan anekaragam burung dalam kontes burung kicau dan dampaknya terhadap konservasi burung di alam: Studi kasus Kota Bandung, Jawa Barat. PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON, 1(4), 747–752. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010411

 

Khairi, & Aksad, H. (2016). Model Penunjang Keputusan Penentuan Juara Kontes Burung Menggunakan Metode Weighted Product. PROGRESIF, 12(2), 1387–1524.

 

Krisdian, Y., & Nugroho, E. C. (2015). Aplikasi Lomba Burung Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Go Infotech, 21(2), 37–41.

Mafaja, K., & Husain, F. (2019). Kelompok Kicau Mania, Kontes Burung dan Kesadaran Konservasi Burung Kicau Di Kabupaten Blora. Journal of Education, Society and Culture, 8(1), 601–613. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/32622

 

Nugroho, A., & Kusuma, W. A. (2018). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Bird Contest Kota Malang Berbasis Android. SISTEMASI, 7(3), 212–219. https://doi.org/10.32520/stmsi.v7i3.338

 

Nurdin, Nasihin, I., & Guntara, A. Y. (2017). Pemanfaatan Keanekaragaman Jenis Burung Berkicau Dan Upaya Konservasi Pada Kontes Burung Berkicau Di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Wanaraksa, 11(1), 1–5.

 

Purnama, C. (2016). Sistem Informasi Manajemen (Pertama; C. Anam, ed.). Mojokerto: Insan Global.

 

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi (Pertama). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=reFUDwAAQBAJ

 

Rusdiana, A., & Irfan, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen (Pertama; B. A. Saebani, ed.). Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/8790/1/Buku Sistem Informasi Manajemen.pdf

 

Sianipar, R. H. (2017). Dasar Pemrograman JavaScript: Langkah Demi Langkah. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=hZ12DwAAQBAJ

 

Solichin, A. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL (G. Brotosaputro, ed.). Jakarta: Budi Luhur.

 

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berbasis Objek). In Informatika Bandung (Keempat). Bandung: Informatika Bandung.

 

Sulistiono, H. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=WpJuDwAAQBAJ

 

Supriyanta. (2015). Interaksi Manusia dan Komputer (Pertama). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=FriYDwAAQBAJ

 

Swara, G. Y., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web. Jurnal TEKNOIF, 4(2), 27–39.