ABSTRAK
Lala Laelatu Sa’adah (11180837), Analisa Data Mining Terhadap Data
Penjualan Handphone Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori.
Data Mining digunakan untuk ekstraksi informasi penting yang tersembunyi
dari dataset yang besar. Dengan adanya data mining maka akan didapatkan suatu
permata berupa pengetahuan di dalam kumpulan data-data yang banyak jumlahnya.
PT. Becextech International merupakan perusahaan yang menjual berbagai macam
ponsel dan kamera. Dengan begitu banyaknya data transaksi yang terjadi setiap
harinya, PT. Bexectech International belum dikatakan tertata rapi dalam pengolahan
data penjualannya. Salah satu metode data mining yang paling cocok untuk
menentukan strategi penjualan ponsel yaitu dengan menggunakan algoritma
apriori. Algoritma Apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang
telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence
untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Dengan proses
tersebut maka nanti penjual mendapatkan nilai support dan nilai confidence merk
ponsel mana yang paling banyak terjual. Sehingga penjual dapat menyediakan stok
ponsel yang banyak terjual di bulan berikutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Badrul, M. (2016) Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma
Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol.XII, No.2,
124.
Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017).
Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori.
IJCIT, Vol.2, No.2, 32.
Putria,
N. E. (2018). Data Mining Penjualan
Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel. CBIS Journal, Vol.06, No.01, 33.
Sari, I. P., Fatkhiyah, E., &
Triyono, J. (2018). Data Mining Menggunakan
Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokan Produk yang
Paling Tidak Laku Terjual Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
(KOPMA UNY). Jurnal SCRIPT, Vol. 6, No.1, 56.
Simbolon, C. O. 2013. Analisa Data Penjualan
Obat
Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manan Simatupang Kisaran. Pelita
Informatika Budi Darma, Vol.IV, No.3, 55.
Siregar,
S. R. (2014). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Jumbo Travel Medan). Pelita
Informatika Budi Darma, Vol.VII, No.1, 153
Surmayanti., Marfalino, H., & Rahmi, A. (2015).
Penerapan Analysis Clustering Pada Penjualan Komputer dengan Perancangan
Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means (Study Kasus Toko Tri Buana
Komputer Kota Solok). Senatkom, Vol.1, 52-53.
Ummi, K. (2015).
Analisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: Di PT. IDK 1 MEDAN). CSRID Journal, Vol.8, No.3, 157.
Yetri, M., Yakun, S.,
& Elpandri. (2018) Data Mining Untuk
Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan
Algoritma Apriori. J-SISKO TECH, Vol.1, No.2, 115-116.
Yanto, R., &
Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori
dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Citec Journal, Vol.2, No.2,
102.