ANALISA DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN HANDPHONE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

research
  • 29 Aug
  • 2020

ANALISA DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN HANDPHONE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

ABSTRAK

 

 

Lala Laelatu Sa’adah (11180837), Analisa Data Mining Terhadap Data Penjualan Handphone Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori.

 

 

Data Mining digunakan untuk ekstraksi informasi penting yang tersembunyi dari dataset yang besar. Dengan adanya data mining maka akan didapatkan suatu permata berupa pengetahuan di dalam kumpulan data-data yang banyak jumlahnya. PT. Becextech International merupakan perusahaan yang menjual berbagai macam ponsel dan kamera. Dengan begitu banyaknya data transaksi yang terjadi setiap harinya, PT. Bexectech International belum dikatakan tertata rapi dalam pengolahan data penjualannya. Salah satu metode data mining yang paling cocok untuk menentukan strategi penjualan ponsel yaitu dengan menggunakan algoritma apriori. Algoritma Apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Dengan proses tersebut maka nanti penjual mendapatkan nilai support dan nilai confidence merk ponsel mana yang paling banyak terjual. Sehingga penjual dapat menyediakan stok ponsel yang banyak terjual di bulan berikutnya.

 

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA  

 

Badrul, M. (2016) Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol.XII, No.2, 124.

 

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT, Vol.2, No.2, 32.

 

Putria, N. E. (2018). Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel. CBIS Journal, Vol.06, No.01, 33.

 

Sari, I. P., Fatkhiyah, E., & Triyono, J. (2018). Data Mining  Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokan Produk yang Paling Tidak Laku Terjual Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (KOPMA UNY). Jurnal SCRIPT, Vol. 6, No.1, 56.

 

Simbolon, C. O. 2013. Analisa Data Penjualan Obat Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manan Simatupang Kisaran. Pelita Informatika Budi Darma, Vol.IV, No.3, 55.

 

Siregar, S. R. (2014). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Jumbo Travel Medan). Pelita Informatika Budi Darma, Vol.VII, No.1, 153

 

Surmayanti., Marfalino, H., & Rahmi, A. (2015). Penerapan Analysis Clustering Pada Penjualan Komputer dengan Perancangan Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means (Study Kasus Toko Tri Buana Komputer Kota Solok). Senatkom, Vol.1, 52-53.

 

Ummi, K. (2015). Analisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: Di PT. IDK 1 MEDAN). CSRID Journal, Vol.8, No.3, 157.

 

Yetri, M., Yakun, S., & Elpandri. (2018) Data Mining Untuk Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan Algoritma Apriori. J-SISKO TECH, Vol.1, No.2, 115-116.

 

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Citec Journal, Vol.2, No.2, 102.