Implementasi Data Mining Penjualan Obat dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Metode Algoritma Apriori.

research
  • 27 Aug
  • 2020

Implementasi Data Mining Penjualan Obat dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Metode Algoritma Apriori.

ABSTRAK

 

Nadya Febrianny Ulfha (11152833), Implementasi Data Mining Penjualan Obat dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Metode Algoritma Apriori.

 

PT. Kimia Farma adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri farmasi Indonesia, Kimia Farma sangat diperhitungkan kiprahnya khususnya dalam pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia. Dalam persaingan didunia bisnis, khususnya Apotek, para pengembang menemukan suatu strategi jitu yang dapat meningkatkan penjualan obat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan tetap tersediaannya berbagai jenis obat yang dibutuhkan oleh konsumen. Penerapan Algoritma Apriori dapat membantu dalam kandidat kombinasi item, jika memenuhi parameter support dan confidence maka hasil tersebut dapat membantu dalam pola pembelian obat.

 

Kata Kunci: Produk Obat, Penjualan, Algoritma Apriori

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Aditya, Marisa, F., & Purnomo, D. (n.d.). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM, (35), 1–5.

 

Arifa, A., Yudi, N., & Aknuranda, I. (2018). Analisis Variasi Proses Bisnis Manufaktur Dengan Menerapkan Process Mining, 2(12), 7097–7104.

 

Astuti, F. (2013). Data Mining. (P. Christian, Ed.).

 

Hutahaean, H., Sinaga, B., & Rajagukguk, A. (2016). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS : APOTIK DIORY FARMA ), 1(1), 7–13.

 

Kanti, S., & Eko, R. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN HANDPHONE OPPO STORE SDC TANGGERANG DENGAN ALGORITMA APPRIORI, (November), 1–2.

 

Kusrini, & Taufiq, E. (2009). Algoritma Data Mining. (T. A. Prabawati, Ed.). Andi Yogyakarta.

 

Maharani, Astuti, N., Silalahi, N., Darma, S., Mesran, Suginam, … Yuhandri. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENGATURAN LAYOUT MINIMARKET DENGAN MENERAPKAN ASSOCIATION RULE, 4(4), 6–11.

 

Nofriansyah, D. (2014). KONSEP DATA MINING VS SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN. deepublish.

 

Prasetyo, E. (2013). DATA MINING - Mengolah Data menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.

 

 

Sholik, M., & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas, 17(2), 158–170.

 

Silvi, D., & Warnilah, A. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, 2(2), 31–39.

 

Sujarweni, W. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. PUSTAKABARUPRESS.

 

Suyanto, D. (2018). DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI DAN KLASTERISASI DATA. Informatika Bandung.

 

Wahyuni, S., Suherman, & Portibi, L. (2018). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori, 5, 67–71.

 

Widayu, H., Darma, S., Silalahi, N., & Mesran. (2017). DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI JENIS TRANSAKSI NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA C4.5, 1(2), 32–37.

 

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, 102–113.