Stainle Josley Lodo (11140666)
“Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pada Lexus Indonesia
Menggunakan Metode Servqual”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1.
Mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Lexus
Indonesia. 2. Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan Lexus Indonesia. 3. Mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Lexus Indonesia. Sampel pada penelitian
ini sebanyak 149 pelanggan Lexus Indonesia dan teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan survei kuesioner, metode analisis yaitu uji
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji
t, uji F dan R square menggunakan SPSS
versi 22.0. Hasil uji pada penelitian menunjukan bahwa semua item valid dan
reliabel. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan mempunyai thitung yakni
5.204 dengan ttabel = 1.976, variabel kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan mempunyai thitung
yakni 9.205 dengan ttabel = 1.976. Hasil
uji F didapatkan nilai Fhitung 141.664 > Ftabel
3.058 dan nilai signifikan 0.000 < 0.005 berarti secara bersama-sama
(simultan) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Hasil R square
menunjukkan variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan memberikan
kontribusi sebesar 66 % terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan 34% dipengaruhi
oleh variabel lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan
Lexus Indonesia dipengaruhi oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan.
Kualitas produk dan kualitas pelayanan merupakan faktor yang harus lebih
ditingkatkan lagi demi mencapai kepuasan pelanggan yang akan membantu Lexus
Indonesia dalam mencapai tujuan perusahaan.
Alfikri. 2017. “Analisa Kualitas Pelayanan Yang Berpengaruh
Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Keluarga Kita Menggunakan Metode Servqual.”
Amalia, Rizky Multi and Dwi Yuni Utami. 2018. “Pemberian
Reward Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Ahp Pada Pt.
Anugerah Protecindo.” JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer)
3(2):181–88.
Desi Ratnasari, Edi Wibowo dan Sari Utami. 2016. “3) 1,2,3).”
77–83.
Frieyadie, Dewi Alramuri 2017. 2017. “IMPLEMENTASI METODE
FUZZY SERVQUAL UNTUK MENILAI PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN.” 14(2):111–16.
ghozali. 2015. “No Title.” 36–49.
Ghozali, Imam. 2012. “Analisis Multivariate Dengan Program
IBM Spss.” Articel 3.
Hadiwidjaja, Reymond Setiabudi and Diah Dharmayanti. 2015.
“Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas
Pelanggan Starbucks Coffee Di Surabaya Town Square.” Jurnal Manajemen
Pemasaran 2(2).
Oktaviani, K. 2017. “Pengaruh Pemeriksaan Pajak Dan Dan
Penagihan Pajak Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak (Studi Pada KPP Pratama
Bandung Cibeunying Periode 2013-2015).” 37–63.
Ratnawati, Desi. 2016. “3) 1,2,3).” 77–83.
Ridlo, Rochyan, Rien Rizqy, and Aziz Fathoni. 2016. “PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen PT.
Graha Service Indonesia Cabang Semarang).” 2(2).
Rosmita. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi Dan
Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bintang Mandiri Finance Jawa
Barat.” III(2):516–28.
Saryoko, Andi. 2016. “Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap
Pembelian Tiket Kereta Api Secara Online.” Konferensi Nasional Ilmu
Pengetahuan Dan Teknologi 2(1):1-INF.6.
Sikumbang, Erma Delima. 2017. “DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL.”
III(1):37–43.
Sugiyono. 2013. “Vina Yuliana, 2013 KAJIAN TENTANG PROGRAM
‘UJIAN KADER’ PADA PARTAI GOLKAR DALAM MENINGKATKAN ETIKA POLITIK Universitas
Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edus.” 43–57.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Sugiyono 2014.” 77–109.
Yola, Melfa and Duwi Budianto. 2013. “Analisis Kepuasan
Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan
Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA).” Optimasi Sistem
Industri 12(12):301–9.
Alfikri. 2017. “Analisa Kualitas Pelayanan Yang Berpengaruh Terhadap
Kepuasan Pasien Klinik Keluarga Kita Menggunakan Metode Servqual.”
Amalia, Rizky Multi and Dwi Yuni Utami. 2018. “Pemberian
Reward Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Ahp Pada Pt.
Anugerah Protecindo.” JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer)
3(2):181–88.
Desi Ratnasari, Edi Wibowo dan Sari Utami. 2016. “3) 1,2,3).”
77–83.
Frieyadie, Dewi Alramuri 2017. 2017. “IMPLEMENTASI METODE
FUZZY SERVQUAL UNTUK MENILAI PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN.” 14(2):111–16.
ghozali. 2015. “No Title.” 36–49.
Ghozali, Imam. 2012. “Analisis Multivariate Dengan Program
IBM Spss.” Articel 3.
Hadiwidjaja, Reymond Setiabudi and Diah Dharmayanti. 2015.
“Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas
Pelanggan Starbucks Coffee Di Surabaya Town Square.” Jurnal Manajemen
Pemasaran 2(2).
Oktaviani, K. 2017. “Pengaruh Pemeriksaan Pajak Dan Dan
Penagihan Pajak Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak (Studi Pada KPP Pratama
Bandung Cibeunying Periode 2013-2015).” 37–63.
Ratnawati, Desi. 2016. “3) 1,2,3).” 77–83.
Ridlo, Rochyan, Rien Rizqy, and Aziz Fathoni. 2016. “PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen PT.
Graha Service Indonesia Cabang Semarang).” 2(2).
Rosmita. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi Dan
Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bintang Mandiri Finance Jawa
Barat.” III(2):516–28.
Saryoko, Andi. 2016. “Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap
Pembelian Tiket Kereta Api Secara Online.” Konferensi Nasional Ilmu
Pengetahuan Dan Teknologi 2(1):1-INF.6.
Sikumbang, Erma Delima. 2017. “DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL.”
III(1):37–43.
Sugiyono. 2013. “Vina Yuliana, 2013 KAJIAN TENTANG PROGRAM
‘UJIAN KADER’ PADA PARTAI GOLKAR DALAM MENINGKATKAN ETIKA POLITIK Universitas
Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edus.” 43–57.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Sugiyono 2014.” 77–109.
Sujarweni, V Wiratna. 2015. Metodologi
Penelitian-Bisnis & Ekonomi. PT Pustaka Baru, Yogyakarta.
Yola, Melfa and Duwi Budianto. 2013. “Analisis Kepuasan
Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan
Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA).” Optimasi Sistem
Industri 12(12):301–9.