ANIMASI INTERAKTIF MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

research
  • 27 Aug
  • 2020

ANIMASI INTERAKTIF MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

Yoga Satria Maharddhika (11152630), Animasi Interaktif  Sistem Pencernaan Pada Manusia

Komputer merupakan suatu peralatan yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya dibidang pendidikan. Animasi interaktif merupakan media pembelajran yang cukup popular saat ini. Penyampaian yang lebih interaktif serta memiliki nilai seni kreatif tinggi dalam menyampaian materi,menjadikan pengarung yang signifikan dibandingkan dengan menyampaikan secara manual. Pembuatan animasi interaktif sistem pencernaan pada manusia, bertujuan untuk menambah sarana pembelajaran bagi siswa atau siswi agar minat belajarnya lebih giat. Program animasi interaktif yang dibangun dengan konsep pembelajaran pada SDN 010 Pagi Kembangan Utara dalam pelajaran IPA, salah satunya sistem pencernaan pada manusia. metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan animasi interaktif adalah dengan observasi secara langsung terhadap kegiatan belajar mengajar dari sudut pandang guru dan siswa guna mendapatkan gambaran yang optimal. Dalam program animasi interaktif ini terdapat proses-proses pembelajaran mengenal sistem pencernaan pada manusia dengan dukungan tombol interaktif, gambar-gambar yang menarik serta audio untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap isi materi, dan di lengkapi latihan soal. Dengan animasi interaktif ini diharapkan membuat siswa merasa nyaman dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.



Unduhan

  • 11152630__894775.pdf

    ANIMASI INTERAKTIF MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

    •   diunduh 205x | Ukuran 446 KB

 

REFERENSI

 

Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysi s. Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol.03, No.02, Januari 2018 ISSN: 2477-5126 E-ISSN: 2548-9356, 03(02), 45–48.


 


 


Khairani, 2016; Ahern, 2016. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2, 2017, Hal 177 - 186 P-ISSN 2086-5872 E-ISSN 2540-7562, 177–186.


 


 


Kuryanti, S. J., & (2014), A. (2015). Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu Dan Sholat Wajib. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 199–207. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1668


 


 


Lestari, K. D., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan Modul Ajar Storyboard Berbasis Project Based Learning Untuk Siswa Kelas XI Multimedia Di SMK TI Bali Global Singaraja. ISSN 2252-9063 Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 8, Nomor 2, 2019, 8.


 


 


Makhraj, H., Hompu, U. H. La, Yamin, M., & Sagala, L. O. H. S. (2016). Multimedia pembelajaran interaktif. semanTIK, Vol.2, No.2, Jul-Des 2016, Pp. 103-114 ISSN : 2502-8928 (Online), 2(2), 103–114.


 


 


Mustarin, A., Arfyansah, R., & Muh.Rais. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ATPH PADA MATA PELAJARAN ALAT DAN MESIN PERTANIAN DI SMKN 4 JENEPONTO. 5, 1–8.


 


 


Nabila, A. A., & Arief Budiman, S.Sn, M. S. (2018). PERAN STORYBOARD ARTIST DALAM PERANCANGAN STORYBOARD PADA ANIMASI PENDEK 2D RADIO MALABAR THE ROLE OF STORYBOARD ARTIST IN STORYBOARD DESIGN OF SHORT ANIMATION 2D RADIO MALABAR. ISSN : 2355-9349 E-Proceeding of Art & Design : Vol.5, No.3 Desember 2018 | Page 2097, 5(3), 2097–2103.


 


 


Sanjaya, A., & Suyanto, M. (2016). ANALISIS PERUBAHAN BENTUK KARAKTER SON GOKU DALAM FILM. ISSN : 2302-3805, 6–7.


 


 


Sommerville, I. (2016). TENTH edition Tenth Edition.


 


 


Surjono. (2014). PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SENTENCES PADA MATA KULIAH BASIC WRITING DI STKIP GARUT. 110–123.