ABSTRAKSI
Ikhsan Mahmud Genedi (11180158), Pengenalan Objek Wisata
Monumen Nasional ( Monas )
Monumen Nasional
atau yang sering disebut Monas merupakan suatu monumen yang berada di Daerah
Ibu Kota Jakarta, yang berbentuk tugu dan ukuran ketinggiannya mencapai 132
meter, dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 atas perintah presiden Soekarno,
kemudian diresmikan dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Tugu ini memiliki
mahkota yang berlapis emas, dan dibuat sebagai tanda peringatan perjuangan dari
bangsa Indonesia yang berhasil mendapatkan kemerdekaannya setelah melalui
perjuangan yang sangat berat melawan pemerintahan kolonial Belanda. Untuk
menumbuhkan minat masyarakat agar lebih tertarik untuk berwisata ke Monas di
perlukan adanya promosi yang menarik. Saat ini sudah ada media-media pengenalan
tentang Monas, akan tetapi agar lebih menarik dan edukatif jika media
pengenalan dibuat secara interaktif. Selain menumbuhkan minat masyarakat media
pengenalan tersebut dapat memberikan informasi terhadap masyarakat yang belum
berkesempatan untuk mengunjungi Monas, terutama masyarakat yang berada di luar
Jakarta. Animasi merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk berbagai
keperluan, salah satunya adalah media pengenalan objek wisata Monument Nasional
(Monas). Penggunaan media ini dalam
proses pengenalan dapat memotivasi anak dan meningkatkan pengetahuan. Perangkat
lunak yang digunakan untuk animasi media pengenalan adalah Adobe Flash CS4.
ABSTRACT
Ikhsan Mahmud Genedi (11180158), Introduction to Attractions
National Monument
(Monas)
The National Monument or often
called Monas is a monument in the Capital Region of Jakarta, which is in the
form of a monument and measures 132 meters in height, built on August 17, 1961
at the behest of President Soekarno, then opened and opened to the public on
July 12, 1975. This monument has a gold-plated crown, and was made as a warning
sign of the struggle of the Indonesian people who succeeded in gaining
independence after going through a very heavy struggle against the Dutch colonial
government. To foster the interest of the community to be more interested in
traveling to Monas, there is a need for attractive promotions. At present there
are media introductions about Monas, but to make them more interesting and
educative if the media introduction is made interactively. In addition to
fostering the interest of the public, the introduction media can provide
information to people who have not had the opportunity to visit Monas,
especially those outside Jakarta. Animation is a technology that can be used
for various purposes, one of which is the introduction of the National Monument
(Monas) tourist attraction. The use of this media in the introduction process
can motivate children and increase knowledge. The software used for media recognition
animation is Adobe Flash CS4.
Keywords:
Animation, Media Introduction, Attractions, Monas
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
Skripsi_ABSTRAKSI.pdf
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Agustina,
N. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Dalam Pembelajaran Dengan
Media Animasi Nani. Form, Function, and Ligament Reconstruction
(Vol. 4). Retrieved from
http://books.google.com/books?id=DHXDe6xq-hYC&printsec=frontcover&dq=inauthor:werner+mueller+(1983+intitle:knee)&hl=&cd=1&source=gbs_api%0Apapers3://publication/uuid/F20E3ACA-4E8B-4D5B-9EA2-3A846DD22C2F
Binanto, I. (2010). Multimedia.pdf.
Cahyo
Hakim, F., & Yulianto, L. (2015). Pengenalan Wisata Pancer Door Dengan
Animasi 3 Dimensi. Dialogue : A Journal of Mormon Thought (Vol. 48).
Retrieved from
http://search.proquest.com/docview/1781644205?accountid=6802%5Cnhttp://snu-primo.hosted.exlibrisgroup.com/openurl/82SNU/SNU_SERVICES_PAGE??url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=unknown&sid=ProQ:ProQ%3Areligion&atitle=Spring+Hi
Darmawan,
H., & Sofica, V. (2017). Animasi Interaktif Pengenalan Lambang Negara
Indonesia Garuda Pancasila (Vol. 1).
Dinas, P.,
Kabupaten, P., & Irawan, D. (2015). Animasi 3Dimensi Objek Wisata banyu
anget di Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan, 12(1), 46–50.
Enterprise, J. (2010). photoshop.pdf.
Hasanah,
N., Sutisna, H., & Apriyani, Y. (2014). Perancangan Media Pembelajaran
Interaktif Pengenalan Tokoh Pahlawan.
K, I., & Paratama, W.
(2015). ADOBE FLASH.pdf.
Maturidi, A. D. (2014).
whitebox.pdf.
Ridoi, M. S. S. (2018). Story
board.pdf.
Rosmiati,
M., & Atmaja, R. S. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan
Pahlawan Nasional Berbasis Android. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi Komputer.
Sejarah,
P., Pada, W., & Aulia, S. D. S. (2018). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENGENALAN TOKOH DAN PENINGGALAN SEJARAH WALISONGO PADA SDS AULIA (Vol. 3).
Setiadi,
A. (2013). Animasi Interaktif Pengenalan Objek Wisata Di D.I. Yogyakarta.
Khasanah Ilmu (Vol. IV).
Sudjarwo. (2013). Sepeda
Motor.pdf.
Supiyono. (2018).
keselamatan.pdf.
Susanto,
W. E. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Museum Batik Sebagai Media
Pembelajaran (Vol. 4).
Susliansyah,
S., Saepudin, A., & Aria, R. R. (2017). Rancang Bangun Animasi
Pengenalan Museum Sejarah Jakarta Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik
Komputer (Vol. 3). https://doi.org/10.31294/JTK.V3I2.1905
Wardijono,
B. A., Hendajani, F., Sudiro, S. A., & Ramadhani, A. I. (2015). Pengembangan
Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan
Teknologi Virtual Reality Berbasis Web. Seminar Nasional Sains dan
Teknologi.