ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 34 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE TAM

research
  • 27 Aug
  • 2020

ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 34 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE TAM

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer yang sangat cepat memberikan kemudahan bagi masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan yang sudah menggunakan sistem E-Learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan sistem E-Learning terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 34 Jakarta menggunakan metode TAM. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 34 Jakarta pada tahun ajaran 2018/2019 dengan mengambil sampel responden berjumlah 90 siswa. Berdasarkan analisis koefisien korelasi variabel kemudahan penggunaan (X1) mempunyai nilai sebesar 0,288 dan variabel penggunaan (X2) mempunyai nilai sebesar 0,278 bahwa penggunaan sistem E-Learning memiliki pengaruh sebesar 14,13% terhadap hasil belajar siswa (Y) dan sisanya sebesar 85,87% ditentukan oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka dapat diputuskan hipotesis (Ha) adanya pengaruh penggunaan sistem E-Learning terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 34 Jakarta diterima dan Ho ditolak.

 

Unduhan

  • 11152935_11_8AB_07_592521.pdf

    ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 34 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE TAM

    •   diunduh 412x | Ukuran 292 KB

 

REFERENSI


Agustina, N. (2015). Simpan Pinjam Dengan Metode Technology Acceptance Model. Pilar Nusa Mandiri, XI(2), 171–178.


Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra, 09(01), 1–13.


Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


Hermawan, A., & Husna, L. Y. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: KENCANA.


Ibrahim, D. S., Suardiman, S. P., & Yogyakarta, U. N. (2014). the Effects of the Use of E-Learning on the Learning Motivation Andachievement in Mathematics. 2, 66–79.


Indarti. (2014). Implementasi E-learning dengan Metode Asynchronous untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran dengan Pendekatan Tam Studi Kasus pada Smk Insan Kreatif. Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 30–39. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/227538/implementasi-e-learning-dengan-metode-asynchronous-untuk-meningkatkan-motivasi-p


Kurniasari, P. (2018). ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA PERCEIVED ANALYSIS OF USEFULNESS AND EASINESS TOWARD BEHAVIOR INTENTION OF USING TRANSPORTATION ONLINE APPLICATION ON. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(2), 129–136.


Mahendra, I. (2015). Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi Pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri2, XI, No. 1(1978–1946), 70–80. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/139/126


Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, E. (2016). Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2),


Oktofiyani, R., Nurmalasari, & Anggraeni, W. (2016). Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam)Study Kasus Siswa/I Kelas X Di Smu Negeri 92 Jakarta. Jurnal Pilar Nusa Mandiri2, Vol. XII.(1), 46–53. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/78


Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis (1st ed.). Yogyakarta: ANDI.


Saebani, B. A., & Sutisna, Y. (2018). Metode Penelitian (Edisi Revisi). Bandung: CV Pustaka Setia.


Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Jakarta: Sirkulasi Kencana


Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung