PENERAPAN METODE DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN SPAREPART MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

research
  • 27 Aug
  • 2020

PENERAPAN METODE DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN SPAREPART MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI


Lestari Eva Kristina (11152929), Penerapan Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Motor Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

Saat ini pertumbuhan penjualan motor di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, setiap motor membutuhkan pemeliharaan terutama pada suku cadang motor tersebut. Ada beberapa suku cadang yang mengalami penggantian secara berkala. Oleh karena itu, PT. Yamaha Harapan Motor Sejahtera Cabang IV mengambil strategi untuk menjual suku cadang yang penjualannya belum mencapai target ini bisa laku terjual bersamaan dengan barang suku cadang motor yang sering terjual. Strategi ini dapat diterapkan dengan mengetahui pola pembelian suku cadang untuk memperoleh pola pembelian dengan data mining. Salah satunya dengan melakukan keranjang belanja dimana proses ini menganalisis kebiasaan konsumen dengan menemukan asosiasi antar item-item yang berbeda ke dalam keranjang belanja. Metodologi dasar analisis asosiasi terbagi menjadi dua tahap: pertama, tahap analisis pola Frekuensi Tinggi, tahap ini mencari kombinasi item yang memenuhi syarat minimum dari nilai support (nilai penunjang). Kedua, tahap pembentukan aturan asosiasi, setelah semua pola frekuensi tinggi ditemukan, barulah dicari aturan asosiastif yang memenuhi syarat minimum untuk confidence dengan menghitung confidence aturan asosiatif A®B. Setelah melakukan pengujian dengan cara perhitungan manual dan perhitungan menggunakan software Tanagra Versi 1.4, dapat diketahui bahwa hasil yang diperoleh dari perhitungan manual tidak jauh berbeda dengan perhitungan menggunakan software Tanagra Versi 1.4 sehingga secara umum software telah bekerja dengan baik karena proses perhitungan telah sesuai dengan yang diharapkan.


Unduhan

  • 11152929_11_8AA_07_472590.pdf

    PENERAPAN METODE DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN SPAREPART MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

    •   diunduh 763x | Ukuran 272 KB

 

REFERENSI


Aristóteles. (2018). Sejarah Singkat Perusahaan PT. Yamaha Indonesia Motor Tahun. Sejarah Singkat Perusahaan PT. Yamaha Indonesia Motor Tahun, 52(1), 19.


 


Bahtiar, S., Saputra, A., Dwiana, R., Dewi, W., Oktaviani, N., Isnaeni, R. D., & Astuti, T. (2016). Implementasi Data Mining Algoritme Apriori pada Penjualan Suku Cadang Motor. Citisee, 23–24.


 


Dahria, M., Jaya, H., Ikhsan, M., Informasi, S., Dharma, S., Informasi, S., & Dharma, S. (2015). DATA MINING PENGOLAHAN DATA SUKU CADANG MOTOR DENGAN TEKNIK ASSOCIATION RULE, 158–166.


 


Deddy, Dyas; Rita, A. (2016). PENGARUH KOMITE AUDIT, KEPEMILIKAN


INSTITUSIONAL. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666


 


Haryanto, D., Oslan, Y., & Dwiyana, D. (2018). Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor. Jurnal Buana Informatika, 2(2), 81–94. https://doi.org/10.24002/jbi.v2i2.311


 


Hidayat, A. Z. (2017). Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Strategi


Penjualan pada Rumah Makan “Dapoer Emak” Pati.


 


Kusumo, D. S., Bijaksana, M. A., & Darmantoro, D. (2019). Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada Rdbms Oracle. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, Dan Elektronika, 8(1), 1–5. https://doi.org/10.25124/tektrika.v8i1.215


 


Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori. Prosiding SINTAK 2017, 2(2), 31–39.


 


Sholik, M., & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno.Com, 17(2), 158– 170.


 


Widayu, H., Darma, S., Silalahi, N., & Mesran. (2017). Data Mining Untuk Memprediksi Jenis Transaksi Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan Algoritma C4.5. Issn 2548-8368, Vol 1, No(June), 7.


 


Yanto, R., & Khoiriah, R. (2018). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative Information Technology Journal, 2(2), 102. https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41