Padang
Golf Halim I tergolong lapangan golf yang sudah lama berdiri dan masih tetap
menjadi pilihan para pemain golf. Lapangan ini merupakan salah satu lapangan
untuk penyelenggaraan berbagai turnamen nasional dan internasional. Oleh karena
itu, kualitas layanan menjadi faktor utama untuk meningkatkan kepuasan
pelanggan. Dengan membuat strategi meningkatkan kepuasan dan loyalitas
pelanggan yang tepat dan menerapkannya pada klub golf ini. Hal ini dikarenakan
segmentasi pasar dari pelanggan golf merupakan kalangan atas atau eksekutif.
Dengan masalah diatas merupakan hal yang sangat penting untuk di analisis, agar
dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Dalam
penelitian ini menggunakan uji validitasi dan reliabelitas menggunakan Software SPSS. Hasil dari validitasi
100% dan uji reliabelitasi 100%. Dalam penelitian yang di lakukan pada PT.
Padang Golf Halim I, terdapat beberapa kriteria, yaitu : bukti fisik (tangibles), perhatian (emphaty), kehandalan (realibility), daya tanggap (responsive), ketepatan (assurance). Dari kriteria tersebut
terdapat 23 atribut pertanyaan. Hasil dari pengolahan data ini, yaitu: Kuadran
I (Prioritas Utama), atribut ini prioritas utama untuk segera dilakukan
perbaikan oleh perusahaan. Atribut yang termasuk didalamnya: atribut pertanyaan
16. Kuadran II
(Pertahankan Prestasi), Atribut yang termasuk didalamnya: 1, 2, 4, 10, 11, 12,
14, 20, 21. Kuadran III (Prioritas Rendah), atribut yang termasuk didalamnya:
5, 6, 7, 8, 9, 13, 15, 17, 18, 19, 22, 23. Kuadran IV (Berlebihan), atribut
yang termasuk didalamnya: 3, 6, 15.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Metode Importance
Performance Analysis,