Analisa Kepuasan Layanan Pelanggan Dengan Metode Importance Performance Analysis Pada Padang Golf Halim 1

research
  • 27 Aug
  • 2020

Analisa Kepuasan Layanan Pelanggan Dengan Metode Importance Performance Analysis Pada Padang Golf Halim 1

ABSTRAK

 

 

 

Melinda Puspa Dewi (11150661), Analisa Kepuasan Layanan  Pelanggan Dengan Metode Importance Performance Analysis Pada Padang Golf Halim 1

Padang Golf Halim I tergolong lapangan golf yang sudah lama berdiri dan masih tetap menjadi pilihan para pemain golf. Lapangan ini merupakan salah satu lapangan untuk penyelenggaraan berbagai turnamen nasional dan internasional. Oleh karena itu, kualitas layanan menjadi faktor utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan membuat strategi meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang tepat dan menerapkannya pada klub golf ini. Hal ini dikarenakan segmentasi pasar dari pelanggan golf merupakan kalangan atas atau eksekutif. Dengan masalah diatas merupakan hal yang sangat penting untuk di analisis, agar dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Dalam penelitian ini menggunakan uji validitasi dan reliabelitas menggunakan Software SPSS. Hasil dari validitasi 100% dan uji reliabelitasi 100%. Dalam penelitian yang di lakukan pada PT. Padang Golf Halim I, terdapat beberapa kriteria, yaitu : bukti fisik (tangibles), perhatian (emphaty), kehandalan (realibility), daya tanggap (responsive), ketepatan (assurance). Dari kriteria tersebut terdapat 23 atribut pertanyaan. Hasil dari pengolahan data ini, yaitu: Kuadran I (Prioritas Utama), atribut ini prioritas utama untuk segera dilakukan perbaikan oleh perusahaan. Atribut yang termasuk didalamnya: atribut pertanyaan

16.  Kuadran II (Pertahankan Prestasi), Atribut yang termasuk didalamnya: 1, 2, 4, 10, 11, 12, 14, 20, 21. Kuadran III (Prioritas Rendah), atribut yang termasuk didalamnya: 5, 6, 7, 8, 9, 13, 15, 17, 18, 19, 22, 23. Kuadran IV (Berlebihan), atribut yang termasuk didalamnya: 3, 6, 15.

 

 

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Metode Importance Performance Analysis,

IPA, Golf

Unduhan

 

REFERENSI