ABSTRAK
Muhammad Kholiq (11150253), Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis
Web Pada PT. HFSA Tangerang
PT. Henkel Footwear and Speciality Adhesives (HFSA)
Tangerang adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri teknologi perekat.
Dalam menunjang proses bisnis perusahaan, PT. HFSA Tangerang menggunakan sistem
komputer dan terdapat divisi IT yang menangani berbagai permasalahan berkaitan
dengan teknologi informasi. Proses manajemen permasalahan masih menggunakan
pencatatan manual, sehingga terdapat kendala antar teknisi atau resolver team dalam menangani permasalahan. Dengan metode menual, penyajian
laporan juga tidak bisa dilakukan secara cepat. Sehingga untuk mempermudah
divisi IT dalam mengelola permasalahan yang masuk, maka dibutuhkan sistem yang
dapat menangani kebutuhan tersebut. Sistem informasi helpdesk ticketing berbasis web
dapat diakses menggunakan web browser dari
berbagai sistem operasi. Model pengembangan yang digunakan dalam perancangan
sistem informasi helpdesk ticketing
ini adalah RAD (Rapid Application
Development) yang terdiri dari beberapa tahapan. Tujuan dari penelitian ini
adalah sistem helpdesk ticketing
berbasis web yang diaplikasikan dapat
bermanfaat bagi karyawan PT. Henkel Footwear and Speciality Adhesives (HFSA)
Tangerang, terutama divisi IT dalam mengelola incident ticket.
ABSTRACT
Muhammad Kholiq (11150253), The Design of Web-Based
Ticketing Helpdesk Information System at PT. HFSA Tangerang
PT. Henkel Footwear and Specialty Adhesives
(HFSA) Tangerang is a company engaged in the adhesive technology industry. In
supporting the company's business processes, PT. HFSA Tangerang uses a computer
system. IT division handles various issues related to information technology.
The problem management process still uses manual recording, so there are
obstacles between the technicians or the resolver team in handling the problem.
With the manual method, the presentation of the report also cannot be done
quickly. So as to facilitate the IT division in managing incoming problems, a
system that can handle those needs is needed. The web-based ticketing helpdesk
information systems can be accessed using a web browser from various operating
systems. The development model used in the design of the helpdesk ticketing
information system is RAD (Rapid Application Development) which consists of
several stages. The purpose of this research is a web-based ticketing helpdesk
system that is applied can benefit PT. Henkel Footwear and Specialty Adhesives
(HFSA) Tangerang, especially the IT division in managing incident tickets.
Key Word: Information System, Helpdesk,
Ticketing, Web-Based
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Ayu, F., & Permatasari, N.
(2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PRAKTEK KERJA LAPANGAN
(PKL) PADA DEVISI HUMAS PT. PEGADAIAN. 2(2), 12–26.
BMC
Remedy. (n.d.). Retrieved July 7, 2019, from 2005 website:
http://www.remedy.com
Delia,
M., & Andi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk ( a-Desk ) Berbasis
Web Menggunakan Framework Laravel ( Studi Kasus Di Pdam Surya Sembada Kota
Surabaya ). Jurnal Manajemen Informatika, 8(02), 75–81.
Helpdesk
Management Software World. (n.d.). Retrieved July 7, 2019, from 2015 website:
http://www.help-desk-world.com
Heriyanto,
Y. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA
PT.APM RENT CAR. 2(2), 64–77.
HUTAHAEAN,
J. (2017). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan
(Vol. 3).
Irawan,
A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan
Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi pt. Indah
kiat pulp & paper tbk. Jurnal ProTekInfo, 4.
MADCOMS. (2016). Sukses Membangun
Toko Online dengan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi.
Munawar.
(2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML.
Nurdam,
N. (2014). Sequence Diagram Sebagai Perkakas Perancangan Antarmuka Pemakai.
VI(1), 21–25.
Sipayung,
E. M., Fiarni, C., & Aditya, E. (2017). Perancangan Sistem Informasi
Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan
Teknologi Informasi (JNTETI), 6(2).
https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i2.308
Soepomo,
P. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY SPARE PART ELEKTRONIK
BERBASIS WEB PHP. 2, 256–265.
Suendri.
(2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan
Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN
Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1),
1–9.
Suhud,
& Fitriansyah, A. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Pembuatan Batik
Banten Pada Pt . Batik Banten Mukarnas Berbasis Multimedia. Jurnal PROSISKO,
4(1), 48–52.
TechTarget.
(n.d.). Search Customer Experience. Retrieved July 7, 2019, from 2019 website: http://searchcrm.techtarget.com/definition/trouble-ticket
Yurindra. (2017). Software
Engineering. Yogyakarta: Deepublish.