Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web Pada PT. HFSA Tangerang

research
  • 27 Aug
  • 2020

Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web Pada PT. HFSA Tangerang

ABSTRAK

 

 

 

Muhammad Kholiq (11150253), Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web Pada PT. HFSA Tangerang

 

 

 

PT. Henkel Footwear and Speciality Adhesives (HFSA) Tangerang adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri teknologi perekat. Dalam menunjang proses bisnis perusahaan, PT. HFSA Tangerang menggunakan sistem komputer dan terdapat divisi IT yang menangani berbagai permasalahan berkaitan dengan teknologi informasi. Proses manajemen permasalahan masih menggunakan pencatatan manual, sehingga terdapat kendala antar teknisi atau resolver team dalam menangani permasalahan. Dengan metode menual, penyajian laporan juga tidak bisa dilakukan secara cepat. Sehingga untuk mempermudah divisi IT dalam mengelola permasalahan yang masuk, maka dibutuhkan sistem yang dapat menangani kebutuhan tersebut. Sistem informasi helpdesk ticketing berbasis web dapat diakses menggunakan web browser dari berbagai sistem operasi. Model pengembangan yang digunakan dalam perancangan sistem informasi helpdesk ticketing ini adalah RAD (Rapid Application Development) yang terdiri dari beberapa tahapan. Tujuan dari penelitian ini adalah sistem helpdesk ticketing berbasis web yang diaplikasikan dapat bermanfaat bagi karyawan PT. Henkel Footwear and Speciality Adhesives (HFSA) Tangerang, terutama divisi IT dalam mengelola incident ticket.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

 

Muhammad Kholiq (11150253), The Design of Web-Based Ticketing Helpdesk Information System at PT. HFSA Tangerang

 

 

 

PT. Henkel Footwear and Specialty Adhesives (HFSA) Tangerang is a company engaged in the adhesive technology industry. In supporting the company's business processes, PT. HFSA Tangerang uses a computer system. IT division handles various issues related to information technology. The problem management process still uses manual recording, so there are obstacles between the technicians or the resolver team in handling the problem. With the manual method, the presentation of the report also cannot be done quickly. So as to facilitate the IT division in managing incoming problems, a system that can handle those needs is needed. The web-based ticketing helpdesk information systems can be accessed using a web browser from various operating systems. The development model used in the design of the helpdesk ticketing information system is RAD (Rapid Application Development) which consists of several stages. The purpose of this research is a web-based ticketing helpdesk system that is applied can benefit PT. Henkel Footwear and Specialty Adhesives (HFSA) Tangerang, especially the IT division in managing incident tickets.

 

Key Word: Information System, Helpdesk, Ticketing, Web-Based 

 

 

Unduhan

  • DAFTAR ISI.pdf

    Skripsi_DAFTAR ISI.pdf

    •   diunduh 249x | Ukuran 100 KB
  • DAFTAR PUSTAKA.pdf

    Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

    •   diunduh 148x | Ukuran 150 KB

 

  • ABSTRAK.pdf

    Skripsi_ABSTRAK.pdf

    •   diunduh 295x | Ukuran 97,002
  • cover.pdf

    Skripsi_cover.pdf

    •   diunduh 121x | Ukuran 14,967

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA DEVISI HUMAS PT. PEGADAIAN. 2(2), 12–26.

 

BMC Remedy. (n.d.). Retrieved July 7, 2019, from 2005 website: http://www.remedy.com

 

Delia, M., & Andi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk ( a-Desk ) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel ( Studi Kasus Di Pdam Surya Sembada Kota Surabaya ). Jurnal Manajemen Informatika, 8(02), 75–81.

 

Helpdesk Management Software World. (n.d.). Retrieved July 7, 2019, from 2015 website: http://www.help-desk-world.com

 

Heriyanto, Y. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA PT.APM RENT CAR. 2(2), 64–77.

 

HUTAHAEAN, J. (2017). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan (Vol. 3).

 

Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi pt. Indah kiat pulp & paper tbk. Jurnal ProTekInfo, 4.

 

MADCOMS. (2016). Sukses Membangun Toko Online dengan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi.

 

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML.

 

Nurdam, N. (2014). Sequence Diagram Sebagai Perkakas Perancangan Antarmuka Pemakai. VI(1), 21–25.

 

Sipayung, E. M., Fiarni, C., & Aditya, E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(2). https://doi.org/10.22146/jnteti.v6i2.308

 

Soepomo, P. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY SPARE PART ELEKTRONIK BERBASIS WEB PHP. 2, 256–265.

 

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.

 

Suhud, & Fitriansyah, A. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Pembuatan Batik Banten Pada Pt . Batik Banten Mukarnas Berbasis Multimedia. Jurnal PROSISKO, 4(1), 48–52.

 

TechTarget. (n.d.). Search Customer Experience. Retrieved July 7, 2019, from 2019 website: http://searchcrm.techtarget.com/definition/trouble-ticket

 

Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.