ANIMASI EDUKASI INTERAKTIF UNTUK MENGETAHUI ASPEK KOGNITIF PADA SISWA KELOMPOK B TKIT CITRA AZ-ZAHRA JOGLO

research
  • 26 Aug
  • 2020

ANIMASI EDUKASI INTERAKTIF UNTUK MENGETAHUI ASPEK KOGNITIF PADA SISWA KELOMPOK B TKIT CITRA AZ-ZAHRA JOGLO

ABSTRAK

 

Tedi Julianto (11151325), Animasi Edukasi Interaktif Untuk Mengetahui Aspek Kognitif Pada Siswa Kelompok B TKIT Citra Az-Zahra Joglo

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah sangat maju dan akan terus berkembang. Salah satunya adalah media pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer sebagai alatnya. Pada penelitian yang dilakukan di sekolah TKIT Citra Az-Zahra cara mengajar yang digunakan oleh guru adalah dengan memberikan pertanyaan sebagai petunjuk untuk menstimulasi anak dalam memberikan jawaban tentang tema/materi yang sedang berlangsung. Hal seperti ini dirasa kurang efektif karena pada saat proses belajar mengajar berlangsung banyak siswa yang mengobrol, bercanda dan bahkan melamun ditambah ruang kelas yang cukup ramai. Untuk itu diperlukan media pembelajaran interaktif berbasis animasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam pembuatan animasi interaktif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka serta model pengembangan sistem yang digunakan adalah Model Waterfall yang merupakan salah satu model pengembangan perangkat lunak yang ada di dalam model SDLC (Software Development Life Cycle). Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk menstimulasi aspek kognitif pada siswa dengan materi yang dibahas adalah mengenal alat transportasi serta meningkatkan minat belajar anak.

 

 

Unduhan

  • ABSTRAK ...pdf

    Skripsi_ABSTRAK ...pdf

    •   diunduh 134x | Ukuran 112 KB
  • DAFTAR ISI ...pdf

    Skripsi_DAFTAR ISI ...pdf

    •   diunduh 173x | Ukuran 118 KB

 

  • DAFTAR PUSTAKA.pdf

    Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

    •   diunduh 149x | Ukuran 297,383
  • cover.pdf

    Skripsi_cover.pdf

    •   diunduh 109x | Ukuran 28,607

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.

 

Borman, R. I., & Erma, I. (2018). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 8–16. https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.586

 

Enterprise, J. (2018). Otododak Adobe Illustrator. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Fitria, Dinar , Septiana, A. (2016). Perancangan animasi interaktif pengenalan tata surya untuk siswa sekolah berbasis android. Sniptek 2016 Isbn : 978-602-72850-3-3, 303–308. Retrieved from https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/sniptek/article/view/113/113.

 

Hardayani, S. E., & Herlawaty. (2016). Pulau Indonesia Berbasis Android Pada Tk Kupu-Kupu Mungil Bekasi. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, 2(8), 9–21.

 

Maturidi, A. D. (2014). Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta: Deepublish.

 

Maulana, Y. (2018). Jenius Membuat Mobile Edukasi Android: Solusi Cepat Belajar Membuat Aplikasi Multimedia Android. Garut: Mobidu.

 

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah, 1(2), 148–155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

 

Muhammad Sony Maulana [1], & Ade Muhammad Firman Hardiansyah[2]. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-Hewan Khas Kalimantan Berbasis Android Mobile Learning. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2), 119–127. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/2888/1871

 

Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911

 

Nurajizah, S. (2017). Media Edukasi Interaktif sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar pada MI Al-Khairiyah Bekasi. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), III(2), 83–89.

 

Pratiwi, H. R., & Ismaniati, C. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 130. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.11735

 

Putra, S. D. (2017). Belajar Mandiri Adobe Flash CS6 Memahami Antarmuka & Penerapannya. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera.

 

Utami, F. H., & Asnawati. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish.

 

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194