Game Edukasi Marbel Tajwid Pada TPQ Assa’adah.

research
  • 26 Aug
  • 2020

Game Edukasi Marbel Tajwid Pada TPQ Assa’adah.

ABSTRAK

 

Ahmad Zaky Yamani (11150277), Game Edukasi Marbel Tajwid Pada TPQ Assa’adah.

 

Sebagian besar umat muslim kesulitan dalam menghafal berbagai macam jenis ilmu tajwid. Salah satu tempat belajar ilmu tajwid adalah di TPQ ASSA’ADAH. Namun pembelajaran yang terbatas menyebabkan anak menjadi bosan sehingga mengurangi ketertarikan anak pada pelajaran. Dengan inovasi dan perkembangan teknologi maka dibuatkannya animasi interaktif game edukasi yang berisi antara teks, grafik atau gambar, animasi gambar yang mendukung, audio, musik, mampu menimbulkan rasa senang dan semangat dalam proses belajar. Sehingga motivasi belajar anak akan bertambah dan tidak menimbulkan rasa jenuh dan dengan ini diharapkan tujuan pembelajaran menjadi lebih maksimal. Dalam pembuatan game edukasi ini penulis menggunakan metode waterfall sehingga dalam tahapannya lebih mudah dimengerti dan model pengembangan logikanya dapat dipahami sistem alur berjalannya. Game edukasi ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran dalam pembacaan al-qur’an yang baik dan benar (tartil). Perangkat lunak yang digunakan untuk implementasi adalah Construct 2, untuk export file html 5 ke apk menggunakan phonegap, sedangkan untuk desainnya menggunakan aplikasi corel draw. Hasilnya dengan diterapkan media animasi interaktif ini belajar tajwid menjadi mudah dan menyenangkan karena didesain dengan dengan tampilan fullcolor.

 

Kata Kunci: Edukasi, Marbel, Tajwid.

 


 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Abidin, M. Z., & Listyorini, T. (2018). Game Edukatif Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v1i1.153

 

Adiwiharja, C., & Suherman. (2015). Animas Interaktif Siswa Taman Kanak-Kanak. Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (KNIT) 2015.

 

Al-Qudhat, M. I. M. (2015). Panduan Lengkap Ilmu Tajwid untuk Segala Tingkatan: Belajar Praktis Membaca al-Quran dengan Benar, Sistematis, dan Mudah (Cetakan 1; A. Khudlori, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=OyaqDwAAQBAJ

 

andi, & madcoms. (2015). Pasti Bisa !! Belajar Sendiri CorelDraw X7 (Cetakan 1). Retrieved from http://onesearch.id/Record/IOS5876.INLIS000000000021140#description

 

Arifin, Y., Ricky, M. Y., & Yesmaya, V. (2015). DIGITAL MULTIMEDIA (1st ed.; Ariyanto, Ed.). Jakarta Barat: Bina Nusantara Media & Publishing.

 

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, 2(1), 116–121.

 

Educa Studio. (2019). Marbel Hijaiyah. Retrieved August 23, 2019, from https://www.educastudio.com/edu-games-marbel-hijaiyah/

 

Firly, N. (2018). Create Your Own Android Application. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=4LBfDwAAQBAJ

 

Haryanto, F. D., & Adiwiharja, C. (2015). Media Pembelajaran Dengan. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, I(2), 266–274.

 

Indriyani, F. (2015). Rancangan Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Multi Media Untuk Siswa Tingkat Dasar Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an DTA At-Taqwa. Komputer Dan Informatika, XVII(2), 44–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v17i2.750

 

Karaman, J., Setyanto, A., & Sofyan, A. F. (2018). Analisis Aplikasi Marbel Huruf Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca di Desa Semanding Ponorogo. INTENSIF, 2(2), 98–106. https://doi.org/10.29407/intensif.v2i2.11878

 

Kholis, A., & Herlawati. (2015). Animasi Interaktif Pembelajaran Tajwid Pada Taman Qur’an Anak (Tqa) Al Washilah Cirebon. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi.

 

Maarif, V., Nur, H. M., & Rahayu, W. (2018). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Evolusi, 6(1), 91–100.

 

Nurchasanah, E., & Sudarmilah, E. (2017). Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam Tiga Bahasa Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 64–71. https://doi.org/10.23917/khif.v2i2.2075

 

Rini, E. S., Pramana, D., & Ridwan, E. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan dalam Pengelolaan Taman Pendidikan di Bali. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 12–18. Retrieved from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1589

 

Saragih, R. R. (2018). Pemrograman dan Bahasa Pemrograman.

 

Scirra. (2019). Construct 2. Retrieved June 21, 2019, from https://www.scirra.com/construct2

 

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. In Informatika Bandung (3rd ed.). Bandung.

 

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (pertama; U. Press, Ed.). Yogyakarta.

 

Sutrisno, A. Z. (2018). Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan AL-Qur’an (TPA) (Pertama; U. Zakariya, Ed.). Jawa Tengah.

 

Wandah, W., & Rahina, N. (2018). Desain Antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi. Jurnal Imajinasi, XII(2), 57–64.