ABSTRAK
Ahmad Zaky Yamani (11150277), Game Edukasi Marbel
Tajwid Pada TPQ Assa’adah.
Sebagian
besar umat muslim kesulitan dalam menghafal berbagai macam jenis ilmu tajwid.
Salah satu tempat belajar ilmu tajwid adalah di TPQ ASSA’ADAH. Namun
pembelajaran yang terbatas menyebabkan anak menjadi bosan sehingga mengurangi
ketertarikan anak pada pelajaran. Dengan inovasi dan perkembangan teknologi
maka dibuatkannya animasi interaktif game edukasi yang berisi antara teks,
grafik atau gambar, animasi gambar yang mendukung, audio, musik, mampu
menimbulkan rasa senang dan semangat dalam proses belajar. Sehingga motivasi
belajar anak akan bertambah dan tidak menimbulkan rasa jenuh dan dengan ini
diharapkan tujuan pembelajaran menjadi lebih maksimal. Dalam pembuatan game
edukasi ini penulis menggunakan metode waterfall sehingga dalam
tahapannya lebih mudah dimengerti dan model pengembangan logikanya dapat
dipahami sistem alur berjalannya. Game edukasi ini bertujuan untuk membantu
proses pembelajaran dalam pembacaan al-qur’an yang baik dan benar (tartil).
Perangkat lunak yang digunakan untuk implementasi adalah Construct 2, untuk
export file html 5 ke apk menggunakan phonegap, sedangkan untuk desainnya
menggunakan aplikasi corel draw. Hasilnya dengan diterapkan media animasi
interaktif ini belajar tajwid menjadi mudah dan menyenangkan karena didesain
dengan dengan tampilan fullcolor.
Kata Kunci: Edukasi, Marbel, Tajwid.
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, M. Z., &
Listyorini, T. (2018). Game Edukatif Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis
Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(1),
1–6. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v1i1.153
Adiwiharja,
C., & Suherman. (2015). Animas Interaktif Siswa Taman Kanak-Kanak. Konferensi
Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (KNIT) 2015.
Al-Qudhat,
M. I. M. (2015). Panduan Lengkap Ilmu Tajwid untuk Segala Tingkatan: Belajar
Praktis Membaca al-Quran dengan Benar, Sistematis, dan Mudah (Cetakan 1; A.
Khudlori, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=OyaqDwAAQBAJ
andi,
& madcoms. (2015). Pasti Bisa !! Belajar Sendiri CorelDraw X7
(Cetakan 1). Retrieved from
http://onesearch.id/Record/IOS5876.INLIS000000000021140#description
Arifin,
Y., Ricky, M. Y., & Yesmaya, V. (2015). DIGITAL MULTIMEDIA (1st ed.;
Ariyanto, Ed.). Jakarta Barat: Bina Nusantara Media & Publishing.
Ariyati,
S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran
Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, 2(1), 116–121.
Educa
Studio. (2019). Marbel Hijaiyah. Retrieved August 23, 2019, from
https://www.educastudio.com/edu-games-marbel-hijaiyah/
Firly,
N. (2018). Create Your Own Android Application. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=4LBfDwAAQBAJ
Haryanto,
F. D., & Adiwiharja, C. (2015). Media Pembelajaran Dengan. Jurnal Teknik
Komputer Amik Bsi, I(2), 266–274.
Indriyani,
F. (2015). Rancangan Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Multi Media Untuk Siswa
Tingkat Dasar Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an DTA At-Taqwa. Komputer Dan
Informatika, XVII(2), 44–49.
https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v17i2.750
Karaman,
J., Setyanto, A., & Sofyan, A. F. (2018). Analisis Aplikasi Marbel Huruf
Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca di Desa Semanding Ponorogo. INTENSIF,
2(2), 98–106. https://doi.org/10.29407/intensif.v2i2.11878
Kholis,
A., & Herlawati. (2015). Animasi Interaktif Pembelajaran Tajwid Pada Taman
Qur’an Anak (Tqa) Al Washilah Cirebon. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi.
Maarif,
V., Nur, H. M., & Rahayu, W. (2018). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid
Berbasis Android. Evolusi, 6(1), 91–100.
Nurchasanah,
E., & Sudarmilah, E. (2017). Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan
Nama Benda Dalam Tiga Bahasa Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Komputer Dan
Informatika, 64–71. https://doi.org/10.23917/khif.v2i2.2075
Rini,
E. S., Pramana, D., & Ridwan, E. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi
sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan dalam Pengelolaan Taman Pendidikan di Bali.
Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 12–18.
Retrieved from
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1589
Saragih,
R. R. (2018). Pemrograman dan Bahasa Pemrograman.
Scirra.
(2019). Construct 2. Retrieved June 21, 2019, from
https://www.scirra.com/construct2
Sukamto,
R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. In Informatika
Bandung (3rd ed.). Bandung.
Surjono,
H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan
(pertama; U. Press, Ed.). Yogyakarta.
Sutrisno,
A. Z. (2018). Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan AL-Qur’an (TPA)
(Pertama; U. Zakariya, Ed.). Jawa Tengah.
Wandah,
W., & Rahina, N. (2018). Desain Antarmuka (User Interface) Pada Game
Edukasi. Jurnal Imajinasi, XII(2), 57–64.