PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP DENGAN METODE BRUTE FORCE BERBASIS ANDROID

research
  • 26 Aug
  • 2020

PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP DENGAN METODE BRUTE FORCE BERBASIS ANDROID


Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terciptanya inovasi pesat, dimana produk yang terkena imbasnya adalah smartphone. Berkat kemajuan teknologi ini pula berdampak terhadap penggunaan media pembelajaran di sekolah-sekolah. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk membuat aplikasi berbasis android sebagai media pembelajaran IPA untuk kelas VII dengan kurikulum 2013. Dimana observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 6 Bekasi yang sudah memakai kurikulum 2013 sebagai bahan ajar, dimaksudkan sebagai acuan untuk mendapatkan sumber materi yang akan dimasukan ke dalam aplikasi. Dengan demikian, teknologi ini mendorong terjadinya evolusi pada lokasi dan waktu belajar yang dimana tidak lagi metode konvensional. Aplikasi ini dibuat menggunakan beberapa metode, antara lain observasi, wawancara, studi pustaka, dan dikembangkan dengan bahasa pemrograman java dengan menggunakan aplikasi Android Studio. Pada laporan skripsi ini telah dibuat suatu aplikasi yang dapat mendukung pengguna atau siswa memahami pelajaran IPA yang sudah diberikan di sekolah, agar dapat mempelajari materi tersebut kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan. Sekaligus mengevaluasi pemahaman materi siswa dengan adanya latihan soal berbentuk pilihan ganda.


Unduhan

 

REFERENSI

Agustina, C., & Wahyudi, T. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering, 15(5), 1–8. https://doi.org/10.16429/j.1009-7848.2015.05.005

 

Akil, I. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus : Sistem Informasi Journal. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII(1), 1–11. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/227534-rekayasa-perangkat-lunak-dengan-model-un-8ed052ca.pdf

 

Danuri. (2016). Pencarian File Teks Berbasis Content dengan Pencocokan String Menggunakan Algoritma Brute force. Scientific Journal of Informatics, 3(1), 68–75.

 

Desmira, Aribowo, D., & Oktavia, P. (2014). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar Dan Ruang Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Android. PROSISKO, 1(September), 48–54. Retrieved from http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/88

 

Dharmawan, E. A., Ginting, S. W., & Noya, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Penentu Tarif Dasar Ojek Di Kota Ambon Berbasis Android. Jurnal Simetrik, 7(2), 38–41. https://doi.org/10.31959/JS.V7I2.45

 

Fajar, H., & Suharyanto. (2019). Aplikasi Pengetahuan Kehamilan Dan Perhitungan Masa Kehamilan Berbasis Android Menggunakan Metode Algoritma Naegele. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 4(2), 231–238.

 

Firly, N. (2018). Create Your Own Android Application. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Firmansyah, R. (2018). Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat. Swabumi, 6(1), 1–7. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/3310

 

Fridayanthie, Eka Wida, & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal khatulistiwa informatika, IV(2), 126–138. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/viewFile/1264/1029

 

Fridayanthie, Eka Wulansari. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Peralatan Hiking Berbasis Desktop Pada Toko Cimone Outdoor Tangerang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 143–151.

 

Hadi, K. R., Az-zahra, H. M., & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2742–2750. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/3310

                                                                                   

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 107–116.

 

Hidayat, A. M., Fadillah, N. I., & Ubaidilah. (2018). Jurnal Evolusi Volume 6 No 2 - 2018. Evolusi, 6(2), 57–65.

 

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 005 Samarinda Ulu Nurul. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 80–85.

 

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

 

Ina Najiyah, & Suharyanto. (2017). Sistem Informasi Wedding Planner Berbasis Web. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 79–86.

 

Indarti. (2017). Untuk Siswa Sd Berbasis Android Studi Kasus Pada Sdn Pondok Pinang 10 Pagi Jakarta Selatan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 145–150. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/349/281

 

Isroqmi, A. (2017). Kemampuan Mahasiswa Memahami Logika Pemrograman Komputer Melalui Algoritma. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(November), 59–74. https://doi.org/2528-3901

 

Kadir, A. (2015). Belajar Sendiri Pasti Bisa - Pemrograman JAVA (T. A. Prabawati, ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

 

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

 

Lukman, A. M., & Larasati, N. P. (2018). Aplikasi Pembelajaran Dual Bahasa Korea Dan Jepang. 7(1), 20–28.

 

Maarif, V., Nur, H. M., & Rahayu, W. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android. Evolusi, 6(1), 91–100. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/3586

 

Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android. Ijse.Bsi.Ac.Id IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering ISSN, 3(2), 2461–2690.

 

Mesran. (2014). Implementasi Algoritma Brute Force Dalam Pencarian Data Katalog Buku Perpustakaan. 3(1), 100–104.

 

Miswanto, & Badrul, M. (2016). Aplikasi Pembelajaran Anti Korupsi Bagi Anak Remaja Berbasis Android. Informatika, III(1), 117–128.

 

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung.

 

Pratiwi, H., Arfyanti, I., & Kurniawan, D. (2016). Implementasi Algoritma Brute Force Dalam Aplikasi Kamus Istilah Kesehatan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, II(2), 119–125.

 

Purwaningsih, F., & Desmulyati. (2018). Penerapan Algoritma Huffman Untuk Aplikasi Pengamanan Sms Pada Mobile Phone Berbasis Android, 5(1), 61–68. Diambil dari http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/592

 

Rahayuningsih, P. A. (2016). Analisis Perbandingan Kompleksitas Algoritma Pengurutan Nilai (Sorting). Jurnal Evolusi Volume 4 Nomor 2 - 2016, 4(8), 085201. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

 

Rizal, M., & Latifah, F. (2017). Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Kota Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 13(2), 227–232.

 

Rusdi, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Chembird Terhadap Biologi STKIP YAPIM MAROS Chembird Media Usage Effect on the Interest and the Organic Chemistry Academic Achievement in STKIP YAPIM Maros Biology Student. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(2), 7–13.

 

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman Web. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Setiyawati, Y. D., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 150. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.150-158.

 

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

 

Syarif, M. (2017). Implementasi Algoritma String Matching Dalam Pencarian Surah Dan Ayat Dalam Al-Quran Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2), 70–76.

 

Uriawan, W., & Hidayat, H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Ilmu Sharaf Dalam Tata Bahasa Arab Berbasis Android. 10(2), 107–122.

 

Wahyudi, R., Handoko, H., & Pasaribu, S. (2015). Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator ( LCG ) Berbasis Android. Riau Journal Of Computer Science, 1(1), 17–26.

 

Wibowo, K. (2015). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman Php. Khatulistiwa Informatika, 3(2), 151–159.

 

Widayanto, A., & Refianti, L. (2018). Jurnal Evolusi Volume 6 No 2 - 2018. Evolusi, 6(2), 57–65.

 

Widayanto, A., Suleman, & Anita, I. (2017). Rancang bangun aplikasi kategori bahasa untuk tuna wicara berbasis android 1). Evolusi, 5(2), 18–26.

 

Widodo, W., Rachmadiarti, F., & Hidayati, S. N. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Yudhayanto, Y., & Wijayanto, A. (2018). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Yudhistira, R. J., & Widiarina. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, V(1), 65–70. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

 

Zaus, M. A., Wulansari, R. E., Islami, S., & Pernanda, D. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.140