Khrisna Mahendra Jati (11150656), Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jurusan Siswa-Siswi SMK Arrahmaniyah Bogor Dengan TOPSIS
SMK Arrahmaniyah adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di Bogor, pada setiap tahunnya siswa-siswi SMP yang sudah lulus akan melanjutkan jenjang pendidikan di SMK. Setiap siswa dan siswi SMK Arrahmaniyah akan ditempatkan jurusan yang sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing. Dalam menghadapi penempatan jurusan yang sesuai dengan siswa dan siswi tersebut, terdapat beberapa masalah dalam menentukan jurusan, dimana sekolah SMK Arrahmaniyah memiliki 2 jurusan yaitu Akutansi dan Pemasaran yang dimana pihak sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan jurusan siswa, dan setiap tahunnya semakin banyak siswa dan siswi yang mendaftar di SMK Arrahmaniyah. Untuk meringankan pihak sekolah dalam menentukan jurusan, maka penulis melakukan penelitian SPK dengan menggunakan metode TOPSIS untuk membantu pihak sekolah dalam menentukan jurusan. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan dari data primer dalam bentuk rekap nilai Ujian Nasional, dan peneliti akan melakukan perhitungan data nilai rekap sesuai dengan nilai bobot kriteria mata pelajaran. Dikarenakan jumlah data terlalu banyak yaitu 156 data digunakanlah rumus slovin untuk mendapatkan sampel data penelitian menjadi 61 data, serta menggunakan Microsoft excel dalam membantu perhitungan untuk menghindari kesalahan, dan hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dari 61 data ditentukanlah bahwa 27 siswa masuk pada jurusan Akutansi dan 34 siswa masuk pada jurusan Pemasaran.
Kata Kunci : Metode TOPSIS, SPK, Menentukan Jurusan Sekolah