ABSTRAK
Aulia Ramadhan (12140399), Aplikasi Pembelajaran
Alat Musik Angklung Berbasis Android.
Angklung
merupakan alat musik tradisional asli milik bangsa Indonesia yang harus selalu
dilestarikan. Saat ini angklung mulai diminati oleh masyarakat Kota Yogyakarta,
khususnya dari kalangan dewasa. Namun pada kenyataannya tidak semua masyarakat
memiliki kesempatan belajar dan bermain angklung karena keterbatasan alat dan
biaya yang dimiliki. Sehingga masyarakat harus bergabung dengan sanggar ataupun
komunitas angklung yang telah didirikan. Penelitian ini bertujuan untuk
membangun aplikasi pembelajaran alat musik tradisional angklung berbasis
android. Alat musik angklung yang menjadi fokus penelitian ini adalah angklung
Padaeng atau angklung modern dengan jenis melodi. Aplikasi ini dibangun
menggunakan App Inventor dan beberapa software pendukung. Dalam pengumpulan
data terkait, penelitian menggunakan metode studi pustaka, eksplorasi internet,
dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pengenalan alat musik
angklung yang siap digunakan oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja dengan
menggunakan android.
Kata kunci: angklung, tradisional,
android, media, app inventor
S1_Skripsi
DAFTAR PUSTAKA
Budi, E. M., Suhada,
A., Dipojono, H. K., Handojo, A., & Sarwono, J. (2013). Improved MIDI
Message for Robotic Angklung Choir, 155–162.
Dharwiyanti, S.,
& Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML). IlmuKomputer.com,
1–13. Retrieved from http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf
Efendi, Y. (2018).
Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal
Indtra-Tech, 2(1).
Erna, Informatika,
T., & Yogyakarta, K. (2017). MEDIA PENGENALAN DAN SIMULASI ALAT, 6(1),
61–74.
Gunawan, A. (2013).
Penerapan Computer Assisted Instruction Dalam Pembelajaran Tata Cara Dan Bacaan
Wudhu Berbasis Android, (December 2014), 2–8.
Iqbal, M. M.,
Isnanto, R. R., & Kridalukmana, R. (2016). Perancangan Aplikasi Mobile
Location Based Service (LBS) Untuk Lokasi Penyewaan Rumah Kos di Kota Semarang
Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(2),
198–206. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.2.2015.198-206
M, K. F., P, T. M.,
& Wardhani, R. (2016). Dan Apotek Yang Disarankan Di Lamongan Dan Gresik, 1(2).
Maiyana, E.,
Informatika, M., By, J., & Simpang, P. (2018). Pemanfaatan Android, 1,
54–67.
Manajemen, P., Daya,
S., Menurut, M., Storey, M., Dessler, M., Development, H. R., … Sdm, P. (2015).
Bab 2 landasan teori 2.1, 9–40.
Nasution, S. D.
(2013). Penerapan metode linier kongruendan algoritma vigenère chiper pada
aplikasi sistem ujian berbasis lan. STMIK Budi Darma Medan, IV(1),
94–102.
Permana, I.,
Nurhayati, O. D., & Martono, K. T. (2015). Location Based Service sebagai
Penunjuk Lokasi Hotel di Kota Semarang Berbasis Augmented Reality. Jurnal
Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 461–470. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.4.2015.461-470
Pradnyana, G. A.,
Sunarya, I. M. A., & Hendra, D. G. (2017). Obat Di Apotek Menggunakan
Metode Hybrid Periodic Order Quantity - Moving Average. Journal of Natural
Science and Engineering., 1, 120–132.
Program, D., Desain,
S., Visual, K., & Bunda, U. (2015). KAJIAN PELESTARIAN ALAT MUSIK ANGKLUNG
DALAM BENTUK KAMPANYE SOSIAL 1 Gratianus Aditya Tedjasendjaja 1 , Satya
Dharmadi. Rupa-Rupa Program Studi Desain, 4, 109–117.
Putra, H. N. (2018).
Implementasi Diagram UML ( Unified Modelling Language ) dalam Perancangan
Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya, 2(April
2018), 69–77.
Rahmah, S., Sari, A.
P., & Nasution, R. (2018). Aplikasi SIG Mobile Finder Kampus BSI-Nusa
Mandiri Jakarta Berbasis Android, 3–8.
Rahmayun, I.,
Jurusan, D., Informasi, T., & Negeri, P. (2014). Enkripsi SMS ( SHORT
MESSAGE SERVICE ) Pada Telepon Selular Berbasis Android Dengan Metode RC6. Jurnal
Momentum, 16(1), 63–73.
Sains, J., &
Ekonomi, D. A. N. (2018). SURAT MENYURAT BAGI MASYARAKAT DI KANTOR WALI, I,
55–68.
Sinsuw, A., &
Najoan, X. (2013). Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat
Android. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 1–10.
Tangkudung, E. S.,
Najoan, M. E. I., & Mamahit, D. J. (2018). Aplikasi Tata Cara Ibadah
Berbasis Android, 14(1), 1–7.
Tarigan, R. (2018).
PERANCANGAN GAME VOKAL-KONSONAN DAN Renzi Tarigan , Emma Rosinta Simarmata ,
Mendarissan Aritonang, 2(1), 51–62.
Udiyana, I. G. E.,
Darmawiguna, I. G. M., & Sunarya, I. M. G. (2015). Pengembangan Aplikasi
Gamelan Angklung Bali Berbasis Android. Karmapati, 4(4), 1–9.