Aplikasi Pembelajaran Alat Musik Angklung Berbasis Android.

research
  • 26 Aug
  • 2020

Aplikasi Pembelajaran Alat Musik Angklung Berbasis Android.

ABSTRAK

 

Aulia Ramadhan (12140399), Aplikasi Pembelajaran Alat Musik Angklung Berbasis Android.

 

Angklung merupakan alat musik tradisional asli milik bangsa Indonesia yang harus selalu dilestarikan. Saat ini angklung mulai diminati oleh masyarakat Kota Yogyakarta, khususnya dari kalangan dewasa. Namun pada kenyataannya tidak semua masyarakat memiliki kesempatan belajar dan bermain angklung karena keterbatasan alat dan biaya yang dimiliki. Sehingga masyarakat harus bergabung dengan sanggar ataupun komunitas angklung yang telah didirikan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran alat musik tradisional angklung berbasis android. Alat musik angklung yang menjadi fokus penelitian ini adalah angklung Padaeng atau angklung modern dengan jenis melodi. Aplikasi ini dibangun menggunakan App Inventor dan beberapa software pendukung. Dalam pengumpulan data terkait, penelitian menggunakan metode studi pustaka, eksplorasi internet, dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pengenalan alat musik angklung yang siap digunakan oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan android.

 

Kata kunci: angklung, tradisional, android, media, app inventor

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Budi, E. M., Suhada, A., Dipojono, H. K., Handojo, A., & Sarwono, J. (2013). Improved MIDI Message for Robotic Angklung Choir, 155–162.

Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML). IlmuKomputer.com, 1–13. Retrieved from http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf

Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Indtra-Tech, 2(1).

Erna, Informatika, T., & Yogyakarta, K. (2017). MEDIA PENGENALAN DAN SIMULASI ALAT, 6(1), 61–74.

Gunawan, A. (2013). Penerapan Computer Assisted Instruction Dalam Pembelajaran Tata Cara Dan Bacaan Wudhu Berbasis Android, (December 2014), 2–8.

Iqbal, M. M., Isnanto, R. R., & Kridalukmana, R. (2016). Perancangan Aplikasi Mobile Location Based Service (LBS) Untuk Lokasi Penyewaan Rumah Kos di Kota Semarang Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(2), 198–206. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.2.2015.198-206

M, K. F., P, T. M., & Wardhani, R. (2016). Dan Apotek Yang Disarankan Di Lamongan Dan Gresik, 1(2).

Maiyana, E., Informatika, M., By, J., & Simpang, P. (2018). Pemanfaatan Android, 1, 54–67.

Manajemen, P., Daya, S., Menurut, M., Storey, M., Dessler, M., Development, H. R., … Sdm, P. (2015). Bab 2 landasan teori 2.1, 9–40.

Nasution, S. D. (2013). Penerapan metode linier kongruendan algoritma vigenère chiper pada aplikasi sistem ujian berbasis lan. STMIK Budi Darma Medan, IV(1), 94–102.

Permana, I., Nurhayati, O. D., & Martono, K. T. (2015). Location Based Service sebagai Penunjuk Lokasi Hotel di Kota Semarang Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 461–470. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.4.2015.461-470

 

 

Pradnyana, G. A., Sunarya, I. M. A., & Hendra, D. G. (2017). Obat Di Apotek Menggunakan Metode Hybrid Periodic Order Quantity - Moving Average. Journal of Natural Science and Engineering., 1, 120–132.

Program, D., Desain, S., Visual, K., & Bunda, U. (2015). KAJIAN PELESTARIAN ALAT MUSIK ANGKLUNG DALAM BENTUK KAMPANYE SOSIAL 1 Gratianus Aditya Tedjasendjaja 1 , Satya Dharmadi. Rupa-Rupa Program Studi Desain, 4, 109–117.

Putra, H. N. (2018). Implementasi Diagram UML ( Unified Modelling Language ) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya, 2(April 2018), 69–77.

Rahmah, S., Sari, A. P., & Nasution, R. (2018). Aplikasi SIG Mobile Finder Kampus BSI-Nusa Mandiri Jakarta Berbasis Android, 3–8.

Rahmayun, I., Jurusan, D., Informasi, T., & Negeri, P. (2014). Enkripsi SMS ( SHORT MESSAGE SERVICE ) Pada Telepon Selular Berbasis Android Dengan Metode RC6. Jurnal Momentum, 16(1), 63–73.

Sains, J., & Ekonomi, D. A. N. (2018). SURAT MENYURAT BAGI MASYARAKAT DI KANTOR WALI, I, 55–68.

Sinsuw, A., & Najoan, X. (2013). Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 1–10.

Tangkudung, E. S., Najoan, M. E. I., & Mamahit, D. J. (2018). Aplikasi Tata Cara Ibadah Berbasis Android, 14(1), 1–7.

Tarigan, R. (2018). PERANCANGAN GAME VOKAL-KONSONAN DAN Renzi Tarigan , Emma Rosinta Simarmata , Mendarissan Aritonang, 2(1), 51–62.

Udiyana, I. G. E., Darmawiguna, I. G. M., & Sunarya, I. M. G. (2015). Pengembangan Aplikasi Gamelan Angklung Bali Berbasis Android. Karmapati, 4(4), 1–9.