: PT. Tiga Bintang Komunikasi)
PT. Tiga Bintang Komunikasi merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam merk handphone. Semakin banyak penjual handphone yang berkembang, menyebabkan para pengembang usaha melakukan strategi pemasaran agar omset penjualan terus meningkat. Olehkarena itu PT. Tiga Bintang Komunikasi harus mencermati pola pembelian yang dilakukan konsumen setiap bulannya. Seperti contoh permasalahan yang ada pada saat customer ingin membeli suatu merk handphone, sering sekali handphone yang diinginkan tidak ada atau habis karena penjual tidak mengamati transaksi yang sudah ada sebelumnya. Hal ini mengakibatkan customer kecewa dan penjual kehilangan pelanggan, dan untuk berkunjung kembali customer akan enggan, dikarenakan handphone yang tidak lengkap. Oleh karena permasalahan diatas, penulis membuat suatu penelitian dengan mengamati pola pelanggan, dengan membentuk association rule, dengan menggunakan algoritma apriori, data mining. Dengan algoritma apriori dapat ditemukan produk yang paling banyak terjual, yaitu Samsung, Realme, Xiaomi, Vivo, Huawei, dan advan. Dengan diketahuinya jenis merk HP yang paling sering dibeli PT.Tiga Bintang Komunikasi dapat mengatur stok barang agar tidak terjadi penumpukan barang yang mengakibatkan kerugian nantinya. Serta dapat menentukan strategi pemasaran untuk melakukan promosi terhadap merk yang kurang laris
Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 121–129.
C, D. A., Baskoro, D. A., Ambarwati, L., & Wicaksana, I. W. S. (2013). Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
.
Hermawati, F. A. (2013a). Data Mining (I). Yogyakarta: CV Andi Offset. Hermawati, F. A. (2013b). Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.
Hernawati. (2018). Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori (Study Kasus Toko Alief). Ikraith-Informatika, 2(18), 13–17.
Husin, A. I., & Mulyaningsih, F. (2015). Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori. Sniptek 2015, Isbn: 978-602-72850-6-4, 45–56.
Jupriyanto. (2017). Penentuan Tren Mode Jenis Kayu Hutan Alam Dengan Algoritma Apriori, 1(2), 1–8.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusrini, & Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset. Pane, D. K. (2013). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik
Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kreditplus). Pelita Informatika Budi Darma, IV.
Putria, N. E. (2018). DATA MINING PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TERMINAL TIKET BATAM TOUR & TRAVEL. CBIS Journal, 06 No. 01, 29–39.
Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, 6(1), 9–20. Retrieved from http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pixel/article/view/1390
Sangaji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Publisher.
Santoso, P. (2013). Pelatihan Microsoft Excel, 15.
Sari, E. N. (2013). Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan. Pelita STMIK Budi
68
Darma Medan, 4(3), 35–39.
Ummi, K. (2015). Analisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus : Di Pt. Idk 1 Medan). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3), 155– 164. https://doi.org/10.22303/csrid.8.3.2016.155-164
Wibawa, Y. P. (2016). IMPLEMENTASI DATA MINING MENENTUKAN MEREK CELANA DALAM YANG PALING BANYAK DIPAKAI DI KELAS 14.1A.01 DENGAN ALGORITMA APRIORI. ISBN: 978-602-72850- 1-9, 57–62.