ABSTRAK
Faisal
Hajrin (12140371), PERANCANGAN APLIKASI INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN
PANGANDARAN BERBASIS ANDROID
Pangandaran merupakan salah satu Kabupaten yang
berada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten pangandaran memiliki tempat-tempat
objek wisata yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota
maupun mancanegara. Maka dari itu penulis ingin membuat suatu aplikasi mengenai
informasi wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran dengan berbasis Android. Pengguna aplikasi ini
diharapkan dapat dengan mudah mencari informasi wisata di daerah Kabupaten
Pangandaran. Informasi yang terdapat dalam aplikasi ini berupa tempat wisata,
dan keterangan tentang tempat wisata yang nantinya akan dipilih. Aplikasi ini juga
menampilkan arah lokasi ke tempat wisata yang akan dituju dengan menggunakan Global Possitioning System (GPS). Metode
yang digunakan adalah model proses air terjun (waterfall). Implementasi Perancangan Aplikasi Informasi Pariwisata
Kabupaten Pangandaran Berbasis Android menggunakan Javascript dengan Android
Studio, serta peta yang bersumber dari Google
Maps API. Hasilnya berupa aplikasi Informasi Pariwisata Kabupaten Pangandaran berbasis Android yang membantu memudahkan
wisatawan dalam memperoleh informasi tentang objek wisata dan rute dari lokasi
sekarang ke lokasi objek wisata yang diinginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Adnyana, I. B. M. Y., &
Efendi, R. (2014). Rancangan Bangun Sistem Infromasi penitipan mobil Berbasis
WEB. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 9–16.
Aryantika, M. E., &
Darmawiguna, I. G. M. (2015). Pengembangan Kamus Kolok Visual Berbasis Android
Sebagai Media Edukatif Mempelajari Bahasa Penyandang Tuna Rungu di Desa
Bengkala, 4.
Budianto, A., & Nainggola,
Esron, R. (2016). Perancangan Aplikasi Islamic Boarding School Finder. Sniptek 2016, 144–150.
Utama, R. (2017). Pemasaran Wisata. (Aditya Ari C, Ed.). Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=31JLDwAAQBAJ&printsec=frontcover
&dq=Pariwisata+dan+perjalanan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjwxt_XmN7
cAhXB6J8KHa-WBJE4HhDoATAGegQIARAc#v=onepage&q=Pariwisata dan
perjalanan&f=false
Klungkung,
D. I. K. (2015). PARIWISATA BERBASIS ANDROID, 5.
Pusat, S. & Otak, A. (2013).
Analisis perancangan animasi interaktif pembelajaran anatomi otak manusia
tingkat sekolah menengah pertama, X(2),
1–11.
Muslihudin dan Oktafianto.
(2016). Analisis dan Perancangan Sistem
Informasi Model Terstruktur dan UML.
(Arie Pramesta, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=2SU3DgAAQBAJ&printsec=frontcover
&dq=muslihudin+dan+oktafianto&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwii59rdmPzc
AhXBXn0KHfX3AqsQ6AEIKDAA#v=onepage&q=muslihudin dan
oktafianto&f=false
Nasrun, M. (2015). ANALISIS
PERBANDINGAN ANTARA ALGORITMA KRIPTOGRAFI SERPENT DAN AES PADA IMPLEMENTASI
ENKRIPSI SMS DI PERANGKAT ANDROID ANALISYS OF COMPARATION BETWEEN CRYPTOGRAPHIC
ALGORITHM SERPENT AND AES IN SMS ENCRYPTION ON ANDROID DEVICE IMPLEMENTATION, 2(2), 3511–3517.
Puspitasari, D., Studi, P., &
Informatika, M. (2015). Rancang bangun sistem informasi koperasi simpan pinjam
karyawan berbasis web, XI(2),
186–196.
Putra, D. W., Nugroho, A. P.,
& Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran
Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal
Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 1–8.
Rusli, Rinartha, A. (2016). Belajar Pemrograman Java Dengan Netbeans.
(Putri Cristian, Ed.). Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=1-xDDwAAQBAJ&pg=PR2&lpg=PR2&dq=rusli,+rinartha,+atmojo+2016&so
urce=bl&ots=w5cjYN636y&sig=JtSA5z4RXYMQOMhNz3abN9OcEdY&h
l=id&sa=X&ved=2ahUKEwjxwpnh5_7cAhUJ148KHTt6C-gQ6AEwAHoECAMQAQ#v=onepage&q=rusli%2C
rinartha%2C atmojo 2016&f=false
Santoso, K. I., & Rais, M. N.
(2015). Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kabupaten
Temanggung Berbasis Android dengan Global Positioning System ( GPS ), 2(1), 29–40.
T.Henny
Febriana Harumi, A. P. W. & I. S. (2016). Belajar Dasar Algoritma &
Pemrograman C++. CV BUDI UTAMA. Retrieved from http://books.google.co.id/books?id=vBdADAAAQBAJ&pg=PA10&dq=algo
ritma+adalah&hl=id&sa=X&ved=oahUKEwj875btq-rcAhXwfXoKHYw-AwsQ6AEIOjAE#v=onepage&q=algoritma
adalah&f=false
Utama, W. P. (2015). Aplikasi
sebaran objek wisata di kota bengkulu berbasis android, 3(1), 44–53.
Yurindra. (2017). Software Engineering. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=4Jo9DwAAQBAJ&printsec=frontcover
&dq=yurindra&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwib5r7S6uzcAhXDdysKHXfQC
L0Q6AEIJzAA#v=onepage&q=yurindra&f=false