Lomposida (12140390), Sistem Penjualan Pakaian Pria Berbasis Web Pada Toko Bungs_public.
Proses peralihan bisnis dari konvensional menjadi digital menyebabkan perusahaan perlu memikirkan langkah strategis untuk membuat bagaimana proses bisnis yang ada di dalamya menjadi keberlanjutan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi pada bidang pemasaran yang mengubah cara pengerjaan suatu pekerjaan dari cara konvensional mengarah kepada teknologi digital dengan memanfaatkan e-commerce (Alexander Wirapraja, 2018). Salah satu dunia usaha yang dimaksud adalah Toko Bungs_public, yaitu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang fashion pria. Namun, dalam hal ini, berdasarkan analisa sistem yang sedang berjalan, diperoleh hasil bahwa sistem penjualan di Toko Bung_public melakukan transaksi secara manual dan terkadang barang yang di ingin dipesan tidak selalu ada sehingga customer harus menunggu. Hal tersebut menyebabkan ketidakpuasan customer terhadap layanan dan berdampak terhadap adanya indikasi omset penjualan yang menurun. Untuk itu perlu diterapkan sebuah sistem pelayanan yang disebut dengan sistem Penjualan Berbasis Online yang dapat diakses oleh customer secara Online, guna memberikan pelayanan yang memuaskan bagi Customer dalam mendapatkan informasi, memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian serta memperluas area pemasaran Toko Bungs_public.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rancangan sistem Penjualan Berbasis Online yang dapat membantu dalam memudahkan Customer dalam pembelian yang dapat diakses secara online. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh Customer, maupun pihak manajemen di Toko Bungs_public.
Alawiah, E. T. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Nyata E-commerce sebagai Media Penjualan Barang Studi Kasus USAha Pengrajin Sepatu Sandal dan Tas di Kota Bogor. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(2), 134-142.
Aulianita, R., & Santoso, B. (2013). Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis Web Pada Toko Kafaya Batik Bekasi. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 9(1).
Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak. com terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(2), 173-180.
Hati, K. (2015). Model Penerimaan E-commerce (E-cam) Dalam Penggunaan Facebook Sebagai Sarana Belanja On-line. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 8(2), 179-187.
Marlinda, L., & Rianto, H. (2015). Sistem Informasi E-Commerce Baju Rajut Menggunakan Metode B2c. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 8(2), 135-141.
Purwanto, H., Sumbaryadi, A., & Sarmadi, S. (2018). E-crm Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Funiture. Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 15-20.
Suharyanto, S. (2017). Kajian Kesuksesan E-commerce (Studi Kasus: Darulhaq. com). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 2(2), 139-145.
Rifai, M., Rosidi, A., & Syahdan, S. A. (2015). Analisis E-crm (Electronic-customer Relationship Management) Pada Showroom Pt. tropica Nucifera Industry YOGYAKARTA. Sisfotenika, 5(1).
Riyanto, V. (2017). Implementasi Metode Rapid Application Development Dalam Membangun E-commerce Di Bidang UKM. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 122-127.
Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66-72.