ABSTRAKSI
Fajar Sulaeman (12145114), Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran PAUD.
Pembelajaran
anak usia dini adalah dimana anak sedang berada di masa usia keemasannya,
sebuah masa dimana potensi anak sedang berkembang dan menjadi seorang
pembelajar mandiri dan haus pengetahuan. Hewan adalah mahluk yang bernyawa dan
mampu bergerak berpindah tempat serta mampu bereaksi terhadap rangsangan tetapi
tidak berakal budi. Tujuan memberikan pembelajaran anak usia dini dengan metode
Augmented reality yang berbeda dari pembelajaran pada umumnya, dimana dengan
memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini semakin berkembang pesat dalam
berbagai bidang salah
satunya adalah pendidikan belajar anak. Komputer dapat
digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang interaktif. Dalam
pembuatan Aplikasi Pengenalan Hewan berbasis Augmented reality menggunakan
Unity 3D sebagai alat yang di pilih untuk mengembangkan aplikasi pengenalan
hewan karena mendukung Animasi Augmented reality itu sendiri yang didalamnya
terdapat animasi, teks, gambar, bentuk 3D, audio, dan video serta Vuforia SDK
perangkat mobile yang memungkinkan pembuatan Augmented reality.
DAFTAR PUSTAKA
Ardy, W Novan dan Barnawi. (2012). Format PAUD. Jogjakarta : Ar-ruzz Media.
Ariani Sukamto, R. (2009). Black-Box Testing. February, 19, 2012.
C. Harris and M. Stephens (1988). "A combined corner and edge detector". Proceedings
of the 4th Alvey Vision Conference. pp. pages 147–151.(Harris/Plessey corner detection).
Farooq, S. U., Quadri, S. M. K., & Ahmad, N. (2011). Software measurements and metrics:
Role in effective software testing. International Journal of Engineering Science and
Technology (IJEST), 3(1), 671-680.
Nidhra, S., & Dondeti, J. (2012). Blackbox and whitebox testing techniques-a literature
review. International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA), 2(2), 29-50.
Nugroho, A. (2009). Rekayasa perangkat lunak menggunakan UML dan Java. Penerbit
Andi.
Satzinger, John W., Robert B. Jackson, dan Stephen D. Burd. 2012. System Analysis and
Design in A Changing World. Boston: Course Technology Cengage Learning.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta:
Indeks.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.
Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo, P. P. (2011). Menggunakan UML. Bandung: Informatika.