Penerapaan M-Learning Pada Aplikasi Bangun Ruang Untuk Sekolah Dasar Dengan Playform Android Menggunakan Metode Examples Non Examples

research
  • 05 Jul
  • 2018

Penerapaan M-Learning Pada Aplikasi Bangun Ruang Untuk Sekolah Dasar Dengan Playform Android Menggunakan Metode Examples Non Examples


ABSTRAKSI


 


RamdhaniFachmi (12100104), Penerapan M-Learning PadaAplikasiBangunRuangLengkapUntukSekolahDasarDengan Platform Android MenggunakanMetode Example Non Example.


Bangunruangmerupakanbagianmatematika yang membahastentangbentukdanukurandarisuatuobyek yang memilikiketeraturantertentu.Geometrisudah di kenalkansejaksiswakelas I sekolahdasarsebatasmengenal bola danbukan bola, tabungdanbukantabung, balokdanbukanbalok, limasdanbukanlimas, kerucutdanbukankerucut, kubusdanbukankubus.Kurangnyaalatperaga di sekolahmenyebabkankurangberkembangnyaimajinasianakterhadapbangunruang, mengatasihaltersebutdiperlukansolusiefektifuntukmempermudahpembelajaranbangunruangsalahsatunyaadalahpembuatanaplikasiMobile,bangunruanglengkap.M-learning merupakanpembelajarandenganmenggunakanjasabantuanperangkatelektronika.Jadidalampelaksanaannyaaplikasibangunruanglengkapmenggunakanjasavisual. Example non example adalahmetodepembelajaran yang menggunakancontoh – contoh, contohnya :gambarkalengminumanringanadalahcontohdaribangunruangtabung.Handphone yang kinimemilikibanyakfungsidapat di manfaatkandalamduniapendidikan.Denganaplikasibangunruanglengkaptentusajadapatmempermudahpenggunamempelajaritentanggeometriruang.


REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


 


Martono, KurniawanTeguh.2011. Perancangan Game Edukasi “Fish Identity” DenganMenggunakanJavaTM. ISSN: 2087-4685, Vol.1, No.1, 2011.Diambildari:http://jsiskom.undip.ac.id/index.php/jsk/article/view/7(8juni2014 ).


 


Mulyana, Eueung. 2012. App Inventor:Ciptakan Sendiri Aplikasi ANDROIDmu. Yogyakarta: C.VANDI OFFSET.


 


Mochsen Sir Mohammad. 2005 .TIPOLOGI GEOMETRI: TELAAH BEBERAPA KARYA FRANK L. WRIGHT DAN FRANK O. GEHRY (Bangunan Rumah Tinggal sebagai Obyek Telaah) di ambil dari : http://beta.lecture.ub.ac.id/files/2014/02/06-tipologi-geometri.pdf


(27 Mei 2014)


 


Ningrum, Wahyu, Indah, Suharno, Mahfud, Hasan. 2011 . PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT – SIFAT BANGUN RUANG MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES. Di ambil dari : http://eprints.uns.ac.id/12006/1/1677-3747-1-PB.pdf


(27 Mei 2014).


 


Onserda. 2013. Android SDK. Retrieved February 14, 2014, from Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia: http://www.saungit.org/2013/01/android-sdk.html. (23 Juni 2014)


 


Safaat H, Nazruddin 2011.PemrogramanAplikasi MobileSmartphone dan Tablet PC BerbasisAndroid.Informatika Bandung: Bandung.


Suharjana, Agus . 2008 . Pengenalan bangun ruang dan sifat – sifat nya di SDYogyakarta: PPPPTK MATEMATIKA.


 


Simanjuntak, Ellisa C, 2010. Blackbox Testing.Diambildari: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2010/12/06/white-box-testing-323009.html(8 Juni 2014).


 


SinsuwAlicia, XaveriusNajoan, 2013. PrototipeAplikasiSistemInformasiAkademikPadaPerangkat Android. ISSN: 2301-8402, 2013Diambildari:http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/4291 (22 Mei 2014).


 


 


 


Sulistyorini,Prastuti. 2009. Permodelan Visual DenganMenggunakan UML dan Rational Rose, ISSN; (0854-9524). Pekalongan: Jurnal? Vol.XIV No.1. Januari 2009: 23-29 Diambildari: http://www.scribd.com/doc/152917957/87-263-1-SM (8juni2014 ).


 


Udanor, Collins N, dan Thomas A. Nwodoh.A Review of M-Learning Models. ISSN: 0976-5166, Vol.1, No.4, 426-435. Diambildari: http://www.ijcse.com/docs/IJCSE10-01-04-40.pdf  (20 Juli 2014)


Winarno, Edi. (2011). MembuatSendiriAplikasi Android untukPemula.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


 


Zahara, Rina, LarastiaBella Citra danNurmala Lisa. 2010. White box testing. Diambil dari: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2010/12/06/white-box-testing-323009.html (8 Juni 2014).