Pengenalan Huruf Dan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method Berbasis Android

research
  • 05 Jul
  • 2018

Pengenalan Huruf Dan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method Berbasis Android


ABSTRAKSI


 


 


Sartawirya (12100106), Pengenalan Huruf dan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method Berbasis Android


 


Bahasa inggris merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam hal berkomunikasi secara internasional maupun lokal, pendidikan dan pembelajaran bahasa inggris harus diawali pada anak usia dini, hal ini berdasarkan asumsi bahwa belajar bahasa asing pada anak usia dini lebih mudah meniru pelafalan yang baik. Anak usia dini dikatakan  sebagai usia emas karena pada prosesnya anak mengalami kematangan fungsi-fungsi fisik dan daya ingat yang siap merespon rangsangan yang diberikan oleh lingkungan. Mempelajari sebuah bahasa harus dimulai dengan mengenal alfabet bahasa tersebut. Sebagai pelajaran yang paling pertama dan paling dasar anak harus mengetahui cara pelafalan alfabet bahasa Inggris. Sehingga membuat anak yang semula buta huruf (illiterate) menjadi melek huruf (literate). Pengenalan huruf dan kosakata bahasa inggris dengan alphabet method berbasis android adalah solusi memudahkan anak untuk mengenal kata dari awal abjad (ABC) contoh: A for apple, B for banana, C for coconut. Untuk membuat minat anak terus tertarik dalam belajar, yaitu merancang pusat (ABC) yang disertai huruf, kata dan gambar. Pembelajaran  method ini cara yang mudah diingat dalam mengenal bahasa inggris untuk pemula. Dengan demikian mengenal huruf yang ada pada alphabet berkaitan langsung dengan kosakata.


REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


 


Aminah, Elis, Soetarno Joyoamtmojo, dan Samsi Haryanto, 2013. Kontribusi Motivasi Belajar dan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Salatiga. ISSN  Vol. 1, No 2, 2013:113-125 Diambil dari: http://jurnal.pasca.uns.ac.id. (8 Juli 2014)


 


Blackwell, Rache dan Sarah Laman. 2013. Strategies to Teach Sight Words in an Elementary Classroom. ISSN 1948-5476 Vol. 5, No. 4, 2013. Diambil dari: http://www.macrothink.org/ journal/index.php/ije/article/view/4024. (27 Mei 2014).


 


Ehri, L. C. (2005). Learning to read words:  Theory, findings, and issues. Scientific Studies of Reading, 9(2), 167-188. http://dx.doi.org/10.1207/s1532799xssr0902_4  (23 Juli 2014)


 


Darfin, Deri, Koryati, dan Niana Masana Evawati. 2014. Puzzle Jigsaw Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Di Tk Pembina. ISSN Vol. 4, No. 2, 2014. Diambil dari: http://portal.kopertis2.or.id/jspui/handle/123456789/328 (3 Juni 2014).


Gondoid. 2012. “Apakah Android Itu. Diambil dari http://www.gondroid.com/apakahandroid-itu/,  (26 Juli 2014).


 


Hendarti I.M, 2010. Mengajarkan Kosa Kata Bahasa Inggris Suatu Tinjauan Praktis. ISSN: 2087-345x Vol. 1. 2010.  Diambil dari: http://eprints.undip.ac.id/38797/1/JURNAL_PAROLEArtikel_IM_Hendrarti.pdf (22 Mei 2014).


Hirsch, E.D. (1989). Cultural Literacy. Melbourne: Batam Boxs


Ichwan, Muhammad, Milda Gustiana Husada, dan M. Iqbal Ar Rasid. 2013. Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android. ISSN: 2087-5266, Vol. 1, No. 4, 2013. Diambil dari: http://ml.scribd.com/doc/225549283/Jurnal-No1Vol4-2. (24 Juli 2014)


Laila, Ifa. 2013. Buku Sakti Vocabulary kosak-kata Bahasa Inggris Sehari-hari Beserta. Yogyakarta: BUKU PINTAR


Marsa, Dadang dan Sardiarinto. 2013. Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Melalui Aplikasi Edukasi Berbasis Android. ISSN: 2089-9815, 2013. Diambil dari: http://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2013/2013_22.pdf. (22 Mei 2014).


 


Martono, Kurniawan Teguh. 2011. Perancangan Game Edukasi “Fish Identity” Dengan Menggunakan JavaTM. ISSN: 2087-4685, Vol.1, No.1, 2011. Diambil dari: http://jsiskom.undip.ac.id/index.php/jsk/article/view/7 (8 juni 2014 ).


 


Mulyana, Eueung. 2012. App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi ANDROIDmu. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.


 


Novaliendry, Dony. 2013. Multimedia Interaktif Instalasi Pc Untuk Kelas X (Studi Kasus Smk Negeri Sijunjung). Diambil dari: http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/9-Vol6No1Mar2013-Dony%20Novaliendry.pdf. (22 Mei 2014).


 


Onserda. 2013. Android SDK. Retrieved February 14, 2014, from Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia: http://www.saungit.org/2013/01/android-sdk.html (19 Juli 2014)


 


Parlindungan, Firman. 2012. Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini dengan Menggunakan Alphabet Method. Diambil dari: http://www.infodiknas.com/meningkatkan-kemampuan-penguasaan-kosa-kata-bahasa-inggris-anak-usia-dini-dengan-menggunakan-alphabet-method-2.html (22 Juni 2014).


 


Pascapbi. 2012. Beberapa Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa International. (online),http://pascapbi.uad.ac.id/beberapa-alasanmengapa-bahasa-inggris-menjadi-bahasainternational, (27 Mei 2014)


 


Samsiyah, Siti. 2013. Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto). Diambil: dari  http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/pbi/article/view/163 (22 Mei 2014).


 


Safaat H, Nazruddin 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.Informatika Bandung: Bandung.


Siddiq Jafar Asep, Budiman Agustiar dan Kurrohman Taufik 2012 , Pengujian Perangkat Lunak Dengan Metode Black Box Testing Pada Proses Pra Registrasi User Via Website.


Simanjuntak, Ellisa C, 2010. Blackbox Testing. Diambil dari: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2010/12/06/white-box-testing-323009.html  (8 Juni 2014).


 


Sinsuw, Alicia, dan Xaverius Najoan, 2013. Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android. ISSN: 2301-8402, 2013. Diambil dari: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/4291 (22 Mei 2014).


 


Sobri, Ali. 2012. Beda Belajar Bahasa Inggris sejak Dini dengan Saat Dewasa. Diambil dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/21/17145556/Beda.B elajar.Bahasa.Inggrissejak.Dini.dengan.Saat.Dewasa, (20 Juni 2014)


 


Sulistyorini, Prastuti. 2009. Permodelan Visual Dengan Menggunakan UML dan Rational Rose, ISSN; (0854-9524). Pekalongan: Jurnal? Vol.XIV No.1. Januari 2009: 23-29 Diambil dari: http://www.scribd.com/doc/152917957/87-263-1-SM (8 juni 2014 ).


 


Udanor, Collins N, dan Thomas A. Nwodoh. A Review of M-Learning Models. ISSN: 0976-5166, Vol.1, No.4, 426-435. Diambil dari: http://www.ijcse.com/docs/IJCSE10-01-04-40.pdf  (20 Juli 2014)


Widhianawati, Nana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. ISSN: 1412-565X, No.2, 2011. Diambil: dari http://jurnal.upi.edu/invotec/view/683/pengaruh-pembelajaran-gerak--dan lagu dalam--meningkatkan-kecerdasan-musikal-dankecerdasan-kinestetik-anak usia dini(studi- eksperimen- kuasi- pada- anak -kelompok- bermain-- mandiri-skb-sumedang).html. (27 Mei 2014).


 


Winarno, Edi. (2011). Membuat Sendiri Aplikasi Android untuk Pemula. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.


 


Zadeh.R, Haghighat, Amiri. S. dan Molavi. H. 2011. A Mixed-Technique Method in the Training of Children’s Learning Disabilities. ISSN: 1918-7211, Vol. 3, No. 1, 2011. Diambil dari: http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijps/article/view/10765 (19 Juli 2014)


 


Zahara, Rina, Larastia Bella Citra dan Nurmala Lisa. 2010. White box testing. Diambil dari: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2010/12/06/white-box-testing-323009.html (8 Juni 2014).