ABSTRAKSI
Fajar Aji Surahman (12100061), Aplikasi Perhitungan Tambah Kurang (Taku) Dengan Metode Jarimatika Berbasis Android
Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, Pembelajaran matematika pada anak-anak merupakan suatu permasalahan yang menarik, karena adanya perbedaan karakteristik antara hakikat anak dengan hakikat matematika. Mengingat adanya perbedaan karakteristik itu, maka diperlukan adanya metode khusus untuk menjembatani antara dunia anak yang belum berpikir secara konkrit untuk dapat mengerti dunia matematika yang bersifat abstrak. Saat ini berkembang berbagai macam metode untuk pembelajaran berhitung yang dapat menjembatani cara berpikir anak dengan matematika itu sendiri. Salah satu metode tersebut adalah berhitung dengan menggunakan jari tangan atau populer dengan nama Jarimatika. Akan tetapi dalam pertumbuhan nya, Minat anak yang tinggi terhadap Jarimatika merupakan potensi yang besar bagi Jarimatika untuk diangkat menjadi media lain yang sesuai bagi anak. Aplikasi Jarimatika ini merupakan alternatif media pembelajaran matematika dasar dengan metode Jarimatika yang interaktif dan mampu memberikan kemudahan dan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak dengan aplikasi pembelajaran berhitung dengan metode jarimatika, dengan app inventor sangat membantu pengenalan cara berhitung sederhana dengan mudah.
DAFTAR PUSTAKA
Elita Sandra,2012. Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar Diambil Dari: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu. (19 juni 2014)
Enkripsi Sms (Short Message Service) Pada Telepon Selular Berbasis Android Dengan Metode Rc6 Diambil dari : http://ejournal.itp.ac.id/index.php/momentum/article/view/160/159 (22 Mei 2014)
.
Evi Sopiawati, 2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Diambil dari : http://jurnal.upi.edu/file/9-Evi_Soviawati-edit.pdf. (23 juli 2014).
Fajar M Auliya, 2012. JARIMAGIC Perkalian Dan Pembagian yogyakarta;pustaka widyatama.
Heppy Pratiwi Soleh sesi,dkk, 2011. Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunanetra Sekolah Dasar SLB NEGERI 1 Pemalang Diambil Dari: http://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2880
Idiyani Arsita Dwi Putri, 2012. pengaruh pembelajaran berhitung jarimatika terhadap minat belajar matematika anak usia sekolah dasar. Diambil dari: :http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2648/2437.(21juli 2014).
kusnendar Jajang, 2009. perangkat lunak untuk mentranspormasikan model entity relationship kemodelrelational diambil dari: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_TIK/Jurnal_Pend_TIK_Vol_2_No_2/PERANGKAT_LUNAK_untuk_MENTRANSFORMASIKAN_MODEL_ENTITY_RELATIONSHIP__ke_MODEL_RELATIONAL.pdf.(3 Juli2014)
Mulyana Eueung, 2012. APP Inventor Ciptakan Sendiri Aplikasi ANDROIDmu yogyakarta C.V ANDI OFFSET.
Nurani ainin,nugrahardi ramdhani,2014. Perancangan Buku Interaktif Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia 5-7 Tahun Diambil Dari.http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/6030/1577. (15 agustus 2014)
Riyan SyahPutra, 2013. Perancangan Aplikasi Absensi Dengan Deteksi Wajah Menggunakan Metode Eigenface Diambil dari: http://pelitainformatika.com/berkas/jurnal/4223.pdf (23juli 2014).
Sulistyorini Prastuti 2009. Permodelan Visual DenganMenggunakan UML dan Rational Rose, ISSN; (0854-9524).Pekalongan: Jurnal? Vol.XIV No.1. Januari 2009: 23-29 Diambil dari: http://www.scribd.com/doc/152917957/87-263-1-SM (8juni2014 ).
Tiranda Agus Tarigan,2014. Aplikasi Pembelajaran Metode Subtitusi Penyelesaian Persamaan Linear Dengan Metode Computer Based Training (CBT) Diambil Dari.http://www.inti-budidarma.com/berkas/jurnal/2.%20Agus%20Tiranda%20Tarigan.pdf. (15 agustus 2014)
Zulkifli,2013. model prediksi berbasis neural network untuk pengujian prangkat linak metode black box diambil dari: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/3120/2852 (15 juni 2014).