Aplikasi Pengenalan Panca Indera Untuk Edukasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Computer Aided Instruction (CAI)

research
  • 05 Jul
  • 2018

Aplikasi Pengenalan Panca Indera Untuk Edukasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Computer Aided Instruction (CAI)


ABSTRAKSI


 


 


Zabom Varlindungan Siregar (12100086), Aplikasi Pengenalan Panca Indera Untuk Edukasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Computer Aided Instruction (CAI)


                  


            Anak usia dini memiliki potensi genetik dan siap untuk dikembangkan melalui pemberian berbagai rangsangan. Sehingga pembentukan perkembangan selanjutnya dari seorang anak sangat ditentukan pada masa-masa awal perkembangan anak. Hal ini yang menyebabkan anak mampu menyerap segala sesuatu dari lingkungannya dengan sangat luar biasa. Lingkungan yang diserap dapat positif atau negatif. Jika anak berada dalam lingkungan yang positif maka anak terbentuk positif demikian pula sebaliknya. Penerapan ilmu komputer semakin meluas ke berbagai bidang, Penerapan ilmu komputer dalam bidang pembelajaran sudah banyak berkembang. Peneliti membuat salah satu solusi untuk menangani permasalahan ini, dengan membuat Aplikasi Pengenalan Panca Indera Untuk Edukasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Computer Aided Instruction (CAI) yang dibangun menggunakan  Eclipse, SDK Manager, Youwave Emulator dan Adobe Dreamweaver serta untuk Database nya menggunakan PhpMyAdmin versi 2.7.0-pl2, yang bisa digunakan oleh anak usia dini dengan mudah, dengan harapan sebagai alternatif pembelajaran tentang panca indera manusia yang menarik .


REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA



Arief, M. R. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Abdurohman, M., Kuspriyanto, A., Sutikno, S., dan Sasongko, A. 2011. Perancangan Aturan Transformasi UML - System C Dala Perancangan Embedded System. Jurnal Ilmu Komuter dan Informasi Vo. 3, No. 2 ISSN: 1979-0732, 18-19.


Jusuf, H. (2009). Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia. Jurnal Artificial, ICT Research Center UNAS Vol. 3 No. 1, ISSN : 1978-9491 63-64.


Meisadri, R., dan Indriani, N.  2013. Pembangunan Game First Person Shooter 3D Alien Hunter. KOMPUTA Vol.2, No. 1 ISSN : 2089-9033, 2-3.


 


Muharom, A., MT, R. C., dan Benyamin, H. 2013. Pengembangan Aplikasi Sunda Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Aplication Development (RAD). Jurnal Algortima Garut Vol. 10, No. 01, 1-2.


    


Sodikin, , Noersasongko, E., dan Pramudi, Y. C. 2009. Jurnal Penyesuaian Dengan Modus Pembelajaran Untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2, ISSN 1414-9999, 751.


Syahid, A. 2012. Rancang Bangun Robot Beroda Berbasis Android Menggunakan Komunitas Android. JTET Vol. 1 No. 2 ISSN : 2252-4908, 33-42.


Yuliawan, Y., Sunarto, M. D., dan Soebijono, T. 2013. Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Konferens Jawa Kawasan Timur Berbasis Web. JSIKA Vol.2, No. 2, 87.