Koperasi Yayasan Anakku adalah sebuah koperasi serba usaha yang terdiri
dari usaha toko, simpan pinjam, dan jasa antar jemput siswa. Setiap
penjualan barang/jasa akan dilakukan penginputan data secara langsung
pada masing-masing unit usaha tersebut. Pada unit usaha toko data yang
besar ini masih memiliki kendala, diantaranya transaksi toko belum bisa
menjawab barang-barang apa yang sering terjual secara bersamaan, saat
stock barang masih sulit menentukan barang-barang yang masih tersedia
atau hampir menipis persediaannya. Teknik Data mining telah banyak
digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada, salah satunya dengan
penerapan algoritma Apriori untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi
antar produk dari suatu database transaksi. Data transaksi penjualan
perlengkapan sekolah di Koperasi Karyawan Yayasan Anakku dapat diolah
kembali menggunakan aplikasi Data mining sehingga menghasilkan aturan
asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset penjualan perlengkapan
sekolah sehingga bisa memberi rekomendasi penyetokan barang dan
mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan
saling ketergantungan. Hasil dari penelitian ini menemukan Nilai support
dan confidence tertinggi adalah jika membeli BAHAN MUSLIM L1. 5P1 maka
akan membeli LOGO AL-IZHAR II dengan nilai support 14, 5% dan confidence
79, 5%.
Aediyansyah, A. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAUR ULANG BOTOL BEKAS (PET) BERBASIS WEB. Jurnal Riset Informatika, 1(1), 11–16. Retrieved from http://ejournal.kresnamediapublisher.com/index.php/jri/article/view/5
Lisnawanty, L., & Kurniawan, B. (2019). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT. SINAR KAPUAS CEMERLANG). Jurnal Riset Informatika, 1(4), 187–196. https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.101
Nere, M., & Buani, D. C. P. (2018). PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI JASA LAUNDRY (SIJALY) JENSCHAX LAUNDY BEKASI. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(2), 69–76. https://doi.org/10.33480/TECHNO.V15I2.14
Oktaviani, A., TM Napitupul, G., Sarkawi, D., & Yulianti, I. (2019). PENERAPAN DATA MINING TERHADAP PENJUALAN PIPA PADA CV. GASKINDO SENTOSA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 167–172. https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.96
Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 156–161. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i1.2560
Susilo, A. A. T. (2018). Penerapan Algoritma Apriori pada Pengolahan Data Transaksi Penjualan di Minimarket Priyo Kota Lubuklinggau. JTKSI, 1(3), 39–46.
Wijayanti, I., Nur, D. I., & B, G. S. (2016). ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA DI BURSA EFEK INDONESIA. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 11(2), 107. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v11i2.211