ANALISIS POLA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA KOPERASI KARYAWAN YAYASAN ANAKKU

research
  • 13 Jul
  • 2020

ANALISIS POLA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA KOPERASI KARYAWAN YAYASAN ANAKKU

Koperasi Yayasan Anakku adalah sebuah koperasi serba usaha yang terdiri dari usaha toko, simpan pinjam, dan jasa antar jemput siswa. Setiap penjualan barang/jasa akan dilakukan penginputan data secara langsung pada masing-masing unit usaha tersebut. Pada unit usaha toko data yang besar ini masih memiliki kendala, diantaranya transaksi toko belum bisa menjawab barang-barang apa yang sering terjual secara bersamaan, saat stock barang masih sulit menentukan barang-barang yang masih tersedia atau hampir menipis persediaannya. Teknik Data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada, salah satunya dengan penerapan algoritma Apriori untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dari suatu database transaksi. Data transaksi penjualan perlengkapan sekolah di Koperasi Karyawan Yayasan Anakku dapat diolah kembali menggunakan aplikasi Data mining sehingga menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset penjualan perlengkapan sekolah sehingga bisa memberi rekomendasi penyetokan barang dan mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan saling ketergantungan. Hasil dari penelitian ini menemukan Nilai support dan confidence tertinggi adalah jika membeli BAHAN MUSLIM L1. 5P1 maka akan membeli LOGO AL-IZHAR II dengan nilai support 14, 5% dan confidence 79, 5%.

Unduhan

 

REFERENSI

Aediyansyah, A. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAUR ULANG BOTOL BEKAS (PET) BERBASIS WEB. Jurnal Riset Informatika, 1(1), 11–16. Retrieved from http://ejournal.kresnamediapublisher.com/index.php/jri/article/view/5

Lisnawanty, L., & Kurniawan, B. (2019). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT. SINAR KAPUAS CEMERLANG). Jurnal Riset Informatika, 1(4), 187–196. https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.101

Nere, M., & Buani, D. C. P. (2018). PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI JASA LAUNDRY (SIJALY) JENSCHAX LAUNDY BEKASI. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(2), 69–76. https://doi.org/10.33480/TECHNO.V15I2.14

Oktaviani, A., TM Napitupul, G., Sarkawi, D., & Yulianti, I. (2019). PENERAPAN DATA MINING TERHADAP PENJUALAN PIPA PADA CV. GASKINDO SENTOSA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 167–172. https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.96

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 156–161. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i1.2560

Susilo, A. A. T. (2018). Penerapan Algoritma Apriori pada Pengolahan Data Transaksi Penjualan di Minimarket Priyo Kota Lubuklinggau. JTKSI, 1(3), 39–46.

Wijayanti, I., Nur, D. I., & B, G. S. (2016). ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA DI BURSA EFEK INDONESIA. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 11(2), 107. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v11i2.211