Abstaksi
Iman Sukma Firmansyah (12100110), Mobile Game pengenalan Benda Bagi Anak Penderita Dyslexia Menggunakan Metode Phonemic Awareness.
Disleksia(Inggris: dyslexia) adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Kata disleksia berasal dari bahasa Yunani dys-("kesulitan untuk") dan lexis("huruf" atau "leksial"). Di sisi lain, Teknologi adalah salah satu hal yang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Saat ini teknologi yang sedang popular adalah Teknologi Informasi. Salah satu produk teknologi Informasi yang hadir semakin canggih adalah telepon Seluler(ponsel)dan dikenal dengan nama smartphone. Ponsel berkembang tidak hanya dari segi fungsi dan bentuk, tetapi juga dari segi piranti lunak. Piranti lunak berbasis mobile yang terbaru dan sedang banyak dikembangkan adalah Android yang juga sudah banyak diminati oleh masyarakat. Tulisan ilmiah ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menyusun sebuah aplikasi Pengenalan benda Dyslexia berbasis mobile dengan sistem operasi Android. aplikasi ini di buat untuk dapat membantu masyarakat khususnya anak-anak penderita gangguan disleksia dalam mengenal benda benda disekitarnya. Dengan penerapan metode Phonemc Awareness, dan dibuat dengan menggunakan Aplikasi App Inventor, diharapkan aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk meningkatkan kemampuan belajar abgi anak penderita Dyslexia.
Daftar Pustaka
Entity Relationship Diagrams.(2014). Retrieved July 31,2014,from About.com Databases: http://databases.about.com/od/specificproducts/I/blentity-relationship-diagrams.htm
Bailet,L.(2012,July).Understanding Dyslexia.retrieved May 9,2014,from Teens Health: http://kidshealth.org/PageManager.jsp?dn=KidsHealth&lic=1&ps=207&cat_id=20179&artikcle_set=20965
Canadian Dyslexia Association.(1986).Specific Developmental Dyslexia (SDD).5.
Charter,P.(1997).An Introduction to the Java.History Of Java,1-2.
Chen,Z.-H.,Liao,C.C.,Cheng,H.N.,Yeh,C.Y.,&Chan,T.-W.(2011).Influence of Game Quests on Pupils' Enjoyment and Goal-pursuing in Math.Influence of Game Quests on Pupils' Enjoyment and Goal-pursuing in Math,317.
Galaburda,A.M.(2007,March).Guide to Diseases and Disorders.Retrieved 08 03,2014,from The Dana Foundation:
http://www.dana.org/Publications/GuideDetails.aspx?id=50012
MIT APP INVENTOR.(2014).App Inventor for Android.Retrieved August 04,2014,from MIT APP INVENTOR: http://beta.appinventor.mit.edu/about/moreinfo/
NCLD Editorial Team.(2012).National Center For Learning Disabilities.Retrieved July 31,2014,from What Is Dylexia: http://www.ncld.org/types-learning-disabilities/dyslexia/what-is-dyslexia
Sulistyorini,P.(2009).Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. 23-25.
Swing,E.,Gentile,D.,&Anderson,C.(2009).Learning Processes and Violent Video Games.876-877.
Virvou,M.,Katsionis,V.,&Manos,K.(2005).Combining Software Games With Education.Evaluation of its educational effectiveness,54.
williams,L.(2006).Testing Overview and Black-Box Testing Techniques.34-57.
WK,N.(2013).Step by Step Menjadi Programmer Android.Semarang: Wahana Komputer.
Zamachsari,F.(2012).PLATFORM BAHASA PEMROGRAMAN SAKTI.Retrieved July 31,2014, from Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara:
http://www.span.depkeu.go.id/content/platform-bahasa-pemrograman-sakti