Dalam persaingan ketat saat ini, promosi yang baik dapat memberikan kredibilitas untuk produk baru. Promosi perlu mendapat perhatian lebih dan serius, karena dalam kehidupan sehari-hari timbul produk unggulan, jika tidak mengetahuinya, kemungkinan produk yang ditawarkan kepada konsumen kurang ditanggapi oleh pasar, oleh karena itu perusahaan harus mengupayakan produknya, meyakinkan dan mempengaruhi konsumen untuk menciptakan permintaan akan produk ini. Langkah yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk melakukannya adalah dengan melakukan pemasaran langsung. Peningkatan akurasi prediksi pemasaran langsung dapat dilakukan dengan cara melakukan seleksi terhadap atribut, karena seleksi atribut mengurangi dimensi dari data sehingga operasi algoritma data mining dapat berjalan lebih efektif dan lebih cepat. Dalam penelitian ini akan digunakan metode support vector machine dan akan dilakukan seleksi atribut dengan menggunakan particle swarm optimization untuk prediksi pemasaran langsung. Setelah dilakukan pengujian maka hasil yang didapat adalah support vector machine menghasilkan nilai akurasi sebesar 88,71 %, nilai precision 89,47% dan nilai AUC sebesar 0,896. Kemudian dilakukan seleksi atribut dengan menggunakan particle swarm optimization dimana atribut yang semula berjumlah 16 variabel prediktor terpilih 12 atribut yang digunakan. Hasil menunjukkan nilai akurasi yang lebih tinggi yaitu sebesar 89,38%, nilai precision 89,89% dan nilai AUC sebesar 0,909 dengan nilai akurasi klasifikasi sangat baik (excellent clasiffication). Sehingga dicapai peningkatan akurasi sebesar 0,67 %, dan peningkatan AUC sebesar 0,013.
Aydin, I., Karakose, M.,
& Akin, E. (2011). A multi-objective artificial immune algorithm for
parameter optimization in support vector machine. Journal Applied Soft
Computing(11), 120-129.
Bellotti, T., & Crook,
J. (2007). Support vector machines for credit scoring and discovery of
significant features. Expert System with Application: An International
Journal(36), 3302-3308.
Dawson, C. W. (2009). Project
in Computing and Information System A Student’s Guide. England:
Addison-Wesley.
Elsalamony, H. (2014). Bank
Direct Marketing Analysis of Data Mining Techniques. International Journal
of Computer Applications, 0975-8887 Volume 85 - No. 7.
Elsalamony, H. A., &
Elsayad, A. M. (2013, Agustus). Bank Direct Marketing Based on Neural Network
and C5.0 Models. IJEAT, II(6), 392-400.
Han, J., & Kamber, M.
(2007). Data Mining Concepts and technique. San Francisco, USA: Diane
Cerra.
Maimon, O., & &
Rokach, L. (2010). Data Mining and Knowledge Discovery Handbook (2nd ed).
New York: Springer Dordrecht Heidelberg London.
Moro, S., & Laureano,
R. M. (2012). Using Data Mining for Bank Direct Marketing: An application of
the CRISP-DM methodology. European Simulation and Modelling Conference,
Figure I, 117-121.
UCI. (2012, Februari 14).
Retrieved from UCI Machine Learning Repository:
https://archive.ics.uci.edu/ml/datasets/bank+marketing
Vercellis, C. (2009). Business
Intelegent: Data Mining and Optimization for Decision Making. Southern
Gate, Chichester, West Sussex: john Willey & Sons, Ltd.
Yin, H., X., J., Chai, Y.,
& Fang, B. (2015). Scene classification based on single-layer SAE and SVM. Expert
Systems with Applications, 7(42), 3368-3380.
Yusup, N., Zain, A. M., Zaiton, S., & & Hashim, M. (2012). Prosedia Engeneering Overview of PSO for Optimizing Process Parameters of Machining. Elsevier.