Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Sunda Untuk Siswa SMK Dan MA Kelas X

research
  • 03 Jul
  • 2018

Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Sunda Untuk Siswa SMK Dan MA Kelas X

ABSTRAKSI

Muhamad Harun Rabiyudin (111131474), Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Sunda untuk Siswa SMK dan MA Kelas X

Pembelajaran dengan menggunakan sebuah media interaktif memberikan kesempatan kepada siswa sekolah menang atas untuk belajar secara mandiri dinamis atau interaktif. Lingungan software pembelajaran menciptakan penilaian yang lebih intensif, yaitu disaat tekonologi meningkatkan efisiensi penilaian dalam lingkungan software pembelajaran. Banyak keunguntan diperoleh dari pengunaan media komputer sebagai alat bantu pembelajaran. Dalam penggunaan aksara sunda dilingkungan siswa saat ini dirasa masih kurang. Oleh karena itu dibuatlah media pembelajaran berbentuk animasi untuk menarik minat siswa agar dapat menarik minat siswa untuk mepelajari aksara sunda juga menarik minat siswa untuk lebih mengenal dan melestarikan budanya, dimana hasil dari rancangan yang telah dibuat yaitu berbentuk animas pembelajaran interaktif. Program animasi interaktif ini, merupakan jawaban atas perkembangan tekonologi yang semkain canggi dan juga untuk memudahkan siswa dalam melestarikan budayanya



REFERENSI

Fitni Deuis, KOmara Cucu & Baidillah Idin.2010.Aksara Sunda Pengajaran Maca jeung Nulis Aksara Sunda pikeun Guru Jeun Murid SMA/SM/MA. Bandung. Walatra

Ftrajaya Eka, Rahman Rizky & Setiawan Wawan. (2008). Optimilasasi Macriomedia Flash UntukMendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Bandung : Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI, Desember 2008. Diambil Dari  : http://file.up.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI_ILMU_KOMPUTER/19/6601011991031-WAWAN_SETIAWAN/12._Optimalisasi_Flash.pdf


Novianti, Resmi. (2013). Game Edukasi Bahasa Sunda Untuk Siswa SMP Berbasis Desktop. Bandung : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika 2013 : 2089-9033


Nurseto, Tejo (2011). Membuat Medi Pembelajaran Yang Menarik. Yogyakarta : Jurnal Ekonomi & Pendidikan 2011, April 2011

http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/706/570


Pramudi Catur, Noersasongko Edi & Sodikin (2009). Jurnal Penysuaian deng Modus Pembelajaran Untuk Siswa SMK Kelas X. Palembang : Jurnal Tekonologi INformasi Unversitas Bina Darma 2009, Oktober 2009 : 1414-9999


Pressnan, Harnanninggrum (Penterjemah) .2007. Rekaya Perangkat Lunak Yogyakarta : Andi.

Rosa dan Shalahudin .2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Informatika

Saepul, Muluk. 2014. Wawancara : Pembelajaran Bahasa Sunda Sukabumi : SMK Negeri 1 Cibadak

Suheri, Agus (2006). Animasi Multimedia Pembelajaran Bengkulu : Teknik Informatika 2006, Juli 2006 : Volume 2 No 1 Diambil Dari : http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Inovasi%20Dalam%20Pendidikan/Animasi%20Multimedia%20Pembelajaran.pdf